Lamang Tapai! Legitnya Menu Buka Puasa Khas Tanah Minang

Salah satu menu berbuka puasa yang harus Anda coba adalah lemang tapai. Memangnya apa itu lemang tapai? Lemang tapai ini adalah salah satu makanan khas Sumatera Barat yang umumnya sering dibuat sebagai menu untuk berbuka puasa. Lantas seperti apa bentuk dari lemang tapai ini? Dan bagaimana cara untuk membuatnya?

Klik Link Temukan Cara ▶ 🇬🇧 Belajar Bahasa Inggris Dasardan Fun Learning English Terbaik di Indonesia hanya di EF!

Membicarakan daerah Sumatera Barat memang tidak pernah ada habisnya. Dua hal yang paling terkenal terkait dengan tanah Minang yang satu ini adalah bentang alam yang sangat indah dan juga masakan-masakan tradisionalnya yang dijamin akan membuat lidah bergoyang.

Selain beberapa jenis makanan berat yang bisa dengan mudah Anda jumpai di rumah-rumah makan Padang, Di Sumatera Barat ini juga dikenal terdapat banyak sekali jajanan pasar tradisional yang tidak kalah lezatnya. Salah satunya adalah lemang tapai ini.

Bahkan bisa dikatakan bagi orang Minang sendiri, jajanan tradisional yang satu ini sudah menjadi primadona terutama sebagai menu berbuka puasa. Maka dari itu sangat wajar jika panganan tradisional khas Sumatera Barat yang satu ini laris manis setiap bulan Ramadhan datang. Namun tidak hanya bulan ramadhan, panganan ini juga banyak dikonsumsi sebagai makanan camilan, yang bisa dimakan kapan saja, misalnya saat anda kursus bahasa Inggris.

Arti Dari Lemang Tapai

lemang tapai
www.indonesiakaya.com

Lemang sendiri sebenarnya merukan beras ketan yang dimasak dengan menggunakan santan dalam bambu muda. Untuk bahan utama dari lemang adalah beras ketan putih, daun pandan muda, santan kelapa, dan sedikit garam.

Jadi beras ketan tadi dicuci sampai bersih terlebih dahulu lalu dimasukkan ke dalam ruas bambu muda yang sebelumnya sudah dilapisi di dalamnya dengan menggunakan daun pisang.

Setelah itu baru dituangkan santan ke berasnya dan kemudian bambunya tadi dibakar dengan menggunakan bara api. Dan yang terpenting lainnya adalah ruas bambunya dijaga terus supaya jangan sampai terbakar.

Sedangkan tapai adalah tape beras ketan hitam yang dibuat dengan cara mengfermentasikan beras ketan dengan menggunakan ragi. Sederhananya adalah rebus beras ketan terlebih dahulu dengan menggunakan air secukupnya dan kukus.

Nanti setelah matang Anda tinggal menaburkan ragi dan mengaduknya supaya ragi bisa tercampur sempurna dengan ketan hitam tadi. Setelah itu Anda tinggal menyimpannya minimal 2 hari dan tutup rapat.

Cara Menikmati Lamang Tapai

lemang tapai
www.sumber.com

Umumnya ada dua cara pada saat mengkonsumsi lemang tapai ini. pertama adalah keduanya tadi diaduk menjadi satu seperti halnya ketika Anda makan kolak. Tapai ketan hitamnya langsung dicampur dengan lemang lalu kemudian diaduk rata. Dan yang kedua adalah dengan mencocolkan lemang yang sebelumnya sudah diiris tipis terlebih dahulu dengan tapai ketan hitam.

Untuk rasanya, lemang tapai ini memiliki rasa antara manis dan asam. Namun dijamin sangat lezat saat sudah dimakan. Apalagi aroma tapai ketan hitamnya, dijamin akan menggugah selera siapaun yang menciumnya.

Dan ternyata untuk saat ini jajanan tradisional khas Padang ini tidak hanya terdapat di Sumatera Barat saja, tetapi di daerah timur Indonesia lemang ini dikenal dengan nama nasi ketan bambu.

Namun yang membedakannya, bagi masyarakat Minang, lemang ini disantap dengan menggunakan tapai ketan hitam, sedangkan di daerah lain umumnya lemang ini memiliki campuran khusus tersendiri.

Di atas sudah sedikit disinggung juga bahwa lemang tapai ini umumnya banyak sekali ditemukan pada saat bulan puasa tiba. Pada saat bulan puasa, lemang tapai ini banyak disajikan dirumah-rumah masyarakat Minangkabau sebagai salah satu menu untuk berbuka puasa.

Dan selain banyak ditemukan pada saat bulan Ramadhan, lemang tapai ini juga bisa dengan mudah Anda temukan pada saat hari-hari besar agama dan juga perayaan adat masyarakat Minangkabau.

Bahan dan Cara Membuat Lemang Tapai

lemang tapai
blogspot.com

Untuk membuat lemang tapai, bahan utama yang harus Anda persiapkan adalah beras ketan putih, sedikit garam, daun pandan, dan juga santan kelapa. Selain itu Anda juga harus menyiapkan sebilah ruas bambu muda.

Langkah untuk membuat lemang tapai selanjutnya adalah dengan cara mencampur beras ketan putih tadi dengan santan kelapa dan daun pandan, jangan lupa beri sedikit garam. Setelah itu Anda tinggal memasukkannya ke buluh bambu muda yang sebelumnya sudah Anda siapkan tadi.

Dan ingat juga sebelum Anda memasakkan campuran beras ketan putih tadi, bambu muda tadi harus dilapisi dengan daun pisang. Setelah itu Anda tinggal membakarnya di atas tungku sampai berwarna kecoklatan. Kemudian Anda tinggal mengangkatnya lalu dinginkan.

Kemudian untuk membuat kuah tapainya Anda tinggal mengkukus ketan hitam dan setelah matang lalu taburi dengan ragi yang sebelumnya sudah dihancurkan menjadi bentuk bubuk. Supaya fermentasinya berjalan dengan sempurna, tutuplah ketan hitam tadi dengan menggunakan daun pisang lalu diamkan 2 sampai 3 hari di tempat yang kering.

Jadi sebenarnya mudah sekali membuat sendiri di rumah jajanan tradisional khas Sumatera Barat yang satu ini. Jika penasaran dengan rasanya, Anda tidak perlu jauh-jauh datang ke Sumatera Barat, Anda tinggal membuat lemang tapai sendiri di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *