Goweser Wajib Tahu! Istilah Olahraga Sepeda Downhill Hingga Drop Off

olahraga sepeda

Hi Goweser dan Gowesist! Apakah kamu sudah tahu istilah-istilah yang kerap dipakai dalam olahraga sepeda? Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan downhill atau offroad. Tapi apakah kamu tahu istilah lainnya seperti crank set, chain wheel, dan lain-lain?

Saat ini olahraga sepeda memang banyak sekali digemari sebagai salah satu hobi populer. Hal ini karena sepeda bukan hanya sebagai olahraga populer saja, melainkan olahraga sepeda merupakan olahraga yang memiliki segudang manfaat seperti menguatkan otot, mencegah stres, menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung, hingga menurunkan berat badan menjadi lebih ideal.

BELI KURSUS, GRATIS KURSUS! Dan dapatkan hadiah merchandise menarik*. Buruan dapetin ▶ 💰 DISKONBelajar Inggris di EF English First. Belajar semakin menyenangkan! 🇬🇧 🇮🇩 🇸🇪

Nah supaya kamu tidak ketinggalan apa istilah bersepeda, simak ulasan di bawah ini sampai tuntas ya! 😉

Istilah Olahraga Sepeda

1. Goweser/Gowesist

goweser

Goweser adalah julukan untuk pria yang hobi bersepeda, sedangkan gowesist adalah julukan bagi para Wanita yang suka atau hobi bersepeda.

2. Downhill/Uphill

downhill

Downhill adalah bersepeda di jalan yang menurun tajam dengan kecepatan di atas 50 Km/jam melalui jalur offroad, dropoff ekstrem dan ringan.

Istilah lain dari downhill adalah D.H

Sedangkan Uphill merupakan istilah untuk olahraga sepeda atau gowes sepeda yang melewati jalan menanjak.

3. MTB

MTB (Mountain Bike) adalah istilah sepeda gunung umum yang dipakai untuk offroad.

4. Cassette/Sporocket

Cassette dan sporocket adalah jumlah speed untuk ring gigi berjenis 7-8 speed, 9 speed, 10 speed, hingga 11 speed.

5. Panier

Sering melihat pesepeda membawa tas kecil di punggungnya? Tas tersebut adalah Panier yang biasanya diisi dengan perbekalan.

6. TTB/TTS

TTB (Tun Tun Bike) atau TTS (Tun Tun Sepeda) artinya adalah menuntun sepeda. Istilah ini dipakai ketika pesepeda tidak kuat menanjak karena tanjakannya sangat tajam atau turunan menukik.

7. Offroad/Onroad

olahraga sepeda onroad

Offroad adalah istilah untuk rute tanah khusus sepeda gunung, sedangkan Onroad adalah istilah untuk rute aspal khusus sepeda balap atau roadbike.

8. Roadbike

Sepeda balap adalah sepeda yang kerap digunakan di jalan raya dengan trek aspal. Ciri khas sepeda balap yaitu ukuran ban yang tipis dan bagian stang melekuk ke bawah.

9. Hammer

Bagi pesepeda yang melewati rute tanjakan, istilah Hammer kerap digunakan untuk menggambarkan banyak tenaga yang terkuras ketika menanjak.

10. RD/FD

RD (Rear Derailleur) adalah pemindahan gigi belakang, sedangkan FD (Front Derailleur) adalah istilah untuk pemintahan gigi depan.

11. Roller Coaster

Roller coaster adalah istilah untuk rute turunan cepat disertai tanjakan.

12. Single Track

Single track adalah jalur sempit yang dilalui oleh pesepeda. Jalur ini hanya bisa dilewati satu sepeda.

13. Slope

Slope adalah kemiringan tanjakan. Jika sudah melewati 30 derajat maka jalur ini dikatakakan sebagai tanjakan ekstrem.

14. Peloton

Pelotong adalah istilah untuk menyebutkan rombongan bareng roadbike yang melintas di jalan raya dengan speed tertentu.

15. Cadence

cadence

Cadence adalah hitungan putaran pedal atau kayuhan dalam satu menit. Umumnya seorang atlet cadencenya adalah 100 per menit, sedangkan mereka yang hobi olahraga bersepeda adalah sekitar 60 cadence.

16. Matador

Berasal dari bahasa Sunda, Matador berarti manggihan tanjakan dorong. Mirip dengan TTB, Matador adalah istilah untuk menyebutkan pesepeda yang tidak memaksakan diri jika menemukan tanjakan yang terlalu terjal.

17. Gocapan

Mungkin kamu bertanya-tanya apa itu gocapan? Istilah gocapan paling populer akhir-akhir ini karena banyak para goweser dan gowesist yang mengarahkan rute gowesnya ke tempat makan sambil wisata kuliner. Dalam arti lain, gocapan adalah istilah yang kerap digunakan ketika gowes di hari Sabtu atau Minggu pagi sambil cari sarapan.

18. Loncer

Loncer adalah istilah untuk roadbike yang melaju karena dipengaruhi oleh kemampuan roda berputar tanpa hambatan di porosnya.

19. Loading/Unloading

loading

Loading adalah istilah untuk sepeda yang dimasukkan ke mobil, sedangkan unloading adalah kegiatan mengeluarkan sepeda dari dalam mobil.

Istilah lain dari loading adalah menyamarkan ketidakmampuan pesepeda untuk menyelesaikan rute yang telah direncanakan.

Nah itulah beberapa istilah olahraga sepeda yang wajib kamu tahu. Semoga menambah wawasan 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published.