Gado-gado! Carte Du Jour Indonesia yang Wajib Dicoba

Gado-gado merupakan salah satu kuliner khas Betawi yang berisi sayur-sayuran yang direbus lalu dicampur menjadi satu dan disiram dengan menggunakan bumbu atau saus dari kacang tanah yang sudah dihaluskan lalu ditambah dengan irisan telur rebus kemudian diatasnya ditaburi dengan bawang gorang, emping gorang, dan kerupuk.

Klik Link Temukan Cara Belajar Bahasa ▶ 🇬🇧 Inggrisdan Fun Learning English Terbaik di Indonesia hanya di EF!

Formula yang kompleks menyebabkan panganan ini sangat kaya rasa dan disukai oleh banyak orang, tidak jauh berbeda dengan bahasa Inggris, karena bukan bahasa ibu dari orang Indonesia, banyak orang Indonesia menyukai kursus bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan mereka.

Bisa dibilang gado-gado ini ada kemiripan dengan salad. Selain itu gado-gado juga langsung bisa dimakan seperti salad dengan bumbu atau saus kacangnya dan ada juga yang memakannya dengan nasi putih atau terkadang juga disajikan dengan lontong.

Ikuti Video Wisata Jakarta bersama Iona dan Ebba (Sweden) : EF.ID/wisatajakarta

Dikarenakan bentuknya yang ada kemiripan dengan salad, maka banyak yang mengatakan jika gado-gado ini adalah salad versi Indonesia. Selain rasanya yang enak, ada yang lebih penting lagi dari kuliner khas Betawi ini, yaitu kandungan gizi yang ada di dalam gado-gado ini terbilang sangat tinggi.

Bagaiman tidak, secara gado-gado ini dibuat dengan menggunakan berbagai macam jenis sayuran yang penuh dengan nutrisi lalu dicampur dengan menggunakan bumbu atau saus kacang tanah yang tidak kalah tinggi kandungan nutrisinya.

Sejarah dari Gado-gado

gado-gado
tripadvisor.com

Berbicara mengenai sejarah dari gado-gado, belum ada literatur yang menjelaskan secara pasti. Namun banyak orang yang beranggapan bahwa gado-gado ini merupakan kuliner yang berasal dari Betawi.

Alasannya adalah di sekitar tahun 1940-1950-an, ada sebuah lagu yang sangat populer dengan judul “Gado-gado Betawi”. Lagu ini dipopulerkan oleh Ivo Nilakreshna. Dari situlah banyak yang beranggapan bahwa gado-gado ini merupakan makanan khas dari tanah Betawi.

Namun ada versi lain yang menyebutkan bahwa gado-gado ini merupakan versi peranakan Tionghoa dari pecel Jawa yang pada waktu itu sangat disukai oleh Belanda pada waktu itu. Namun umumnya banyak yang mengatakan jika gado-gado ini sudah ada di Betawi sejak awal abad ke 20.

Menyinggung soal namanya yang memang terdengar sedikit unik, memang kata Gado-gado ini tidak ditemukan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dan bahkan di dalam kosa kata Betawi sekalipun.

Akan tetapi justru dari cara penyajiannya inilah istilah Gado-gado diidentikkan dengan ‘campur aduk’. Hal ini dikarenakan gado-gado ini merupakan jenis makanan yang mencampurkan beberapa jenis sayuran menjadi satu.

Gado-gado! Sajian Sehat Penuh Manfaat

gado-gado
http://cdn2.tstatic.net

Dikarenakan gado-gado ini terdiri dari berbagai macam jenis sayuran seperti kangkung, kol, kacang panjang, tauge, labu siam, mentimun, kentang, dan pare, bahkan ada juga yang ditambah dengan wortel, dan nangka muda, menajdikan olahan khas Betawi yang satu ini kaya akan manfaat, terutama bagi kesehatan tubuh. Apalagi gado-gado ini juga ada tambahan irisan telur rebusanya.

Seperti yang sudah diketahui, bahwa kandungan nutrisi yang terkandung di dalam sayuran sangatlah tinggi. Selain itu sayuran juga mengandung serat yang tentunya akan sangat membantu pada saat proses pencernaan berlangsung.

Bisa dibilang serat ini merupakan zat yang sangat penting guna melancarkan sistem kerja pencernaan tubuh manusia. Itulah mengapa jika Anda kekurangan serat secara otomatis akan membuat BAB menjadi tidak lancar.

Selain kaya akan kandungan serat, gado-gado juga dikenal kaya akan kandungan vitamin. Tiap sayuran yang ada pada gado-gado dikenal memiliki keistimewaan sendiri-sendiri. Maka dari itu wajar saja jika gado-gado ini dikenal sebagai salah satu kuliner sehat dari Indonesia.

Kandungan dan Nutiris pada Gado-gado

gado gado
whats4eats.com

Jika kandungan dan nutrisi yang terkandung di dalam gado-gado ini dijabarkan satu persatu, sudah pasti tulisan ini akan sangat panjang. Sebab gado-gado ini terdiri dari berbagai jenis sayuran yang kesemuanya memiliki manfaat dan khasiat sendiri-sendiri.

Contohnya saja kangkung, sayuran yang satu ini dikenal memiliki sifat diuretik yang dapat membuat perut terasa sejuk jika mengkonsumsinya. Selanjutnya kol atau kubis, yang dikenal di dalamnya mengandung senyawa dalam pembentukan glutotin yang merupakan zat yang memiliki kemampuan untuk menonaktifkan racun yang ada di dalam tubuh.

Ada juga mentimum yang dikenal kaya sekali akan kandungan senyawa kukurbitasin, sebuah zat antikanker yang memiliki kemampuan untuk mencegah tumor sejak masih dini. Lalu labu siam yang dikenal kaya akan kandungan mineralnya.

Ada pula tauge yang dikenal kaya akan kandungan vitamin E, yang selain bisa meningkatkan kesuburan juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Kemudian ada juga kentang yang dikenal kaya akan potasium dan juga bisa menjadi sumber terbaik dalam pembentukan zat besi di dalam darah.

Selain itu sambal atau saunya yaitu kacang tanah juga dikenal kaya akan kandungan asam folat dan juga asam amino. Maka dari itu sangat wajar jika dibalik lezatnya gado-gado, tersimpan sejuta manfaat di dalamnya.

Untuk itulah, jika Anda ingin menerapkan gaya hidup sehat, gado-gado ini bisa menjadi salah satu alternatif menu makanan sehat yang bisa Anda konsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *