Ingin Cepat Jadi Pro-Skater, Kuasai Dulu Trik-Trik Dasar Skateboarding Berikut Ini

bermain skateboard

Skateboarding ini merupakan jenis permainan yang masuk dalam kategori extreme sport (olahraga ekstrim). Selain itu terdapat beberapa trik-trik dasar yang harus Anda kuasai supaya bisa memainkan skateboard ini. Bermain skateboarding ini sama seperti belajar bahasa inggris, dimana kamu perlu tahu trik-trik khusus agar bisa cepat menguasainya.

Permainan ini muncul sekitar tahun 1940 atau awal 1950-an. Pada waktu itu para surfer di California ingin bermain surfing tapi sayangnya ombak di laut sedang tidak mendukung.

Skateboard ini pertama kali dibuat dari kayu dengan menggunakan roda sepatu roda yang melekat di bagian bawahnya. Tapi lambat laun dari kotak berubah menjadi papan. Kemudian pada akhirnya ada perusahaan yang memproduksi khusus lapisan papan press kayu yang mirip dengan papan skateboard saat ini.

Sejarah Perkembangan Skateboard Di Indonesia

trik bermain skateboard

Di Indonesia sendiri, skateboard mulai diperkenalkan sekitar tahun 1980-an. Para pemain skateboard di tanah air rata-rata mendapat informasi seputar skateboard dari video serta masajalah khusus skateboard luar negeri.

Lalu tepatnya pada tahun 1996, Mr. Craig Huddleston membuka sebuah toko khusus yang menjual perlengkapan surf, skate, dan street apparel yang diberi nama City Surf. Koleksi dari toko ini adalah pernak pernik peralatan untuk surfing dan juga skateboarding.

Kemudian, karena skateboard mulai digemari oleh para anak muda, akhirnya Mr. Craig membuat sebuah event bertajuk kejuaraan skateboard di tahun 1988 yang diadakan di Jakarta.

Setelah penyelenggaraan event kejuaran skateboard tersebut, mulailah banyak kejuaran serupa dibuat di kota-kota lain. Alhasil, skateboard di Indonesia mulai semakin berkembang sampai saat ini.

Ikuti Video Wisata Jakarta bersama Iona dan Ebba (Sweden) : EF.ID/wisatajakarta

Selain itu, komunitas skateboard yang ada di berbagai kota besar di Indonesia juga perlahan mulai bermunculan yang bahkan sudah mulai bisa melahirkan skaters handal Tanah Air.

Dan menariknya lagi, jika kamu perhatikan saat ini, hampir di seluruh kota-kota baik yang besar maupun kecil di Indonesia, skateboard bisa dibilang cukup banyak yang meminatinya.

Trik-trik Dasar Dalam Skateboarding Yang Harus Kamu Kuasai

Sudah bisa bemain skateboard belum? Bagaimana dengan trik dasar skateboard? Apa saja yang harus kamu kuasai ya? Supaya permainan skateboarding kamu semakin canggih, coba kuasai beberapa trik dasar dalam skateboard di bawah ini:

Ollie

Bisa dikatakan jika Ollie ini merupakan trik dasar yang wajib dikuasai terlebih dahulu oleh para skaters. Sebab tanpa menguasi Ollie terlebih dahulu jangan harap kamu bisa menguasi trik lain saat bermain skateboard.

Ollie ini adalah gerakan mengangkat papan skate dengan cara menghentakkan salah satu kaki ke ujung papan sampai papan menjadi terangkat lalu diikuti oleh kaki satunya sehingga akan tercipta suatu lompatan setinggi-tingginya.

Kickflip

Bisa dibilang jika klikflip ini merupakan trik lanjutan dari ollie. Untuk memainkan trik klikflip, mulailah lompatan dengan menggunakan trik ollie terlebih dahulu. Barulah setelah itu lanjutkan dengan menendang papan skate saat di udaran hingga 360 derajat. Kemudian barulah kembali lagi ke daratan dengan posisi awal.

Heelflip

Sebenarnya teknik heelflip ini hampir mirip dengan tekni kickflip. Yang membedakannya adalah pada putaran papan skate yang menggunakan tumit, bukan menggunakan kaki. Trik heelflip seperti ini akan berakibat pada putaran papan yang berputar terbalik ke arah skaters.

Indy Grab

Cara memainkan trik indy grab ini dimuali dengan skaters memegang papan skate di sisi samping pada bagian tengah papan, tepat diantara kedua kakinya. Trik indy grab ini bisa dilakukan setelah skaters sudah melakukan trik ollie.

Melakukan trik semacam ini bisa menjadikan para skaters tampak melayang dengan papan skate masih menempel pada kakinya. Trik indy grab sendiri mulai populer sejak tahun 1970-an.

Airwalk Grab

Cara mempraktekkan trik airwalk grab ini dimuali dengan skaters meraih ujung dari papan skate saat diudara yang diikuti dengan tendangan untuk mengankat ujung dari papan skate.

Tujuan utama dari trik airwalk grab ini adalah berhenti dengan sempurna menggunakan dua kaki dengan papan dalam genggaman tangan. Airwalk grab sendiri merupakan kreasi dari Tony Hawk pada tahun 1983.

Manual

Untuk trik yang satu ini kuncinya adalah pada keseimbangan antara kaki depan dan belakang. Saat melakukan trik manual ini, para skaters harus berusaha untuk menaikkan papan seluncur bagian depan pada saat papan skate masih dalam keadaan meluncur di trak.

Caranya adalah dengan menahan kaki belakang agar supaya papan skate tetap bisa naik lalu kaki depan menyeimbangkan papan skate tersebut. Sangat simpel bukan. Oleh sebab itu, trik yang satu ini bisa dikatakan trik dasar skateboard yang paling mudah dipraktekkan.

Nah, sebelum kamu bisa mencoba trik-trik khusus atau trik-trik sulit dalam bermain skateboard, jangan lupa untuk kuasai terlebih dahulu trik-trik diatas ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *