Jangan Khawatir, Inilah Gerakan Yoga Untuk Ibu Hamil Yang Aman Dan Praktis

yoga di pantai

Sering kan lihat ibu hamil yang sering sakit pinggang, sering sakit kepala, atau pun mudah lelah? Nah jangan heran, ternyata proses kehamilan memakan energi yang cukup besar loh. Karena selama proses kehamilan, organ-organ tubuh bekerja dua kali untuk juga menopang kehamilan. Nah buat para ibu yang sedang hamil, lebih baik merencanakan juga masa depan anak sejak masa kehamilan, termasuk kursus bahasa inggris ya!

Klik Link Temukan Cara Belajar Bahasa ▶ 🇬🇧 Inggrisdan Fun Learning English Terbaik di Indonesia hanya di EF!

Karena memakan energi yang besar, selama masa kehamilan ibu hamil sangat disarankan untuk tidak melakukan jenis kegiatan yang berlebihan dan bisa membuat ibu hamil merasa lelah. Sangat disarankan untuk memperbanyak istirahat supaya bisa melewati hari-harinya dengan nyaman.

Tapi meskipun demikian, bukan lantas ibu yang sedang hamil bisa bermalas-malasan atau tidak bisa melakukan aktivitas lainnya. Sebab, ibu hamil juga perlu melakukan olahraga untuk meningkatkan kebugaran serta kesehatan kehamilannya.

Meskipun demikian, tentunya porsi serta jenis olehraga yang dilakukan berbeda. Jadi jangan samakan olahraga hamil dengan olahraga biasa ya. Nah, kira-kira olahraga apa yang baik untuk ibu hamil ya?

Ternyata Yoga jawabannya. Jadi para ibu hamil jangan pernah takut untuk melakukan yoga sendiri meskipun tanpa mengikuti kelas yoga untuk ibu hamil. Apakah berbahaya? Justru, melakukan yoga saat hamil muda sangat disarankan loh.

Meskipun sebenarnya tidak berbahaya, tetapi ibu hamil disarankan untuk tetap memilih gerakan yoga yang aman untuk kondisi kamu. Dan sebaiknya pilihlah gerakan yang justru bisa memperkuat kondisi kehamilan kamu.

Efek Yoga Untuk Ibu Hamil

yoga

Sebelum mengetahui gerakan-gerakan Yoga. Apa Itu Yoga? Yoga, merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat baik dilakukan selama masa kehamilan. Alasannya yoga ini bisa memberikan sejumlah manfaat bahkan bisa menjadi solusi untuk beragam permasalahan yang sering dialami oleh ibu hamil.

Memang akan lebih baik jika yoga ini dilakukan secara bersama-sama di sebuah kelas khusus ibu hamil. Hal ini akan lebih aman lantaran ditemani langsung oleh instruktur yoga.

Tapi tidak semua dan tidak setiap hari bisa menghadiri kelas yoga bukan? Nah kalau kamu masuk diantara banyak ibu hamil ini, jangan terlalu pusing untuk memikirkannya. Sebab akan berpengaruh pada janin yang sedang kamu kandung.
Kamu bisa mangganti kelas yoga dengan melakukan gerakan yoga untuk ibu hamil yang bisa dengan mudah dan aman dilakukan sendiri di rumah. Khusunya pada saat masa kehamilan trimester pertama.

Memangnya apa efek yoga bagi ibu hamil? Selain bisa membantu menjaga kebugaran selama hamil, yoga juga bermanfaat untuk melatih pernapasan serta bisa dijadikan sebagai media relaksasi untuk ibu hamil. Hal ini sangat penting dan akan banyak bermanfaat untuk proses persalinan nanti yang sangat membutuhkan teknik-teknik pernapasan yang baik serta pikiran yang rileks. Jadi, sudah terbayang kan kenapa yoga ini cukup penting untuk ibu hamil?

Selain itu, relaksasi yang dihasilkan dari latihan yoga juga bisa membuat ibu hamil menjalani hari-hari selama masa kehamilan dengan tenang serta mampu mengurangi rasa takut saat menjalani proses persalinan.

Gerakan Yoga Half Butterfly (Ardha Titali Asan)

yoga aman ibu hamil
Image Source: ibudanmama[dot]com
Gerakan yoga ibu hamil muda pertama yang bisa kamu coba bernama half butterfly atau ardha titali asan. Nah seperti apa ya gerakannya?

Pertama-tama, awali dengan duduk tegak di atas yoga mat lalu luruskan kedua kaki ke depan. Setelah itu tekuk kaki kanan ke atas paha kiri sehingga tumit kaki mengenai persendian antara tulang paha dan juga tulang punggul serta lutut kanan akan terangkat.

Setelah itu letakkan tangan kanan pada lutut kanan, kemudian pegang ibu jari kaki kanan dengan menggunakan tangan kiri. Lalu sambil menarik napas, secara perlahan gerakkan lutut kanan ke atas ke arah dada kamu.

Kemudian ketika menghembuskan nafas, dorong kembali lutut kanan dengan cara perlahan ke bawah lalu cobalah untuk menyentuh yoga mat. Jangan lupa juga untuk melakukan gerakan seperti itu pada kaki kiri. Idealnya gerakan yoga seperti ini dilakukan sampai 10 kali untuk masing-masing kaki.

Gerakan Yoga Palm Tree Pose (Tadasan)

yoga for pregnant

Kalau kamu ingin mencoba gerakan yang kedua ini, pertama-tama berdirilah dengan kedua kaki merapat lalu letakkan kedua tangan di sisi tubuh. Kemudian kunci jari-jari tangan (seperti bentuk tangan pada saat sedang berdoa).

Lanjutkan dengan angkat lalu luruskan kedua tangan ke atas kepala dengan posisi dari telapak tangan ke arah atas atau luar. Tarik napas secara perlahan kemudian berjinjitlah ke atas lalu regangkan seluruh tubuh.

Setelah itu, buanglah nafas lalu kembalilah ke posisi semula. Khusus untuk ibu hamil muda, sebaiknya gerakan yoga palm tree pose (tadasan) ini dilakukan sebanyak 5 sampai dengan 10 kali saja.

Dikarenakan yoga ini sangat baik untuk ibu hamil, terlebih lagi ketika sedang hamil muda, maka sangat disarankan untuk secara rutin melakukannya. Apalagi olahraga seperti ini juga bisa dengan mudah kamu lakukan sendiri di rumah.

Tapi yang perlu diperhatikan adalah pilihlah gerakan yoga yang aman dan praktis ketika sedang hamil muda seperti ini dan jangan memilih gerakan yoga yang justru bisa membahayakan kondisi janin yang ada di dalam kandungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *