Gulai Itiak Sajian Legenda di Nusantara

gulai itiak lado bukittinggi

Gulai Itiak adalah sajian tradisional dengan cita rasa pedas. Hidangan ini sangat menggugah selera. Tak jarang, sajian ini mengundang keinginan penikmatnya untuk terus menikmatinya atau dapat menyebabkan yang namanya addiction. Apa itu addiction? Jika belum tahu jawabannya, tandanya kamu harus segera kursus bahasa inggris nih. Nah, ngomong-ngomong tahukah kamu dari mana asal gulai ini?

Klik Link Temukan Cara Belajar Bahasa ▶ 🇬🇧 Inggrisdan Fun Learning English Terbaik di Indonesia hanya di EF!

Setiap daerah di Nusantara memiliki sajian khasnya sendiri. Tidak terkecuali daerah di Provinsi Sumatera Barat. Disini, ada jenis sajian yang memiliki cita rasa pedas luarbiasa yang dijamin bikin ngiler saking pengennya. Namanya adalah Gulai Itiak.

Masyarakat di Sumbar menawarkan sajian gulai yang berbeda dari daerah lainnya. Gulai ini dibuat dari bahan baku berbeda. Memberikan warna sendiri dalam dunia kuliner. Tapi tetap menjaga kenikmatan sajian.

Pertanyaannya adalah Apa Itu Gulai Itiak? Dan apa sih yang beda dari sajian ini? Untuk menjawabnya, yuk simak ulasan tentang asal usul hidangan berikut ini.

Asal Usul Gulai Itiak

Gulai Itiak ini banyak ditemukan di Sumatera Barat. Sajian ini menambah daftar panjang keanekaragaman hidangan lezat khas nusantara. Hidangan pedas ini datang dari Koto Gadang Agam Bukitttinggi. Di daerah sekitar Koto Gadang, sajian ini dikenal juga dengan sebutan Tanak Koto Gadang. Jadi, kalau di sana kamu mendengar sebutan tersebut, maka sajian yang dimaksud adalah gulai. Unik ya namanya.

Nah, kamu juga pasti tahu kan kalau gulai sendiri merupakan sajian yang dibuat dari bahan dasar daging. Bahan utama ini tentu mengandung protein yang besar loh. Biasanya, daging yang paling sering digunakan untuk gulai ini adalah daging sapi.

Daging sapi ini dipilih lantaran teksturnya yang lembut. Selain itu, ternyata rasanya juga lebih lezat. Nah, makanya gak heran nih kalau makan gulai dengan daging sapi memang nikmat sekali rasanya.

gulai itiak lado mudo sumatera barat
Image Source: pinterest[dot]com
Selain daging sapi, ada juga yang memanfaatkan selain daging. Daging ini diganti dengan nangka muda. Jadilah sebuah sajian yang diberi nama Gulai Cubadak. Gulai jenis ini juga banyak ditemukan di Sumbar. Khusus untuk Gule Itiak, bahan utamanya adalah itik atau bebek muda. Kata itiak ini adalah sebutan dari itik muda atau bebek muda dalam bahasa Minang.

Itik muda yang digunakan sebagai bahan utama untuk membuat gulai ini biasanya baru berumur 6 bulan. Itik yang masih berusia muda dipilih lantaran dagingnya masih empuk dan tentunya memudahkan proses pengolahan. Menariknya, rasanya sangat gurih sehingga pas sekali untuk dinikmati.

Untuk membuat sajian ini, diperlukan bumbu-bumbu khusus. Rahasia dari keistimewaan sajian ini adalah penggunaan bumbu utama dan rempah-rempah. Sajian ini juga menggunakan banyak sekali cabe dalam proses masaknya. Hmm kebayang ya pedesnya?

Nah cabe yang digunakan biasanya adalah cabe hijau, maknaya gak heran kalau kuah aslinya menjadi berwarna hijau. Tapi ada juga yang membuatnya dengan cabe merah agar menciptakan warna kuah yang berbeda.

Untuk memastikan kelezatan sajian ini, ternyata pengolahannya membutuhkan waktu cukup lama loh. Bahkan bisa memakan waktu sampai 1 hari 1 malam. Lama juga ya? Hal ini karena proses memasak dimulai dengan meresapkan bumbu ke dalam daging itik yang memakan waktu, kemudian daging baru diolah menjadi sajian lezat.

Proses yang memakan waktu ini diharapkan mampu memberikan cita rasa yang lebih nikmat. Dan benar saja, gulai ini memang sangat lezat untuk dinikmati. Bumbunya sangat terasa karena bumbu meresap sempurna dalam daging itik.
Penasaran dengan rasanya? Kalau kamu punya kesempatan berkunjung di Sumbar, coba deh Gulai Itiak ini, dijamin gaakan nyesel deh!

Cara Membuat Gulai Itiak

Gulai Itiak Khas Bukittinggi
Image Source: Bukalapak[dot]com
Untuk kamu yang sulit untuk datang langsung ke Sumbar tapi penasaran dengan sajian ini, tenang! Kamu bisa membuatnya langsung dirumah. Membuatnya memang membutuhkan waktu tapi pasti menyenangkan apalagi membayangkan rasanya yang luar biasa. Nah, untuk membuatnya sendiri, kamu bisa mengintip caranya di bawah ini.

 

Bahan utama untuk membuat Gulai Itiak

Pertama, siapkan bahan utamanya. Bahannya adalah daging 1 ekor itik yang telah dipotong menjadi empat bagian. Jangan lupa pilih itik yang masih muda ya.

Kemudian bahan penunjang lainnya adalah minyak goreng, 1liter air, asam jawa, daun salam, daun jeruk, serai dimemarkan, daun kunyit. Kemudian sediakan juga lengkuas yang dimemarkan, irisan tomat, garam, gula pasir dan lada.

Sementara itu sediakan pula bumbu yang akan dihaluskan. Bahan untuk membuat bumbunya adalah 10 buah bawang merah, 7 siung bawang putih, 150 gr cabe hijau keriting dan 100 gr cabe hijau besar.

Cara mengolah gulai itiak

Pertama, lumuri daging itik dengan garam dan asam jawa. Remas-remaslah agar bumbunya meresap. Kemudian diamkan kurang lebih 30 menitan.

Kedua, panggang itik sampai berwarna kecoklatan.
Ketiga, tumis bumbu halus dengan minyak goreng. Tambahkan irisan tomat, daun jeruk, daun salam, daun kunyit, sereh, serta lengkuas.

Keempat, masukkan daging itik yang telah dipanggang, tambahkan pula air ke dalamnya. Setelah itu, tambahkan garam, lada bubuk sampai gula. Masak sampai matang dan sajikan.

Nah, tanda bila sajian ini sudah jadi adalah bila airnya sudah menyusut dan daging sudah empuk. Jika sudah seperti itu, maka angkat dan hidangkan di atas mangkuk. Akhirnya, jadi deh Gulai Itiak nya! Nyam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *