Football, Freestyle Seni Mengolah Bola Dengan Skill Tinggi!

football

Saat ini, football freestyle mulai digandrungi oleh pecinta sepakbola. Kemampuan dalam mengolah si kulit bundar nampaknya bisa memberikan tontonan segar. Dan orang-orang akan selalu mengingat nama dari orang yang mampu melakukan trik hebat tersebut. Mengolah bola dengan kaki ini tidaklah mudah. Butuh latihan sampai bertahun-tahun agar mampu menjalankannya. Namun begitu, latihan ini nampaknya lebih mengasyikkan lantaran bisa dilakukan dimanapun.

Apa itu Belajar Online

Siapapun bisa mempelajarinya. Apalagi jika masuk dalam sebuah komunitas. Sejumlah keterampilan dalam mengolah bola bisa dengan mudah untuk dijumpai. Minimal, seseorang bisa mempelajari apa yang dilihatnya di komunitas yang diikuti.

Sekilas Tentang Football Freestyle

Tidak diragukan lagi jika sepakbola adalah olahraga yang mendunia. Hampir setiap negara mempelajarinya. Bahkan menjadikan sepakbola sebagai jenis olahraga pemersatu bangsanya.

football freestyle

Ada ketertarikan hebat dari masyarakat mengenai sepakbola. Olahan bola yang dimainkan oleh 11 orang dalam satu tim ini menjadi tontonan yang paling ditunggu. Dan setiap negara biasanya akan menunjuk wakilnya di ajang terhebat sepakbola.

Di lain sisi, ada satu tempat khusus yang bisa dijadikan sebagai pilihan selain menjadi pesepakbola. Yakni menjadi seorang freestyle football.
Memang namanya tidak sepopuler sepakbola. Tapi freestyle football ini seakan tidak pernah mati. Kenapa? Karena kebanyakan pesepakbola juga melakukannya di tengah lapangan hijau.

Freestyle football ini juga dikenal dengan freestyle soccer. Ini adalah sebuah seni mengekspresikan diri dalam permainan sepakbola. Di dalamnya, ada beberapa trik yang dikuasai dengan memanfaatkan anggota tubuhnya.

Seseorang yang ahli bisa menjaga bola dengan kaki-kakinya, tubuhnya, kepalanya dan lain sebagainya. Tingkat kesulitannya bergantung pada prakteknya yang menggunakan anggota tubuh tertentu.

Semakin hebat seseorang dalam menjaga bola dengan tingkat kesulitan tinggi, semakin dikenal nama orang tersebut. Menariknya, orang tersebut bisa mempertontonkan kemampuannya dalam sebuah kompetisi yang diselenggarakan oleh komunitas sepakbola gaya bebas tersebut.

Peraturan Dalam Sepakbola Gaya Bebas

Dalam memainkan sepakbola gaya bebas ini, peraturannya agak berbeda dengan sepakbola yang Anda kenal selama ini. Tidak ada yang namanya duel secara langsung dengan lawan, sampai tidak adanya gol ke gawang lawan.

freestyle football

Ini murni sebuah seni mengolah bola. Bola dijaga baik oleh seorang freestyler dengan trik-trik yang dikuasainya. Dan kemampuan untuk mempertontonkan trik dengan sempurna inilah yang akan dinilai oleh seorang juri.

Untuk peraturannya secara umum, seorang frestyle football diharuskan untuk menunjukkan penampilannya dengan berbagai trik khusus. Normalnya akan dilakukan selama 30 detik atau lebih panjang lagi dalam sekali penampilan.

Di sini, seorang freestyle football dilarang untuk menyentuh bola dengan tangan ataupun lengan. Bola harus terus diolah dan tidak menyentuh dengan tanah selama mungkin. Jika melakukan kesalahan, tentu saja mereka akan dianggap gagal dalam melakukan aksinya.

Ada beberapa kriteria yang bakalan dinilai oleh para juri. Diantaranya adalah tingkat kesulitannya, tingkat originalitasnya, keseluruhan skill yang ditampilkan, kesalahannya, dan keragaman gaya yang dipertontonkan oleh freestyler.

Semakin sempurna dalam menjalankan aksinya, tentu nilainya akan lebih baik. Makanya, butuh konsentrasi tinggi dalam melakukan aksinya agar hasilnya maksimal.

Perkembangan Freestyle Sepakbola

Bisa dikatakan jika perkembangan freestyle sepakbola terus meningkat. Hal ini terlihat dari banyaknya freestyle soccer yang muncul di tiap negara. Bahkan mereka sudah menciptakan trik-trik khusus dengan tingkat kesulitan tinggi.

Seni sepakbola gaya bebas sendiri muncul di tahun 1990an. Namun baru dikenal lebih luas di abad ke 21. Tepatnya ketika ada sebuah brand terkenal yang terjun untuk memperkenalkannya ke seluruh dunia.

Brand Nike inilah yang bisa dikatakan sebagai jembatan untuk memperkenalkannya ke masyarakat dunia. Di sini, Nike membuat sebuah iklan yang mempertontonkan gaya bebas dari sebuah sepakbola.

Anda bisa menemukannya dalam sebuah video yang disebut dengan Joga Bonito. Video ini berarti bermain sepakbola dengan indah. Dan di dalamnya memuat penampilan mengesankan dari freestyle sepakbola.

Setelah itu, banyak bermunculan freestyle sepakbola yang muncul dari berbagai negara. Diantara freestyle sepakbola yang punya skill hebat adalah Sean Garner (Perancis), Mr. Woo (Korea Selatan), D-Eleven (Brazil) dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana dengan di Indonesia? Di Indonesia sendiri, kemunculannya baru di awal tahun 2005an. Ini hanya sebagai tanda awal diperkenalkan secara resmi. Karena faktanya, sudah ada komunitas sebelumnya yang juga fokus pada seni mengolah bola tersebut.

Semenjak diperkenalkannya, sebuah brand terkenal menggelar sebuah event dengan menambahkan kategori Freestyle Soccer setahun kemudian. Di event ini, brand bisa mendatangkan sejumlah freestyler terkenal di dunia, bahkan juga diikuti dengan pemain sepakbola.

Sampai saat ini, seni mengolah bola dengan teknik tinggi terus meningkat. Dan ini menjadi angin segar bagi orang-orang yang ingin melihat keindahan nyata dari sebuah trik dalam sepakbola.

Beberapa Trik Dalam Football Freestyle

Dalam dunia sepakbola, Anda biasanya akan disuguhkan penampilan cemerlang dari pesepakbola dunia. Mengolah bola dengan teknik tinggi akan menjadi bagian yang tidak bisa dilepaskan dari namanya. Dan inilah yang akan dikenang oleh masyarakat luas.
Semakin komplit keterampilannya, maka semakin hebat di mata dunia. Tak heran jika biaya untuk mendapatkan jasa sang pemain akan sangat besar.

Nah, secara khusus trik football freestyle ini terbagi menjadi beberapa bagian. Namun intinya sama, yakni menjaga bola dengan anggota tubuh yang diperkenankan dalam dunia sepakbola.

Diantara trik yang dimaksud adalah Ground move, Juggling, dan Balancing. Trik-trik ini masih terus dikembangkan sehingga menciptakan sebuah tontonan yang lebih menarik.
Apabila Anda suka dengan dunia sepakbola, tidak ada salahnya Anda berlatih berbagai trik tersebut. Meskipun bukan menjadi pesepakbola professional, namun Anda masih bisa menjadi seorang freestyler yang namanya tetap harum di kancah sepakbola dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *