Gokart Mainannya Pembalap Profesional Sewaktu Remaja!

Posted on
gokart

Sebelum menjajaki sebagai atlet balap, berlatih sejak usia remaja menjadi pilihan yang sangat bijak. Salah satu sarana berlatih kemampuan membalap adalah dengan bermain Gokart. Bahkan, gokart dianggap sebagai batu loncatan bagi seseorang untuk menjadi pembalap professional kedepannya.

Gratis Free Placement Test di EF, lebih detail klik link ini PROMO GRATISBelajar Inggris di EF English First semakin menyenangkan!

Ini merupakan kegiatan balapan motor. Varian kendaraan roda empat ini lebih kecil, sederhana, dan lebih murah biaya. Namun jangan dipandang rendah, kenyataannya Gokart menjadi bagian terpenting dari karir sejumlah pembalap dunia.

design gokart

Diantara pembalap Formula 1 yang mengawali karirnya dengan balapan gokart adalah Michael Schumacher, Lewis Hamilton, Kimi Raikonen dan sejumlah pembalap lainnya. Bahkan ada juga yang menjadi pembalap NASCAR layaknya Lake Speed, Ricky Ruud, Juan Pablo Montoya dan lain-lain.

Sejarah Tentang Gokart

Gokart sendiri adalah varian kendaraan roda empat yang dibuat lebih murah, sederhana dan bentuknya mungil. Sejauh ini, Gokart mendapatkan tempat di hati para pecinta balap. Malahan, dijadikan sebagai olahraga khusus yang diperlombakan di sirkuit yang lebih pendek.

Para pembalap yang menjajal balapan ini kebanyakan adalah para remaja. Anak-anak usia 8 tahun ke ataslah yang mendominasi. Dan terlibatnya anak-anak di dalamnya ditujukan untuk meraih cita-citanya di masa depan sebagai pembalap kenamaan yang dikenal oleh dunia.

Walaupun begitu, balap dengan mobil sederhana ini juga tetap diminati oleh orang-orang dewasa. Nampaknya beberapa orang dewasa juga sangat tertarik untuk menjajal kemampuan dalam mengendarainya. Malahan ada yang ikut serta dalam dunia balap gokart tersebut.

Sejarah mencatat jika Gokart ini lahir di California. Art Ingels diklaim sebagai ayah dari gokar. Orang yang membangun kendaraan khusus dan balap ini bernama Kuris Kraft.
Kraft membangun kart pertama kali di tahun 1956. Tepatnya berada di California Selatan. Dari sini, Gokar semakin populer dan menyebar hampir ke seluruh daratan Eropa. Bahkan sekarang, olahraga menggunakan kendaraan ini sangat populer di daratan tersebut.

Sementara untuk produsen pertama yang membuat kendaraan ini ada di Amerika Serikat. Yakni Go Kart Manufacturing di tahun 1958.
Sedangkan produsen pertama yang membuat mesin kendaraan ini adalah McCulloch. Pembuatannya dilakukan di tahun 1959. Saat itu, mesin diadaptasi dari sebuah mesin gergaji dengan 2 stroke.

Di tahun berikutnya (1960), mesin kendaraan sepeda motor mulai digunakan. Baru setelah itu, mesin-mesin khusus mulai diperkenalkan sebagai mesin paten untuk kendaraan tersebut. Yakni dijadikan rujukan untuk membuat mesin kart yang sesuai untuk jenis olahraga balap tersebut.

Sampai saat ini, Anda bakalan menemukan gokart dengan mesin yang lebih baik. Kendaraan ini bisa digunakan untuk melaju di sirkuit dengan kecepatan tertentu. Dan biasa dijadikan sebagai ajang balap nasional ataupun international.

Komponen Mesin Gokart dan Rangka Gokart

mesin gokart

Dalam pembuatan Gokar ini, komponennya lebih sederhana. Diantaranya adalah rangka, mesin, transmisi dan ban. Kesemuanya disatukan menjadi sebuah kendaraan yang siap untuk melaju di area perlombaan.

1. Rangka Gokart

Rangka kendaraan yang digunakan oleh produsen bakal mempengaruhi kenyamanan si pengendara. Rangka ini dibuat dari tabung baja. Memiliki sifat kaku dan sangat kuat.
Penyematan rangka gokart ini disesuaikan dengan pemanfaatan gokart di arena balap.

Jika kendaraan ini dimanfaatkan untuk melaju di lahan kering, kerangka yang lebih keras dan kaku akan sangat baik.
Lain ceritanya bila digunakan pada lintasan yang licin/basah. Rangka yang lebih fleksibel mendapat tempat yang pertama. Karena memang rangka ini mampu mendukung kenyamanan dan skill dari pengemudinya.

Perlu dipahami bahwa kendaraan ini tidak memiliki suspensi. Kesesuaian rangka yang digunakan inilah yang bakalan berpengaruh. Sementara untuk sistem pengeremannya, rem cakram biasanya hanya digunakan pada area belakang saja.

2. Mesin Gokart

Bicara mengenai mesin penggeraknya, gokar balap ini memiliki 2 tipe mesin. Salah satunya adalah mesin dengan 2 stroke. Mesin ini telah dikembangkan oleh produsen ternama di dunia. Contohnya adalah Yamaha dan Rotax.

Mesinnya ada yang menggunakan satu silinder dengan kapasitas 60 cc. Mesin ini menghasilkan daya sekitar 8 tenaga kuda. Ada juga yang dibuat dengan dua silinder dengan kapasitas 250 cc. Daya yang dihasilkan mencapai 90 tenaga kuda.
Mesin yang kedua adalah menggunakan mesin 4 Stroke. Mesin ini sudah menggunakan pendingin udara. Kadang-kadang dimodifikasi sendiri, dan bisa menghasilkan putaran mesin sampai 11.000 rpm.

3. Transmisi Gokart

Perlu dipahami bahwa Gokart sendiri tidak memiliki diferential. Daya yang dihasilkan oleh mesin langsung disalurkan ke as roda. Ada yang disalurkan melalui rantai, ada pula yang dari sabuk.

Untuk menghindari ketidaknyamanan, disematkan pula kopling sentrifugal. Dan tahun 2007, gokar 120 cc diwajibkan beralih ke mesin dengan penyematan kopling tersebut di kelas nasional ataupun international.

4. Ban Gokart

Untuk rodanya sendiri, ukurannya lebih kecil dibandingkan ban yang terpasang pada mobil. Pemilihan ban ini disesuaikan dengan beratnya. Tentunya untuk mendukung stabilnya kendaraan saat digunakan untuk melaju.

Di dalam balapan, gokart ini juga mengaplikasikan jenis-jenis ban tertentu. Pemilihannya disesuaikan dengan jenis lintasan yang dilaluinya. Ada ban slick yang digunakan untuk cuaca kering, ban basah untuk lintasan basah, dan ban khusus untuk lintasan Es.

Jenis-Jenis Mobil Gokart

Bicara mengenai jenisnya, gokart terbagi menjadi dua. Gokart untuk balapan dan gokart untuk pemainan di taman hiburan.
Gokart balap tentunya memiliki mesin yang lebih hebat, dirancang dengan penyematan mesin 2 stroke atau 4 stroke. Sementara gokart taman hiburan ini ditenagai dengan mesin penggerak listrik. Biasanya hanya digunakan di area yang tertutup dan design gokart juga berbeda.

Terlepas dari hal ini, gokart sudah menjadi sarana paling berpengaruh pada karir seorang pembalap international. Kemampuan dalam membalap bisa diasah dengan mudah lantaran biayanya lebih murah, dan sudah ada perlombaan khusus di dunia balap Gokart ini. Tentunya sebelum terjun langsung di dunia balap seperti Formula 1 maupun NASCAR dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *