Kurma Nabi, Kurma Dengan Khasiat Lengkap!

Siapa yang tidak mengenal makanan khas bangsa Arab yang satu ini? Kurma yang manisnya sudah sampai hingga berbagai penjuru dunia. Kurma menjadi begitu populer karena teksturnya yang legit, rasanya yang manis, dan juga ukurannya yang kecil sehingga praktis untuk langsung dimakan. Selain itu, kurma juga memiliki cerita yang unik yang melekat dengan nilai-nilai Islam. Seperti yang kita ketahui, bangsa Arab merupakan daerah dimana agama Islam berkembang sehingga menjadi wajar jika segala sesuatu seperti budaya, makanan, atau yang lainnya berhubungan dengan sejarah keislaman.

Klik Link Temukan Cara Belajar Bahasa ▶ 🇬🇧 Inggrisdan Fun Learning English Terbaik di Indonesia hanya di EF!

Agar kamu bisa menceritakan makna unik kurma ini kepada dunia, kamu harus menceritakannya dengan bahasa Inggris. biar bahasa Inggrismu makin jago sekarang ada belajar grammar online yang membuat kamu lebih mudah belajar bahasa Inggris 24 jam.

Salah satu jenis kurma yang terkenal adalah jenis Kurma Ajwa (dibaca: Ajua). Dikatakan kurma ajwa menjadi jenis kurma yang sangat populer dan paling laris apalagi saat bulan haji tiba. Hal ini dikarenakan banyak jemaah haji dari berbagai dunia yang membelinya untuk oleh-oleh dan langsung dikirim ke negaranya masing-masing sebagai oleh-oleh. Tahukah kamu jika kurma ajwa memiliki sebutan yang sangat unik? Yaps! Kurma ajwa disebut sebagi kurma “nabi”. Wah.. wah… ko bisa? Jangan heran dulu, guys. Sudah dikatakan bahwa tradisi, makanan khas, atau tempat-tempat wisata di wilayah Arab biasanya berkaitan dengan sejarah keislaman. Nah termasuk si kurma ajwa yang disebut sebagai kurma nabi nih.

source: hidayatullah[dot]con

Cerita Dibalik Kurma Nabi

Pada awalnya nabi umat muslim, Nabi Muhamamd SAW mulai menanam pohon kurma di sebelah Mesjid Quba Madinah. Mengapa beliau menanamnya? Karena umat muslim pada masa itu senang sekali untuk melakukan ibadah puasa, baik puasa wajib ataupun puasa sunnah. Salah satu tradisi saat berpuasa yang dilakukan Nabi Muhammad SAW salah satunya dengan memakan kurma ajwa yang ia tanam pada saat sahur dan buka puasa. Maka dari itu, kurma ajwa lebih dikenal dengan nama kurma nabi. Oke, mulai sekarang kita sebut juga dengan kurma nabi ya! Selain itu, terdapat anjuran dari Nabi Muhammad untuk memakan kurma jenis ini karena memiliki kandungan yang baik, terutama untuk ibu hamil dan menyusui. Karena adanya anjuran ini, kurma nabi semakin populer karena namanya disebutkan dalam hadist. Banyak orang yang memburunya langsung hingga ke Arab untuk mencicipi keaslian rasa dari kurma nabi ini.

For Your Information, pada awalnya kurma jenis ini dinamakan kurma ajwa karena diambil dari nama seorang mualaf yang mewakafkan lahan kurmanya untuk kebutuhan perjuangan Islam pada masa itu. Namun ternyata kurma jenis ini merupakan salah satu kurma unggul dan favorit Nabi, maka kurma ajwa lebih populer disebut dengan kurma nabi.

Kandungan Gizi Kurma Nabi

Disebutkan bahwa kurma nabi merupakan salah satu jenis kurma unggul. Hal ini dikarenakan kandungan gizinya yang cukup lengkap. Berdasarkan beberapa penelitian yang sudah dilakukan, kurma nabi mengandung fosfor, serat, protein, magnesium, sodium, zat besi, karbohidrat, kalsium, dan juga kalium. Wah lengkap banget kan, guys? Jadi wajar aja ya jika kurma ini disebut sebagai kurma unggulan. Selain rasanya yang lebih enak ternyata gizi yang terkandung juga sehat untuk diserap oleh tubuh kita.

Ikuti Video Wisata Jakarta bersama Iona dan Ebba (Sweden) : EF.ID/wisatajakarta

Khasiat Kurma Nabi

source: infoherbal[dot]com – Herbal
Sekarang kamu sudah mengetahui fakta bahwa kurma nabi merupakan makanan yang kaya akan gizi baik untuk tubuh. Penasaran khasiat apa saja yang terkandung di dalam kurma nabi yang akan membuat tubuhmu menjadi lebih sehat? Seperti biasa, Yuk kita simak bersama!

1. Baik Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Karena kandungannya yang kaya akan gizi, kurma nabi sangat bagus jika dikonsumsi secara rutin oleh ibu hamil. Hal ini akan membantu pembentukan tulang dan memperlancar perkembangan janin yang lain. Untuk ibu yang sedang menyusui, kurma nabi juga sangat baik untuk memperlancar ASI karena kandungan zat besi dan kalsium di dalam kurma nabi akan menghasilkan kualitas ASI yang baik sehingga memenuhi kebutuhan gizi yang cukup bagi bayi.

2. Memperlancar pencernaan

Kurma nabi mengandung potasium yang berfungsi untuk memperlancar saluran percernaan kita, guys. Dengan mengkonsumsi kurma nabi secara rutin kamu bisa terthindar dari berbagai masalah pencernaan seperti misalnya diare. Asal kamu juga tetap menjaga makananmu ya! Jangan berlebihan sehingga kandungan potasium masih mampu untuk memfilter zat tidak baik dari tubuhmu.

3. Merawat kesehatan tulang

Tulang memerlukan zat kalsium untuk membuatnya tetap kuat dan sehat. Mengkonsumsi kurma nabi yang kaya akan kalsium akan mencegah kamu dari penyakit osteoporosis alias keropos tulang. kurma nabi akan membantu merawat kekuatan tulang sehingga kamu bisa terus beraktivitas tanpa hambatan karena tulangmu sakit.

4. Mencegah anemia

Anemia disebabkan tubuh yang kekurangan zat besi sehingga tekanan darahnya menjadi rendah. Anemia yang disebut juga sebagai penyakit darah rendah ini sangat memerlukan asupan zat besi yang cukup agar tidak terasa lemas gampang jatuh sakit. Jangan khawatir! Kurma nabi juga mengandung zat besi yang tinggi sehingga kamu dapat mengkonsumsinya untuk mencegah gejala anemia.

5. Mencegah maag

Hayoo… siapa yang suka telat makan? Untuk kalian yang menderita penyakit maag, kamu bisa mulai mengkonsumsi kurma nabi secara rutin untuk mencegah nyeri maag datang kembali. Gizi yang terkandung dalam kurma nabi akan membuat tubuhmu tetap bisa menyerap kebutuhan gizi yang seharusnya sehingga mencegah asam lambung naik.

6. Mengurangi berat badan

Sudah melakukan berbagai cara untuk menurunkan alias diet? Kurma nabi mengandung karbohidrat dan juga zat besi yang cukup untuk tubuhmu. Hal ini akan membuat kamu tidak merasa cepat merasa lapar namun tetap memiliki energi untuk menjalani aktivitas atau kegiatanmu sehari-hari. Selain itu, kurma nabi juga rendah akan kolestrol jadi katakan bye bye pada lemak sekarang juga. Tapi harus tetap diimbangi dengan mengkonsumsi air putih ya karena butuh tetap memerlukan cairan agar terus terhidrasi.

Bagaimana? Kamu sudah mengenal serba-serbi kurma nabi. Mulai dari asal-usul, sejarah, hingga berbagai khasiat yang bisa kamu dapatkan jika mengkonsumsi makanan yang satu ini. Sekarang sudah banyak jenis makanan olahan kurma yang menyajikan pilihan untukmu menikmati manisnya makanan ini.

Eits, jangan bingung! Tidak perlu langsung ke Arab untuk mendapatkan kurma ini, kok. Sekarang kurma nabi sudah ada disetiap negara karena kurma ini termasuk komoditas yang ekspor karena permintaannya sangat tinggi. Jika kamu tinggal jakarta, kamu bisa menemukan kurma ini di Pasar Haji Tanah Abang. Gampang kan?
Yuk mulai hidup sehat dengan panganan yang sehat! Kurma nabi selain sehat tapi juga enak, lho. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *