Inilah Asal Usul Kenapa Disebut Dengan Es Doger!

Es Doger sudah sangat familiar di telinga. Bahkan hampir setiap orang pernah mencicipinya. Namun tahukah Anda mengenai asal usul dari minuman dingin tersebut?

Klik Link Temukan Cara Belajar Bahasa ▶ 🇬🇧 Inggrisdan Fun Learning English Terbaik di Indonesia hanya di EF!

Tidak sedikit sajian dingin yang dijajakan di ibu kota. Mulai dari minuman dingin dengan merek tertentu, sampai ice cream yang katanya paling nikmat.

Minuman dingin ini tentu sangat diburu oleh kebanyakan orang. Biasanya, minuman dingin akan dinikmati ketika hari menjelang siang. Terik matahari, dan rasanya agak panas yang membuat dahaga muncul.

Es atau minuman dingin memang bisa menjadi pelepas dahaga. Rasa dingin seakan memberikan efek basah pada tenggorokan, dan tentunya sangat sesuai bila dinikmati di siang hari, apalagi jika Anda sedang belajar bahasa Inggris di rumah atau tempat kursus.

Salah satu jenis minuman dingin yang paling laris masin adalah Es Doger ini. Ini merupakan jenis es yang sudah lama dikenal di masyarakat. Cuma tidak banyak yang tahu mengenai asal usul dari es tersebut. Supaya Anda tidak penasaran tentang kemunculan es tersebut, ada baiknya jika Anda melihat informasinya di bawah ini.

Sejarah Tentang Es Doger

es doger
cdn4.id.orstatic.com

Sebenarnya tidak ada catatan sejarah mengenai kekhasan minuman dingin ini. Menurut beberapa informasi yang didapatkan, minuman ini merupakan minuman yang berasal dari warga Cirebon.

Ikuti Video Wisata Jakarta bersama Iona dan Ebba (Sweden) : EF.ID/wisatajakarta

Informasi ini tentu tidaklah terlalu akurat. Pasalnya, jenis minuman ini juga telah dimanfaatkan oleh masyarakat betawi masa lampau. Warga betawi biasanya memanfaatkan minuman ini untuk acara-acara seperti sunatan dan lain sebagainya.

Sebenarnya yang disepakati, minuman dingin ini merupakan sejenis minuman yang dibuat dari kelapa. Kelapa muda diserut, kemudian ditambah dengan susu, tape dan bahan-bahan lainnya.

Dulunya, minuman ini dijajakan dengan cara dipikul. Proses penjualan ini cukup memakan waktu, dan nilai jualnya tidak terlalu menggembirakan. Akhirnya, muncul ide tentang cara menjual minuman dingin tersebut.

Idenya adalah dengan memanfaatkan gerobak. Gerobaknya didorong untuk menarik minat pembeli. Akhirnya, dikenallah nama minuman dingin tersebut dengan sebutan Es Doger yang tidak lain memiliki kepanjangan es dorong gerobak.

Mengenai asal usulnya, es ini masih bisa diperedebatkan. Ada yang mengatakan berasal dari bandung, Cirebon ataupun berasal dari betawi asli. Yang pasti, kemunculan es ini memberi angin segar bagi penikmat minuman dingin di kota.

Seperti Apa Gambaran Es Doger Tersebut?

es doger
blogspot.com

Ini bukanlah minuman dingin seperti biasanya. Minuman ini diracik khusus dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Bahan yang digunakan adalah serutan kelapa, susu, tape dan gula.

Bahan-bahan tersebut kemudian dicampurkan dalam sebuah gelas. Gelas diisi dengan es batu yang diserut, kemudian diberikan berbagai macam buah-buah sebagai pelengkapnya. Kemudian bagian akhirnya adalah susu yang dilumerkan di atasnya.

Mengenai rasanya, es ini tentu sangat nikmat. Bila berada di suasana yang terik, minuman jenis ini sangatlah menggugah selera. Jadi, Anda pasti sulit untuk menolak minuman tersebut.

Normalnya, minuman ini akan dinikmati oleh orang sehabis olahraga. Tentu saja, hari-hari yang paling ramai adalah akhir pekan dimana banyak orang melakukan aktifitas liburan dan olahraga.

Cara Membuat Es Doger

es doger
http://media.foody.id

Buat Anda yang ingin sekali mencicipi minuman dingin tersebut, Anda sebenarnya bisa membuatnya sendiri di rumah. Cara mempraktekkannya cukuplah gampang. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa hal ini.

Bahan yang harus dipersiapkan adalah santan kelapa. Kemudian bahan lainnya adalah gula pasir, serta kelapa muda yang diserut.

Selain bahan-bahan utama di atas, Anda juga harus menyediakan bahan-bahan pelengkapnya. Bahan pelengkapnya antara lain tape ketan serta susu kental manis. Bahan-bahan tersebut nantinya akan menjadi pelengkap nikmatnya minuman dingin tersebut.

Ketika Anda telah menyediakan bahan-bahan tersebut, langkah selanjutnya adalah mulai untuk membuatnya. Cara pembuatannya diawali dengan merebus santan dengan gula sampai mendidih.

Setelah mendidih, angkatlah rebusan tersebut dan masukkan ke dalam freezer. Jika telah membeku, silahkan serut dan mixer selama 3 kali. Untuk proses mixeran terakhir, Anda bisa menambahkan serutan kelapa muda yang telah Anda sediakan.

Di sini, Anda juga bisa menambahkan pewarna alami ke dalamnya. Misalnya Anda memasukkan pewarna merah agar penampilan es semakin cantik. Kini saatnya Anda untuk menyajikannya.

Untuk menyajikannya, langkah pertama adalah menuangkan tape ke dalam sebuah gelas. Kemudian tambahkan kerokan santan yang sudah dimixer dan disimpan kembali dalam freezer.

Kemudian tahap akhirnya adalah menuangkan susu kental manis di atasnya. Bagi yang suka, Anda juga bisa menambahkan buah-buahan di atasnya. Contoh buah yang biasanya dimanfaatkan adalah buah alpukat.

Anda bisa membuat inovasi lain dengan memanfaatkan buah-buah di dalamnya. Tentunya rasanya juga akan berbeda. Tapi jika Anda khawatir dengan rasanya yang berubah, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah pembuatannya di atas.

Akhirnya, jika Anda butuh penghilang dahaga yang nikmat, Es Doger ini bisa menjadi pilihan utama bagi Anda. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *