Ini Alasan Es Tebak Begitu Popular

es tebak

Pernah dengar minuman yang dinamakan dengan Es Tebak? Ini merupakan salah satu kekayaan kuliner dari Sumatera Barat. Walaupun sebenarnya di tempat lain pun ada. Hanya namanya saja yang berbeda. Jika Anda tahu seperti apa Es Tebak, Anda mungkin akan mengatakan ini seperti es campur. Benar sekali. Ini juga disebut dengan es campur. Karena di dalam es tersebut, terdapat berbagai macam buah-buahan. Cara penyajiannya pun sama persis seperti menyajikan es campur. Hanya perlu menggunakan mangkuk saja. Dan disajikan dengan menyerut es di bagian atas.

Es Tebak Kini Begitu Popular
Minuman ini sangat popular, terutama dari daerah asalnya, yaitu Sumatera Barat. Mengapa? Ternyata alasannya sangat bisa dipahami. Secara umum, di Sumatera Barat, cuacanya begitu panas. Maka dari itu, minuman yang menyegarkan seperti Es Tebak ini sangat laku.

Selain itu, di Sumatera Barat, banyak sekali buah-buahan yang tumbuh. Walhasil, harganya murah jika langsung dijual. Beda jika buah tersebut diolah lagi menjadi makanan atau minuman lain. Harganya menjadi sedikit lebih mahal. Dan inilah yang dilakukan oleh orang sana. Mereka menggunakan buah untuk dicampurkan ke dalam es. Hasilnya, buah pun memiliki nilai jual yang sedikit lebih mahal.

"Alfatih dan Ashkar seneng banget bisa nikmati Belajar Inggris yang Fun di EF" ~ Iva. "Setiap Sabtu menjelang siang, Kyna selalu menunggu kelasnya mulai" ~ Acha. Buruan dapetin ▶ 💰 DISKONBelajar Inggris di EF English First. Belajar semakin menyenangkan! 🇬🇧 🇮🇩 🇸🇪

Sekarang, Es Tebak tidak hanya popular di Sumatera Barat. Banyaknya orang Sumatera yang merantau di berbagai kota terutama di Jakarta membuat es ini juga dikenal di mana-mana. Ada yang datang ke kota lain dan bisa bertahan hidup di sana dengan cara menjual Es Tebak. Di sisi lain, tidak jarang orang Sumatera perantauan yang memang berburu kuliner khas daerah asal sebagai obat kangen tanah kampung.

Semakin banyak orang Sumatera yang tersebar di berbagai tempat membuat Es Tebak ini semakin popular. Dan semakin banyak juga orang yang bukan berasal dari Sumatera yang akhirnya suka dengan es ini.

Kenapa Namaya Es Tebak?
Apakah Anda tahu kenapa namanya Es Tebak? Mungkin Anda mengira tebak itu artinya menebak seperti halnya dalam kamus Bahasa Indonesia. Jika itu yang ada di benak Anda, tebakan Anda salah.
Tebak ini bukan Bahasa Indonesia yang menjadi asal suku kata dari menebak. Sama sekali tidak ada hubungannya. Tebak ini merupakan bahan utama dari es ini. Tebak dibuat dari bahan berupa tepung beras. Tebak dimasak sehingga teksturnya seperti cendol, Hanya saja warnanya saja yang beda. Jika cendol biasanya berwarna hijau karena ada campuran pandan, Tebak ini berwarna hitam, Teksturnya pun sedikit lebih keras. Tebak dipotong-potong kecil sesuai dengan selera kemudian dijadikan bahan utama menjadi Es Tebak.

Bagi orang Sumatera Barat yang sulit menemukan penjual Es Tebak, mereka mungkin tidak ragu untuk menghabiskan waktu di dapur untuk membuat Es Tebak ini sendiri. Toh cara membuatnya tidak begitu sulit.

es tebak

Cara Membuat Es Tebak Cukup Mudah Untuk Tiru
Bagian yang mungkin sedikit sulit untuk dibuat adalah membuat bahan utamanya, yaitu Tebak itu sendiri. Maka dari itu, jika Anda ingin mencoba membuat Es Tebak, Anda harus ketahui dulu bagaimana cara membuat Tebak.

Bahan yang digunakan untuk membuat tebak adalah sebagai berikut:
– Tepung beras kurang lebih 175 gram
– Sagu 25 gram
– Air
– Air kapur sirih
– Garam

Setelah bahan sudah siap, Anda bisa mulai membuat tebak. Caranya didihkan air dan masukkan semua bahan-bahan yang lainnya. Hati-hati karena ketika mendidih air yang sudah tercampur dengan bahan-bahan tersebut akan meletup-letup.

Setelah itu, tuang ke saringan. Anda bisa gunakan saringan yang sering digunakan untuk membuat cendol. Gunakan wadah dan isi dengan air dingin. Tekan tebak di atas wadah tersebut. Kemudian sisihkan.

Untuk pertama kali membuat Tebak, bisa saja Anda gagal. Atau hasilnya kurang maksimal. Namun, tidak perlu khawatir. Coba lagi karena practice makes perfect.
Setelah Tebak sudah selesai dibuat, selanjutnya membuat kuah santan. Rebus santan lalu masukkan garam dan daun pandan. Aduk pelan-pelan sambil menunggu mendidih. Angkat dari kompor jika sudah mendidih.

Biar lebih lezat, siapkan juga kolang-kaling. Cara dengan merebus air. Beri pewarna merah sedikit. Tambahkan gula pasir lalu masukkan kolang-kaling. Tunggu hingga semua bahan-bahan meresap dengan sempurna.
Nah, semua bahan sudah siap dan Anda tinggal campurkan. Siapkan mangkuk. Masukkan kolang-kaling, tebak, dan juga kuah santanya. Masukkan beberapa jenis buah yang ada di kulkas seperti pisang, nangka, atau buah lainnya. Serut es dan taruh di atasnya. Es Tebak bisa Anda nikmati dan siap untuk Anda bagi ke tetangga, teman, atau saudara.

Bisa saja ini Anda jadikan ide bisnis Anda. Menu es biasanya laris manis jika dijajakan di siang hari. Anda bisa manfaatkan media sosial untuk melakukan promosi. Atau Anda juga bisa tunggu momen bulan puasa nanti. Anda bisa ikut berjualan menu takjil berupa Es Tebak ini. Kolak mungkin sudah biasa dijajakan sebagai menu takjil. Buat yang beda yaitu Es Tebak. Apalagi jika pada waktu bulan puasa ini tepat saat musim kemarau. Kemungkinan besar es ini akan laku keras.

Atau barangkali Anda ingin membuat acara seperti arisan di rumah? Agar mendapatkan perhatikan dari para tamu, mengapa Anda tidak es tebak saja? Memang proses membuatnya agak susah dan lama. Tapi, dengan hanya budget terbatas, Anda bisa buat Es Tebak dalam jumlah yang banyak. Dan yang pasti tamu akan senang sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *