Gurihnya Mencicipi Nasi Minyak! Nasinya Para Sultan Palembang Tempo Dulu

Satu lagi kuliner khas Kota Palembang yang wajib untuk Anda cicipi. Namanya adalah nasi minyak. Selain memiliki nama yang sedikit unik, kuliner khas Palembang yang satu ini sangat kental dengan nilai sejarah di dalamnya.

Gratis Free Placement Test di EF, lebih detail klik link ini PROMO GRATISBelajar Inggris di EF English First semakin menyenangkan!

Jika Anda menghadiri resepsi pernikahan orang Palembang asli atau yang keturunan Arab, maka sudah pasti Anda akan menemukan hidangan yang bernama nasi minyak. Memangnya apa itu nasi minyak?

Nasi minyak adalah makanan khas Palembang yang umumnya dihidangkan bersamaan dengan ayam panggang, daging malbi, sambal nanas, dan lain-lain. Sebenarnya nasi minyak ini ada kemiripan dengan nasi kebuli atau nasi biryani.

Yang membedakannya sebenarnya terletak pada cara pengolahan dan juga bumbunya yang sedikit agak berbeda. Sesuai dengan namanya, tentu saja tekstur dari nasi ini mengandung minyak.

Untuk jenis minyak yang biasanya digunakan membuat nasi minyak adalah minyak samin. Tetapi jika Anda tidak memilikinya, bisa menggantinya dengan mentega. Dan bagi Anda yang merasa penasaran dan ingin membuatnya sendiri di rumah, di bawah nanti ada juga resep tradisional nasi minyak asli Palembang.

Sejarah Singkat Nasi Minyak

nasi minyak
blogspot.com

Namanya memang benar nasi minyak. Di Provinsi Jambi sebenarnya juga ada nasi minyak. Namun bedanya jika nasi minyak khas Jambi umumnya disantap dengan menggunakan kuah kari.

Namun untuk nasi minyak khas Sumatera Selatan ini umumnya hanya dimakan begitu saja dengan lauk pauknya. Jika Anda penasaran dengan rasa dari nasi minyak ini, di Palembang banyak sekali warung makana yang menawarkan menu nasi minyak. Bahkan Anda bisa sangat mudah menemukannya.

Sebenarnya, nasi minyak ini merupakan nasi yang diolah dengan menggunakan minyak samin. Jika disebut dengan nasi minyak samin maka akan kepanjangan. Maka dari itu umumnya masyarakat Palembang lebih familier dengan sebutan nasi minyak.

Sejarahnya, nasi minyak ini dulunya hanya disediakan setiap hari jum’at saja. Dan ceritanya Sultan Palembang sering sekali menyantap nasi minyak ini setiap hari jum’at sehabis ibadah salat jum’at dan juga pada saat-saat tertentu, contohnya seperti saat ada hajatan dan pesta perayaan di kesultanan.

Jadi bisa disimpulkan bahwa pada masa itu, nasi minyak ini bisa dikatakan sebagai makanan yang mewah. Untuk itulah nasi minyak ini tidak dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari. Bahkan hanya keluarga sultan dan juga tamu-tamunya saja yang bisa mencicipi kenikmatan dari nasi minyak ini.

Namun untuk saat ini, Anda bisa menikmati nasi minyak kapan saja dan semau Anda. Apalagi sudah banyak rumah makan yang menyediakan nasi minyak sebagai menu utamanya. Dikarenakan ini merupakan makanan untuk para bangsawan, tentunya sudah bisa dibayangkan sendiri kelezatannya.

Bahan-bahan untuk Membuat Nasi Minyak

nasi minyak
tripadvisor.com

Pada saat Anda ingin membuat nasi minyak khas Palembang, beberapa bahan yang harus Anda persiapkan diantaranya adalah 500 gram beras basmati lalu cuci dan rendam sekitar 1 jam.

Sediakan juga 200 ml susu tawar, 150 gram mentega atau margarin, 100 gram tomat kaleng dan cincang, 150 gram bawang bombay dan cincang halus, dan yang terakhir adalah ½ liter air kaldu.

Bumbu-bumbu yang Dihaluskan

Sedangkan untuk beberapa bumbu yang dihaluskan adalah 4 siung bawang putih, 1/3 sdt pala bubuk, ½ bawang bombay, 2 sdm adas manis, 2 sdm jintan, 2 sdt gula, 2 sdm ketumbar, 2 sdt garam, 1 sdm kapulaga bubuk, 1 sdm jahe parut, dan 1 sdt kari bubuk.

Bumbu-bumbu Rempah

Beberapa bumbu rempak yang harus Anda persiapkan adalah 100 gram kismis, 3 biji kapulaga hijau, 5 buah pekak, 3 cm kayu manis, 1 sdm cengkeh, 1 sdt adas, dan 2 lembar daun salam.

Cara Membuat Nasi Minyak Palembang

nasi minyak
blogspot.com

Membuat nasi minyak ini sebanrnya tidak ribet dan mudah dilakukan. Setelah bahan-bahannya Anda siapkan semua, langkah selanjutnya adalah seperti ini:
1. Panaskan minyak samin, jika tidak ada Anda bisa menggantinya dengan mentega.
2. Setelah itu masukkan bumbu rempah sampai mengelurkan bau harum.
3. Masukkan bawang bombay iris dan gorang sampai lembut dan transparan.
4. Lanutkan dengan mamasukkan bumbu halus lalu tumis sampai wangi.
5. Masukkan susu dan ari kaldu serta sisa bumbu lainnya dan didihkan.
6. Masukkan beras lalu aduk sampai air sedikit terserap. Kemudian taburi atasnya dengan menggunakan kismis.
7. Setelah itu kecilkan api sampai level terendah dan tutup panci dengan menggunakan alumunium foil atau bisa juga dengan menggunakan serbet yang bersih lalu tutup.
8. Tunggu sampai matang dan hidangkan dengan lauk pelengkapnya.

Bagaimana? Sangat mudah bukan cara memasaknya. Jadi jika ingi mencicipi makanan untuk para bangsawan Palembang zaman dulu, Anda tidak perlu jauh-jauh ke Palembang. Sebab Anda bisa memasak nasi minyak sendiri di rumah sebelum anda berangkat kursus bahasa Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *