Jangan Anggap ‘Ndeso”, Inilah Manfaat Thiwul Untuk Kesehatan

thiwul khas jogja

Gratis Free Placement Test di EF, lebih detail klik link ini PROMO GRATISBelajar Inggris di EF English First semakin menyenangkan!

Untuk kamu generasi milineal mungkin kurang begitu familiar dengan thiwul. Salah satu makanan khas dari Gunung Kidul Yogyakarta yang berbahan dasar ketela pohon atau singkong. Padahal dibalik tampilan sederhananya thiwul, makanan ini memiliki sejuta manfaat bagi tubuh kamu. Thiwul ini sama seperti belajar bahasa inggris, yang memiliki banyak manfaat tapi banyak orang yang belum menyadarinya.

Meskipun merupakan makanan khas dari Gunung Kidul, bahkan dulu sering dijadikan sebagai menu makanan pengganti nasi, namun keberadaan thiwul sendiri saat ini sudah semakin tersisih.

Di tempat asalnya sendiri yaitu Gunung Kidul, Thiwul tidak lagi menjadi makanan pokok, karena sudah banyak yang beralih ke nasi sebagai makanan pokok setiap harinya. Nah, memangnya Apa Itu Thiwul?

Thiwul atau tiwul merupakan jenis makanan yang terbuat dari gaplek. Gaplek sendiri berasal dari ketela pohon atau singkong yang sudah dikeringkan. Meskipun sebenarnya kandungan kalorinya lebih rendah dari beras, tapi nyatanya cukup jika dijadikan sebagai menu makan pengganti beras.

Di era modern seperti sekarang ini, rasanya sangat wajar jika nasi tiwhul berubah menjadi salah satu menu makanan yang istimewa. Terlebih lagi sudah tidak banyak lagi masyarakat yang menjadikannya sebagai makanan pokok.

Tapi menariknya, saat ini banyak yang mengkreasikan tiwul dengan berbagai bentuk serta dikembangkan menjadi menu makanan yang modern. Hal ini dilakukan untuk membuat keberadaan nasi thiwul semakin dikenal dan bahkan menjadi salah satu menu makanan khas dari daerah Yogyakarta khususnya Gunung Kidul.

Kandungan Gizi Dan Nutrisi Pada Thiwul

tiwul khas gunung kidul
Image Source: tokopedia

Dari hasil penelitian, ternyata thiwul memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi loh. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika bisa memberikan efek yang sangat baik terutama untuk kesehatan tubuh.

Untuk lebih jelasnya, di bawah ini merupakan ulasan lengkap tentang kandungan gizi dan nutrisi yang ada pada tiwul berdasarkan dari hasil penelitian dengan menggunakan tiwul 100 gr:

Zat Yang Terkandung Pada Thiwul Berjumlah

Jumlah kandungan energi 342 kkl
Jumlah kandungan protein 2.3 gr
Jumlah kandungan lemak 0.1 gr
Jumlah kandungan karbohidrat 38.1 gr
Jumlah kandungan kalsium 27 mg
Jumlah kandungan fosfor 61 mg
Jumlah kandungan zat besi 7.6 mg
Jumlah kandungan vitamin A 0 IU
Jumlah kandungan vitamin B1 0.06 mg
Jumlah kandungan vitamin C 0 mg

Khasiat Tiwul Yang Belum Banyak Diketahui

tiwul khas jogja
Image Source: piknikdong[dot]com
Jangan pernah meremehkan menu makanan yang satu ini ya teman-teman, karena rupanya di dalamnya tersimpan banyak manfaat, yang sayangnya banyak yang belum menyadarinya. Untuk lebih jelasnya dibawah ini adalah ulasan lengkap mengenai khasiat thiwul bagi tubuh:

Kalori Besar

Perlu untuk diketahui bahwa sebenarnya singkong yang merupakan bahan utama dari tiwul ini memiliki jumlah kalori dua kali lipat jika dibandingkan dengan kentang. Tidak mengherankan lantaran singkong adalah salah satu makan pokok yang sangat kaya akan karbohidrat. Di dalam 100 gram singkong ternyata mengandung 160 kalori yang sebagian besar terdiri dari sukrosa.

Mengandung Vitamin B Kompleks

Singkong juga dikenal kaya akan kandungan vitamin B kompleks dan juga kelompok vitamin seperti halnya thianim, folates, piridoksin (vitamin B-6), asam pantotenat, dan riboflavin. Peran dari riboflavin sendiri adalah bisa membantu pertumbuhan tubuh serta memperoduksi sel darah merah untuk mengurangi anemia.

Kandungan Protein Tinggi

Selain itu singkong juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan kentang, ubi, dan pisang. Oleh sebab itu sangat cocok bagi kamu yang saat ini sedang melatih daya tahan otot.

Kandungan Mineral Penting

Singkong juga mengandung banyak mineral penting bagi tubuh, misalnya saja seperti seng, tembaga, magnesium, dan besi. Bahkan menariknya lagi, jumlah kalium pada singkong sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh Anda.

Obat Berbagai Penyakit

Bisa dijadikan sebagai obat berbagai macam penyakit, seperti halnya untuk mengobati reumatik, diare, demam, sakit kepala, cacingan, bahkan bisa juga dijadikan sebagai bahan untuk meningkatkan stamina.

Nah, menariknya lagi, tiwul juga bisa dijadikan makanan untuk diet sehat. Sebab di dalam nasi tiwul ini terkandung karbohidrat yang cukup tinggi. Hal ini disebkan nasi tiwul ini berbahan dasar ketela dan ketela bisa dibilang sebagai sumber karbohidrat yang cukup tinggi.

Selain itu, nasi tiwul juga kaya akan kandungan serat di dalamnya. Tentunya kamu sudah sangat paham jika jenis makanan yang kaya akan serat membuat makanan tersebut mudah dicerna dan lebih cepat mengenyangkan. Oleh sebab itu sangat cocok jika dijadikan sebagai menu untuk diet.

Tidak hanya itu saja, alasan lain kenapa nasi tiwul termasuk makanan untuk diet sehat lantaran bisa dijadikan sebagai sumber energi yang cukup baik bagi tubuh. Hal ini disebabkan karena tiwul ini di dalamnya mengandung asam butirat yang sangat dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi.

Namun meskipun banyak sekali manfaat tiwul untuk tubuh, tapi sayangnya masih banyak yang belum mengetahui tentang makanan satu ini. Sangat disayangkan mengingat khasiat thiwul bagi tubuh yang sangat banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *