Kipang Dengan Cita Rasa Manis Ini Bikin Ketagihan Orang

Posted on

Daftar Isi Lebih Detail

Kipang merupakan jenis kuliner yang ada di nusantara. Rasa yang dominan adalah manis. Bila digigit, kuliner ini sangat renyah. Lalu, seperti apa kuliner tersebut?

Kalau bicara mengenai camilan, tentu makanan seperti ini jagonya. Makanan ringan, punya cita rasa yang enak adalah pilihan yang tepat. Tinggal siapkan teh atau kopi untuk menemani nikmatnya camilan di waktu senggang. Lengkap sudah rasanya menikmati camilan.

Satu jenis kuliner/camilan yang enak ini diberi nama Kipang. Camilan ini banyak dijumpai di Bukittinggi saat ini. Kalau dulunya berada di Balingka.

Camilan yang satu ini menjadi camilan harian masyarakat setempat. Biasanya camilan ini dinikmati bersamaan dengan kopi ataupun teh. Sementara masalah waktu, camilan ini lebih fleksibel, seperti belajar bahasa Inggris yang bisa dilakukan kapan saja. Masyarakat setempat menikmatinya di pagi, bahkan sore hari.

Sekilas Mengenai Kipang

Kipang
http://sanjaiananda.co.id

Camilan ini memang cukup populer di kawasan setempat. Tentunya, camilan ini melengkapi daftar nama oleh-oleh khas Bukittinggi selain ayam pop dan lain sebagainya. Camilan ini tentu cukup sesuai kalau dibawa sebagai oleh-oleh.

Kipang ini merupakan sejenis olahan kacang tanah. Kacang tanah diolah, kemudian direndam dengan gula merah. Melalui serangkaian proses, jadilah jenis makanan yang disebut dengan Kipang kacang ini.

Tentu bahan dasarnya adalah kacang tanah. Kacang tanah ini memang banyak ditemukan di sana. Kualitasnya juga unggulan sehingga hasil yang diperoleh dari makanan tersebut cukup bagus.

Sementara untuk bumbu-bumbunya, gula merah menjadi yang paling dominan. Gula merah nantinya berperan sebagai pemberi rasa manis yang kuat. Selain itu, gula merah juga berperan penting dalam melekatkan kacang tanah agar mudah dicetak sesuai bentuk panganan tersebut.

Untuk bentuk makanannya, camilan ini berbentuk persegi. Awalnya memang bisa berbentuk apapun, tapi setelah itu camilan tersebut diiris-iris membentuk persegi yang lebih kecil. Tujuannya adalah agar mudah disimpan dan dipacking.

Makanan seperti ini dulunya hanya dibungkus dengan daun pisang atau kertas Koran. Sementara saat ini, pembungkusnya biasanya menggunakan plastik. Semua hasil jadi makanan kemudian dimasukkan ke dalam plastik, dijual dengan harga yang bersahabat.

Kekhasan Dari Kipang Kacang

Kipang
http://sanjaiananda.co.id

Kipang kacang ini berasal dari Bukittinggi. Makanan ini banyak dijadikan sebagai oleh-oleh wisatawan yang datang di tempat tersebut. Tentunya camilan yang bisa dibagikan pada keluarga besar.

Oleh-oleh ini memang cukup bagus untuk difikirkan. Selain lebih mudah untuk membawanya, oleh-oleh ini juga memiliki cita rasa yang khas. Kekhasan rasanya inilah yang menjadikan camilan tersebut mencirikan tempat asal. Bisa dibilang kalau Anda mencicipi rasa tersebut, Anda teringat dengan bukittinggi.

Kekhasan dari camilan ini adalah cita rasa manis yang dipadukan dengan kerenyahan camilan. Rasa manis datang dari gula merah yang dicairkan. Kemudian rasa renyahnya datang dari kacang tanah yang diolah sedemikian rupa.

Itu merupakan paduan yang sempurna untuk sebuah makanan. Banyak penikmatnya yang ketagihan dengan rasanya. Alhasil, kalau berkunjung di kawasan tersebut, para penikmatnya akan mampir untuk menikmati dan membawanya sebagai oleh-oleh.

Cara Membuat Kipang Kacang

kipang
blogspot.com

Faktanya, Anda dimudahkan dalam berbagai hal. Banyak informasi yang dengan gampangnya bisa Anda temukan. Salah satunya adalah media internet.

Informasi ini bisa apa saja. Salah satunya adalah informasi mengenai resep membuat Kipang kacang ini. Cara membuatnya terbilang sangat mudah, bisa dipraktekkan sendiri di rumah selagi Anda punya waktu luang.

Buat Anda yang memang ingin membuat sendiri, informasi ini akan cukup membantu Anda. Langsung saja temukan informasinya mengenai bahan dan cara pembuatannya di bawah ini!

– Bahan-bahan untuk membuat kipang kacang

Sebelum membuat kuliner tersebut, bahan-bahan utamanya memang harus disediakan. Bahan utamanya adalah kacang tanah, gula merah, garam serta vanili. Bahan-bahan ini diperkirakan sendiri takarannya.

– Langkah membuat kipang kacang

Bahan telah disediakan, kini saatnya Anda mulai membuat camilan tersebut. Langkah pertama adalah merendam kacang tanah. Proses perendaman kacang ini memakan waktu cukup lama.

Perendaman kacang ini sebenarnya direndam dengan air panas. Anda juga bisa merebusnya setengah matang dan angkat. Kemudian pastikan kacang tanah tersebut mulai mengelupas kulitnya sendiri.

Maksudnya di sini, kacang tanahnya telah diambil bijinya tanpa kulit luar. Kemudian direndam/direbus dengan air panas supaya kulit dalamnya terkelupas dari bijinya. Hasilnya, biji kacang tanah terlihat lebih putih.

Langkah kedua adalah merebus gula merah. Gula merah ini dipanaskan dalam panci, tambahkan air sedikit agar proses pemanasannya lebih cepat. Gula merah bisa meleleh, dan mengental kembali nantinya.

Di saat yang sama, masukkan garam sedikit serta vanili. Ini menjadi campuran pas untuk memberikan rasa yang berbeda. Bahkan memberikan aroma yang lebih harum.

Langkah ketiga adalah membuat adonan dari kacang tanah dan gula merah yang kental tersebut. Campur sampai merata menjadi semacam adonan. Setelah itu, cetak sesuai dengan bentuk yang diinginkan dan keringkan.

Demikianlah caranya membuat camilan enak khas bukittinggi. Jika Anda punya banyak waktu luang, membuat Kipang kacang ini bisa dilakukan. Jadi, siapkah Anda untuk membuatnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *