Kenalan Dulu Tentang Jajan Pasar Asal Bumi Pertiwi Bernama Ongol-Ongol

Ongol-Ongol merupakan salah satu kue basah, dibuat dari bahan-bahan yang tersedia di nusantara. Namun begitu, ada yang menyatakan kalau kue ini bukan berasal dari nusantara. Seberapa jauh kebenaran pernyataan ini?

Gratis Free Placement Test di EF, lebih detail klik link ini PROMO GRATISBelajar Inggris di EF English First semakin menyenangkan!

Jajanan tradisional agaknya tergantikan dengan kue-kue modern. Keberadaanya memang bisa saja menghilang bilamana penduduk aslinya tidak melestarikannya.

Faktanya, banyak sekali tersebar kue modern seperti burger dan lain sebagainya. Sementara kue tradisional khas nusantara seakan sepi peminat lantaran ada kue penggantinya.

Meskipun begitu, kue tradisional ini tetap bisa bertahan walaupun peminatnya tidaklah begitu banyak. Kue ini akan banyak ditemukan di kawasan ibu kota, tepatnya dijajakan oleh pedagang keliling, mungkin Anda sering melihatnya di depan tempat les bahasa Inggris Anda.

Mungkin saja ada satu toko kue yang menjajakan jajanan nusantara, namun kami belum tahu pasti kalau kue ini masuk dalam jajanan yang diperjualbelikan.

Yang pasti, jajanan tradisional ini memang harus dilestarikan. Minimal, jajanan ini perlu dihidupkan kembali, serta diperkenalkan sebagai bagian dari warisan budaya dari bumi pertiwi.

Asal Usul Ongol-Ongol Sebagai Jajanan Khas Nusantara

blogspot.com

Jajanan ini konon ceritanya berasal dari peninggalan bala tentara Mongolia. Bangsa ini meninggalkan warisannya di dalam bentuk kuliner di Indonesia.

Kebenaran pernyataan ini tentu masih belum bisa dipertanggungjawabkan. Soalnya, panganan tradisional ini tidaklah mencerminakn jajanan orang Mongol.

Ikuti Video Wisata Jakarta bersama Iona dan Ebba (Sweden) : EF.ID/wisatajakarta


Mungkin disebut sebagai jajanan dari peninggalan bangsa tersebut lantaran penamaannya yang mirip-mirip.

Mungkin saja hal ini benar lantaran penduduk terdahulu lebih terbiasa menyebut sesuatu yang sekiranya mudah. Kue yang biasa dikonsumsi bangsa mongol ini kemudian disebut dengan Ongol-Ongol.

Tapi entahlah, yang pasti kue ini sudah menjadi warisan tersendiri bagi anak bangsa. Terbukti dengan masih adanya kue tersebut sampai saat ini, walaupun kenyataannya jajanan pasar ini mulai tergerus oleh zaman.

Jajanan khas ini ada di DKI Jakarta, lebih-lebih berada di Indramayu. Anda akan lebih mudah menemukan jajanan ini di tempat tersebut yang dipercaya sebagai tempat asal jajanan khas tersebut.

Sekilas Mengenai Gambaran Kue Ongol-Ongol

img-global.cpcdn.com

Kue ini memiliki bentuk yang berbeda-beda. Ada yang dibuat bulat-bulat seperti onde-onde, ada juga yang dibuat segi panjang.

Taburan kelapa yang diparut di atas kue tersebut membuat kue semakin enak. Kalau sekarang, kue bisanya ditaburi dengan keju atau semacamnya.

Bahan yang digunakan untuk membuat kue tersebut adalah tepung sagu. Ada juga yang menggunakan singkong.

Dilihat dari bahannya, bahan ini sebenarnya tersebar di nusantara. Contohnya adalah di kawasan papua, kemudian di jawa barat. Sementara itu, bahan ini juga mudah dijumpai di kawasan asia barat.

Kemudahan dalam mendapatkan bahan ini tentunya menghadirkan sekelumit cerita kalau jajanan ini memang menjadi jajanan khas di daerah tersebut.

Dan kue Ongol-Ongol ini lebih condong menjadi jajanan khas yang berasal dari nusantara, tepatnya berada di kawasan jawa barat.

Kue tradisional ini memiliki tekstur yang kenyal dan lembut. Jika digigit, terasa kelembutannya sehingga sangat mudah untuk dikonsumsi.

Normalnya, kue ini bisa dikonsumsi bersamaan dengan kopi. Tentunya akan sangat sesuai bila dikonsumsi di pagi hari untuk mengisi perut.

Cara Membuat Kue Ongol-Ongol

i.ytimg.com

Terlepas dari semakin sulitnya menemukan kue tradisional Ongol-Ongol ini, cara paling tepat untuk mencicipi kue ini adalah dengan membuatnya sendiri.

Tenang saja, kami akan bagikan cara untuk membuatnya. Tentunya dengan langkah-langkah yang lebih mudah untuk diikuti. Jadi, mari perhatikan lebih jeli informasinya di bawah ini!

– Bahan-bahan pembuat ongol-ongol

Bahan-bahan yang perlu Anda sediakan ketika ingin membuat kue tersebut adalah tepung sagu kering. Selain itu, sediakan gula jawa, kelapa muda, daun pandan, garam dan air secukupnya.

– Cara membuat kue ongol-ongol

Setelah Anda menyediakan bahan-bahan tersebut, langkah selanjutnya adalah tahap pembuatannya.

Pertama masukkan tepung sagu ke dalam air. Aduklah sampai merata, kemudian sisihkan sebentar.

Kedua, masak air bersamaan dengan gula merah dan pandan sampai larut. Untuk mempercepat larutnya gula merah, Anda bisa memotong kecil-kecil gula merah tersebut.

Ketiga, angkat rebusan air dan gula. Adonan ini kemudian masukkan ke dalam adonan berupa tepung sagu dan air sebelumnya.

Masukkan sedikit demi sedikit sambil mengaduknya. Tujuannya supaya terjadi adonan jadi yang lebih merata.

Keempat, masaklah adonan jadi dengan api kecil. Biarkan adonan tersebut masak, cirinya adalah sudah mengental.

Kelima, siapkan Loyang. Angkat adonan yang telah mendidih, dan masukkan kedalam Loyang tanpa harus menunggu adonan yang dimasak dingin. Di sini, Anda juga perlu meratakannya.

Setelah menjadi dingin, Anda bisa memindahkannya ke dalam wadah lain. Kelapa muda perlu diparut, baru kemudian taburkan parutan kelapa ini di atas kue. Atau Anda bisa menggulingkan kue tersebut ke dalam hasil parutan kelapa secara langsung. Selesai.

Cara membuat kue ini cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan secukupnya, kemudian tinggal membuatnya seperti yang diinstruksikan. Jadi, sudah siap membuat kue khas nusantara Ongol-Ongol?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *