Ketahui Hal Ini Sebelum Kamu Pake Juicer Andalan!

Posted on
cara membuat smoothie

Memulai gaya hidup sehat ternyata tidaklah sulit. Salah satunya kamu bisa mulai dengan mengkonsumsi segelas jus segar. Nah, kamu juga bisa mengajak anak atau adik kamu untuk membuat jus sambil belajar bahasa Inggris dengan mengenalkan nama-nama buah atau sayuran yang digunakan.

Banyak orang yang sering malas mengkonsumsi jus karena merasa malas membuatnya. Dimulai dari mencuci dan memotong buah atau sayur, belum lagi jika memberi terlalu banyak air didalam jus, pasti rasanya jadi aneh. Dan rupanya, suhu panas yang dihasilkan alat pembuat jus atau blender ternyata dapat membuat nutrisi baik didalam buah hilang!

Tapi tenang, ternyata selain blender, kini ada alat baru yang bisa membantu kamu membuat jus dengan mudah tanpa harus takut kehilangan nutrisinya. Penasaran? Yuk simak paparannya berikut ini!

Juicer vs Blender

membuat jus buah

Sebenarnya, kedua alat ini memiliki fungsi yang sama yaitu untuk membuat jus, hanya saja cara pengolahannya yang berbeda. Jika blender bekerja dengan menghaluskan buah atau sayur menjadi sebuah jus, juicer mengekstrak buah dan sayur dengan cara diperas.

Saat membuat jus dengan blender, biasanya kamu akan membutuhkan lebih banyak air dibanding saat kamu membuat jus menggunakan juicer. Lalu bagaimana dengan kandungan gizinya?

Kedua alat ini ternyata memiliki keunggulannya masing-masing. Dengan juicer, kamu bisa menikmati jus dengan kandungan nutrisi yang lebih banyak, namun juicer biasanya memisahkan serat atau ampas buah, sehingga jus yang kamu nikmati memiliki kandungan serat yang lebih sedikti dibandingkan jus yang dibuat menggunakan blender.

Disisi lain, jus yang di-blend, memiliki jumlah nutrisi lebih sedikit karena suhu panas yang dihasilkannya. Karena masih mengandung ampas dan serat buah, umumnya jus yang dihasilkan blender cenderung lebih kental.

Kelebihan Juicer

kegunaan juicer
Image Source: kitchenstuffplus[dot]com

Jus tanpa ampas

Jika blender masih membutuhkan air untuk membuat jus, dengan juicer, kamu bisa menikmati jus yang murni tanpa campuran air. Jus ini juga memisahkan ampas dengan sari buah, sehingga lebih terasa menyegarkan.

Lebih praktis

Salah satu hal yang harus kamu lakukan sebelum membuat jus di blender adalah memotong buah menjadi potongan-potongan kecil. Hal ini biasanya cukup memakan banyak waktu kamu bukan? Nah, dengan juicer, kamu bisa lebih menghemat waktumu karena kamu cukup memotong buah kedalam 3-4 potong saja loh. Bahkan untuk buah tertentu, kamu bisa langsung memasukkannya tanpa perlu di potong.

Hemat listrik

Nah praktis dan cepatnya membuat jus dengan juicer membuat penggunaan listrik juga semakin berkurang. Daya listrik juicer pada umumnya hanya 250-400 watt dengan waktu penggunaan 10-15 menit saja. Hemat waktu hemat di kantong juga dong pastinya.

Makanan Yang Tidak Boleh Di Jus Menggunakan Juicer

buah dan sayur

Walaupun kamu udah semangat banget nih mau buat jus pake juicer kamu dirumah, tapi pastikan kamu tidak menggunakan buah-buah ini ya!

Brokoli

Menjadikan brokoli sebagai jus ternyata bisa membuat kamu kembung loh. Karena brokoli memiliki zat tertentu yang bisa sulit untuk kamu cerna. Jadi lebih baik dijadiin makanan saja ya.

Alpukat

Juicer tidak membutuhkan campuran air saat membuat jus. Karena alpukat mengandung air yang tidak terlalu banyak, akan lebih baik jika kamu menggunakan blender untuk membuat jus alpukat ya.

Apel

Sebetulnya bukan buahnya yang tidak boleh, tapi pastikan saat kamu memasukkan apel untuk menghilangkan bijinya terlebih dahulu. Karena terdapat amygdalin didalam biji apel yang bisa menjadi racun bagi tubuh. Hiiiiih.

Bayam dan Kale

Nah walaupun sering digunakan sebagai makanan sehat, ternyata menggunakan bayam untuk bahakn smoothie bisa membuat kamu menderita batu ginjal loh. Hati-hati ya lebih baik kamu menyayur bayam saja disbanding dibuat jus atau smoothie.

Nanas

Buah ini sangat bermanfaat seratnya. Karena juicer biasanya membuang serat buah, manfaat buah nanas ini menjadi hilang. Jadi lebih baik kamu memakan langsung nanas saja ya.

Es Batu

Jangan coba-coba memasukkan es batu kedalam juicer, walaupun prinsipnya sama seperti blender. Ternyata memasukkan es batu justru malah merusaknya. Jadi hati-hati ya!

Nah itu dia perbedaan juicer dan blender lengkap dengan kelebihan juicer dan makanan atau buah apa saja yang harus diperhatikan saat kamu ingin mengolahnya menggunakan juicer. Pasti pada ga sabra ngejus kan? Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *