Gurihnya Kacang Bogares Membuat Kacang Ini Jadi Buruan Utama Di Tegal

Kacang Bogares menjadi salah satu andalan kuliner di Tegal, Jawa Tengah. Kuliner yang satu ini memiliki cita rasa yang nikmat. Rasanya lebih gurih, dan bumbunya sangat terasa. Tak mengherankan jika camilan ini banyak diburu orang.

Klik Link Temukan Cara ▶ 🇬🇧 Belajar Bahasa Inggris Dasardan Fun Learning English Terbaik di Indonesia hanya di EF!

Siapapun yang berkunjung di Tegal, biasanya akan langsung mencari-cari camilan ini. Camilan ini memang cukup mudah ditemukan di kawasan asal. Harga jualnyapun bersahabat. Setidaknya, Anda bisa mendapatkannya dengan harga sekitar 10 ribu rupiah, dengan harga yang murah, tentu saja Anda tidak bisa menolak untuk membelinya. Panganan ini cocok sekali untuk pendamping ada saat belajar bahasa Inggris.

Pertanyaanya mungkin adalah seperti apa sih camilan ini, dan apa istimewanya kacang tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, mari perhatikan ulasan berikut ini!

Sekilas Mengenai Kacang Bogares

kacang bogares
blogspot.com

Tegal merupakan perpaduan antara dataran rendah dan pegunungan. Kawasan ini memang sangat bagus dalam hal pertanian. Salah satu tanaman yang biasa ditanam oleh warga sekitar adalah palawija.

Sama halnya dengan kacang. Kacang di sini juga tumbuh subur. Hasil panen di tiap musim panen cukuplah bagus.

Melimpahnya kacang di kawasan ini kemudian dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk ladang usaha. Salah satunya dengan cara berinovasi membuat camilan dari bahan baku kacang tanah tersebut. Kacang tersebut dibumbui, kemudian digoreng dengan cara tradisional.

Salah satu daerah yang menghasilkan kacang tanah melimpah adalah Bogares. Bogares ini semakin terkenal lantaran kemunculan kacang yang punya kualitas bagus. Kacang tersebut dibuat menjadi semacam camilan yang enak untuk dikonsumsi pendamping nonton tv.

Orang-orang yang dulunya datang di Tegal dan menikmati kacang ini penasaran tentang dari mana asal kacang. Setelah ditelusuri, kacang ini berasal dari Bogares. Dan sampai saat ini, kacang olahan yang paling terkenal di Tegal adalah camilan Kacang Bogares ini.

Kekhasan Kacang Bogares

Kacang ini melengkapi kekhasan kuliner di Tegal. Selain dawet beras, Kacang Bogares ini menempati posisi teratas untuk urusan kuliner. Tak heran kalau kuliner ini menjadi andalan di kawasan tersebut.

Camilan ini memiliki keunikan sendiri dibandingkan dengan kacang pada umumnya. Keunikannya terlihat pada cara pembuatannya. Pembuatannya ini memakan waktu cukup lama, namun hasilnya sepadan dengan waktu yang dihabiskan.

Awal mulanya, kacang tanah asal tanah Bogares ini diseleksi. Kacang kemudian dicuci, direndam di dalam wadah yang telah dibumbui khusus. Setelah itu, kacang diangkat, dikeringkan sebelum masuk tahap penggorengan.

Cara menggoreng kacang ini memanfaatkan pasir dan wajan berbahan lempung. Pasir ini menjadi media untuk meratakan panasnya pada kacang. Hasilnya, kacang akan matang sempurna.

Sementara pada saat menggoreng, orang yang menggoreng harus selalu menggerakkan kacang tanah. Entah itu membalik kacang ke kanan ataupun ke kiri. Tujuannya adalah agar kacang tidak matang separuh, serta tidak gosong.

Baru setelah matang, kacang tersebut diangkat dan menjalani sejumlah proses. Sampai pada tahap akhir, yaitu pengepakan dan penjualan.

Mengenai rasanya, Kacang Bogares Tegal ini lebih asin. Pemanfaatan bumbu tambahan menjadikan kacang ini tambah lebih gurih. Tambahannya, kacang ini lebih renyah sehingga sangat sesuai dimanfaatkan untuk camilan.

Cara Membuat Kacang Bogares

kacang bogares
bukalapak.com

Kalau ingin meniru sepenuhnya, Anda tentu butuh kacang asli dari daerah asal, yaitu daerah Bogares. Tapi itu bukanlah masalah jika kacang yang nantinya digunakan tidak berasal dari kawasan tersebut. Yang penting, bahan utamanya adalah kacang tanah.

Kacang tanah ini menjadi bahan baku yang harus disediakan. Lalu, bagaimana langkah-langkah untuk membuat camilan tersebut? Mari simak tahapannya di bawah ini!

Pertama kali, sediakan kacang tanah yang punya kualitas baik. Kacang tanah minimal memiliki isi lebih besar, bentuknya juga besar dan lebih keras. Kriteria ini memberikan gambaran kalau kacang tersebut bagus untuk digunakan.

Anda bisa sediakan kacang tersebut secukupnya saja, misalnya 1 kilo. Toh hanya percobaan. Kalau sudah bisa, Anda bisa membuatnya lebih banyak lagi.

Kedua kalinya, rendamlah kacang tanah tersebut dengan bumbu-bumbu semalaman. Bumbu-bumbu ini sebenarnya masih rahasia, namun Anda bisa menciptakannya sendiri seperti layaknya bumbu yang digunakan untuk membuat kacang bawang.

Ketiga kalinya adalah mengangkat kacang yang telah direndam semalaman. Proses selanjutnya adalah menjemur kacang tersebut. Normalnya, proses penjemuran ini memakan waktu setengah hari sesuai kondisi cuaca. Usahakan agar kacang ini tidak terlalu kering.

Keempat adalah proses memasak kacang tersebut. Dalam menggoreng kacang ini, Anda butuh pasir yang telah dicuci. Pasir yang telah bersih kemudian diletakkan di atas wajan, dan dibakar dengan kayu bakar. Baru setelah itu masukkan kacang tanah yang dibumbui tadi kurang lebih 20 menitan.

Anda harus terus mengaduknya. Jangan pernah berhenti. Minimal kalau berhenti cukup beberapa detik saja agar kacang tidak rusak.

Kelima adalah memisahkan kacang dengan pasir menggunakan ayakan khusus. Kemudian tempatkan di wadah khusus dan anginkan agar hilang pasirnya. Akhirnya, camilan ini bisa segera dikonsumsi.

Nah, jika Anda tidak mau direpotkan dengan cara pembuatannya, maka dapatkan dari tempat asal misalnya dengan datang atau beli secara online. Terlepas dari cara mendapatkannya, Kacang Bogares ini memang memiliki cita rasa yang khas, dan yang penting lebih gurih.

2 Replies to “Gurihnya Kacang Bogares Membuat Kacang Ini Jadi Buruan Utama Di Tegal”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *