Inilah Caranya Jika Anda Ingin Membuat Sendiri Sambal Blacan Khas Jambi!

Posted on

Daftar Isi Lebih Detail

Sambal Blacan faktanya telah dikenal seantero pelosok negeri. Bahkan Negara tetangga seperti Malaysia pun mengetahui nikmatnya sambal yang satu ini. Lalu, seperti apa sambal ini?

Tidak ada habisnya jika ngomongin soal makanan. Makanan khas selalu memberikan bahasan yang menarik. Sama halnya dengan les bahasa Inggris, selalu memberikan hal baru dan menarik yang bisa dibahasa dan didiskusikan.

Sama halnya dengan di sini. Kami suka mengulik informasi mengenai makanan khas di nusantara. Dan kali ini, kami akan mengulas tentang sambal belacan yang konon sudah terkenal di beberapa Negara.

Bukankah itu berlebihan? Nampaknya tidak sama sekali. Karena nyatanya penduduk di Negara lain juga suka dengan sambal tersebut. Seperti apa sambal belacan jambi ini?

Sekilas Mengenai Sambal Belacan

sambal blacan
http://www.magimix.com.au

Sambal belacan ini terdiri dari dua kata, sambal dan belacan. Sambal sendiri merupakan sebuah olahan yang memanfaatkan bumbu khusus cabe. Sensasi dari sambal tentu saja pedas, bahkan sangat pedas bagi yang suka menantang diri.

Sementara belacan sendiri merupakan olahan khusus. Ini merupakan semacam produk jadi yang dibuat dari olahan udang rebon. Kalau di jawa, olahan rebon ini disebut dengan terasi.

Bisa dikatakan jika belacan ini sama dengan terasi. Cuma ada yang membedakannya. Lantaran prosesnya yang lebih singkat untuk mendapatkan hasilnya.

Bila terasi diproses lebih lama. Biasanya menggunakan udang rebon, ada yang menggunakan ikan-ikan kecil lainnya. Prosesnya cukup lama sehingga membuat warna produknya lebih hitam dan aromanya menyengat.

Sementara untuk belacan sendiri dibuat dari udang rebon. Hasil jadinya lebih berwarna terang. Pasalnya, prosesnya tidak memakan waktu lama. Untuk aromanya juga tidak terlalu menyegat.

Mengenai rasa dari belacan sendiri masih terjadi pro dan kontra. Itu wajar saja jika ada yang menyukai, sebaliknya juga ada yang tidak suka dengan belacan. Tapi yang pasti, rasanya lebih gurih bila dijadikan sebagai bahan pelengkap sambal.

Nah, belacan ini nantinya akan diolah sedemikian rupa dengan cabe serta bumbu-bumbu lainnya. Rasa gurihnya dilengkapi dengan rasa pedas yang khas dari cabe. Tentu saja, ini akan semakin lengkap jika ditemani dengan lalapan atau ikan.

Cara Membuat Sambal Belacan Khas Jambi

sambal blacan
souperdiaries.com

Sebenarnya cukup mudah kalau Anda ingin membuatnya. Bahannyapun sangat mudah ditemukan, terutama di pasar tradisional. Inilah yang membuat Anda cukup mudah dalam menikmati sambal tersebut.

Di sini, kami akan tunjukkan beberapa cara dalam membuat sambal blacan jambi ini. Setidaknya ada dua versi yang bisa diterapkan. Seperti apa versinya? Mari lihat sepenuhnya di bawah ini!

– Cara pertama membuat sambal blacan

Versi pertama ini membutuhkan bahan yang cukup banyak. Bahan yang tidak boleh ditinggalkan tentu saja belacan. Belacan ini dalam keadaan telah digoreng ataupun dibakar.

Kemudian bahan-bahan lainnya adalah cabe rawit, cabe merah, bawang merah, tomat merah, gula merah, daun salam, minyak sayur, lengkuas, serai, gula, garam serta penyedap rasa.

Cara membuatnya adalah dengan mencuci bersih kesemua bahan. Siapkan ulegan untuk menghaluskan bahan-bahan seperti cabe merah, bawang, cabe rawit, belacan, kemudian gula merah.

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Masukkan tomat merah. Tomat ini perlu diiris-iris tipis sebelum dimasak dalam wajan.

Hal selanjutnya adalah memasukkan bumbu halus ke dalamnya. Tambahkan pula garam, lengkuas yang digeprek, serai serta daun salam. Masak terus sampai aromanya muncul, kemudian minyaknya bisa terpisah dengan sambal.

Sekarang, Anda tinggal mengangkat hasil tumisan tersebut. Hasil tumisan inilah yang disebut dengan sambal blacan. Anda tinggal menambahi lalapan seperti sayuran dan ikan atau ayam goreng. Pastinya akan lebih nikmat.

– Cara kedua membuat sambal blacan

sambal blacan
malaysianchinesekitchen.com

Versi kedua ini cukup simpel. Anda akan dengan mudah dalam membuatnya. Pastikan untuk memperhatikan bahan-bahannya dan cara membuatnya di bawah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah belacan, ebi yang dihaluskan, cabe merah sesuai selera, bawang merah dan bawang putih. Kemudian jangan lupa untuk mengambil perasan buah limau.

Kalau sudah menyiapkan bahan-bahan tersebut, langsung saja masuk tahap pembuatannya. Cara pembuatannya adalah dengan menggoreng keseluruhan bumbu/bahan di atas.

Setelah dirasa matang, silahkan ambil ulekan. Semua bahan yang telah digoreng silahkan ulek sampai halus. Tambahkan garam sedikit dan belacan serta ebi halus tersebut.

Ulek semua bahan sampai benar-benar halus. Setelah itu, tambahkan air limau tadi di atasnya. Jika terlalu asam, Anda tinggal menambahkan gula untuk menetralkan keasaman rasa.

Anda tinggal memilih dari dua versi di atas. Versi di atas sama-sama menggunakan belacan. Tentunya rasa yang ditawarkan juga enak. Jika Anda suka rasa yang lebih pedas, Anda bisa tambahkan lebih banyak cabe di dalamnya.

Demikianlah ulasan mengenai bagaimana cara membuat Sambal Blacan khas Jambi. Jika Anda ingin menikmati sambal ini, jangan lupa sediakan bahan pelengkapnya seperti lalapan agar rasanya jauh lebih nikmat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *