Fakta Gelato, Dessert Favorit Di Seluruh Dunia

Kamu pasti tahu jenis makanan yang satu ini? Yaps! Gelato merupakan salah satu makanan penutup yang banyak diminati oleh orang di seluruh dunia. Bagaimana tidak, gelato adalah makanan penutup atau yang biasa kita sebut dessert ini disajikan dalam keadaan dingin. Pas banget kan untuk menetralisir makanan utama yang biasanya hangat sehingga membuat mulut dan tubuh kita segar kembali. Dessert khas Italia ini memang terkenal karena kelezatan dan rasanya yang unik. Di Indonesia sendiri, kepopuleran gelato baru meningkat sejak tahun 2010-an hingga sekarang. Tapi tentu saja respon dari masyarakat mengatakan bahwa mereka menyukai karena sensasi rasa yang dihasilkan di dalam mulut begitu berbeda dengan es krim biasanya. Eits, ternyata gelato bukan termasuk es krim, lho! Masa sih? Yuk kita ulas fakta lengkap tentang gelato!

Klik Link Temukan Cara Belajar Bahasa ▶ 🇬🇧 Inggrisdan Fun Learning English Terbaik di Indonesia hanya di EF!

banyak juga fakta gelato dalam artikel berbahasa Inggris. Jangan takut nggak ngerti. kamu bisa langsung belajar grammar online untuk bikin bahasa Inggrismu makin lancar dan nggak bingung lagi buat baca artikel bahasa Inggris.

Bener banget nih. Gelato bukan termasuk ke dalam jenis es krim karena memang terdapat perbedaan baik dari bahan yang digunakan maupun cara pembuatannya. Bahan pembuatan gelato hanya menggunakan susu, gula, perasa dari buah-buahan segar, dan sedikit krim. Susu yang digunakan gelato juga termasuk whole milk. Sedangkan es krim menggunakan susu full cream, krim yang sangat banyak, gula, dan kuning telur. Gelato dibuat dengan cara mengocok bahan-bahan secara perlahan sehingga menghasilkan tekstur yang padat namun tetap lembut dan creamy. Sedangkan es krim dibuat dengan cara mengocok bahan-bahannya dengan sangat cepat sehingga menghasilkan tekstur yang lebih “ringan”. Karena tektur gelato lebih padat, gelato tidak mudah cair. Bahkan suhu yang baik untuk menyimpan gelato sekitar -3 sampai -9 derajat celcius. Berbeda dengan es krim yang membutuhkan suhu lebih dari -20 derat celcius.

source: pinjarrabakery[dot]com
Masih banyak fakta unik seputar gelato yang wajib untuk kamu tahu! Gelato adalah sebuah dessert yang memiliki cerita unik dibalik rasanya yang lezat. Orang-orang mengetahui bahwa gelato merupakan dessert khas Italia. Tapi tahukah kamu bahwa sebenarnya gelato justru populer di Perancis? Berikut adalah ulasan fakta-fakta gelato termasuk asal-usulnya yang beda dengan cerita makanan yang lain. Checik it out!

Bukan Populer Di Negara Asalnya

Walaupun kita mengetahui dan memang sudah terdaftar bahwa gelato merupakan dessert khas Italia, tapi ternyata gelato pertama kali diperkenalkan ke publik di negara romantis, Perancis. Mengapa bisa begitu? Menurut sejarahnya, di Italia terdapat sebuah keluarga Perancis yang diketahui sebagai keluarga Mediki yang sangat kaya raya. Keluarga mengadakan sayembara untuk mencari makanan penutup terenak di kota. Maka seseorang yang menyukai dan ahli di bidang makanan bernama Ruggeri membuat suatu makanan penutup berupa es serut yang disiram jus buah. Akhirnya Ruggeri berhasil memenangkan sayembara dan langsung ikut ke Perancis untuk menyajikan makanan penutup tersebut untuk keluarga Mediki. Bahkan Ruggeri juga sempat membuat ribuan porsi untuk pernikahan calon raja Prancis. Waw!

Disinilah mulainya es serut yang disiram jus buah mulai terkenal di kalangan orang banyak. Hingga keluarga mediki meminta seseorang yang bernama Bernardo Bountalenti untuk membuat inovasi dari es serut buatan Ruggeri. Akhirnya Bountalenti memakai susu yang dibekukan pada es tersebut sehingga teksturnya menjadi lebih padat yang saat ini kita sebut dengan gelato. Akhirnya gelato semakin terkenal karena dibawa ke Amerika pada tahun 1770-an dan menjadi makanan penutup terlaris di kalangan masyarakat Amerika hingga akhirnya menjadi mendunia hingga sekarang.

Sekop Gelato Dari Kayu

Untuk merasakan gelato dengan rasa authentic kamu bisa menyekop gelato dengan sendok kayu dan bukan dengan scoop es krim seperti biasanya. Jangan membeli gelato di kedai yang mengambil gelato dengan scoop es krim karena biasanya teksturnya akan berbeda. Hal ini dikarenakan seharusnya gelato lebih cocok dan lebih mudah disendok dengan sendok kayu datar seperti sekop. Permukaannya yang datar akan memudahkan menyendok gelato dengan perlahan dan tidak merusak tekstur gelato itu sendiri. Bisa pakai centong nasi dong ya? Hahaha…

source: thespruce[dot]com

Rasa Yang Tidak Biasa

Jika kamu selama ini sering makan es krim, rasa apa saja yang biasanya menjadi rasa andalannya? Vanilla? Cokelat? Strawberry? Berbeda dengan es krim, gelato memiliki banyak varian rasa. Rasa-rasa ini terdiri dari rasa buah-buahan dan kacang-kacangan. Uniknya, gelato tidak menggunakan perasa buatan alias langsung menggunakan bahan buah-buahan atau kacang-kacangan segar yang dicampurkan ke dalam bahan yang lain. so pasti bakal sehat banget, kan?

Banyak Cara Untuk Menikmatinya

Gelato tidak selamanya kamu makan langsung, guys. Tanpa langsung kamu “hap”, gelato bisa dinikmati dengan berbagai cara yang justru akan menambah kenikmatannya. Jika kamu bingung ingin menikmati kafein atau gelato, tak perlu lagi risau. Kamu bisa memesan “affagato” di kedai-kedai gelato. Kamu akan mendapatkan scoop gelato yang disiram esspresso. Atau pesan “gelato con panna” untuk mendapatkan whipped cream diatasnya. Untuk mengganjal perut, silahkan pesan “briache con gelato” agar kamu bisa mendapatkan sandwich gelato khas Italia.

Gelato World Cup

Tahukan kamu bahwa ada kompetisi gelato tingkat dunia? Setiap tahun acara ini diselenggarakan di Italia dengan banyak peserta dari seluruh dunia. Kompetisi ini disebut Coppa del Mondo della Gelateria. Setiap peserta berlomba-lomba untuk menyajikan gelato dengan keunikan masing-masing baik dari segi rasa, tekstur, tampilan, dan lain sebagainya.

Lemon Menjadi Rasa Yang Paling Digemari

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa gelato memiliki varian rasa yang beraneka ragam. Selain rasa kacang pisthachio dan kelapa, lemon menjadi rasa yang paling favorit di antara semuanya. Kesegaran lemon memang sangat pas jika dinikmati dalam bentuk gelato yang tidak terlalu dingin. Segar!

Memiliki Kandungan Gizi Yang Baik

Karena terbuat dari bahan-bahan segar dan alami, gelato menjadi makanan penutup yang sehat untuk bisa terus dinikmati. Gelato sendiri mengandung protein yang tinggi ,vitamin B, kalsium, dan fosfor. Kandungan gizi ini berasal dari buah-buahan, kacang-kacangan, dan susu yang menjadi bahan pembuatan gelato. Vitamin-vitamin yang ada di dalam gelato diperlukan untuk kesehatan tubuh. Banyak yang menganjurkan anak-anak, manula, hingga ibu hamil untuk mengkonsumsi gelato secara rutin namun tidak berlebihan. Bahkan seorang atlet juga dianjurkan untuk mengkonsumi gelato nan nikmat ini, lho!

source: miagelato[dot]ca

Dessert Tepat Untuk Diet

Sudah terbukti bahwa gelato memiliki kandungan kalori dan lemak yang sangat rendah. Susu yang menjadi bahan baku gelato hanya mengandunk sekitar 2-9% lemak. Selain itu, kandungan kalori gelato hanya setengah dari kalori es krim. Wah wah.. Tidak perlu khawatir tubuh menjadi melar, makanan enak ini justru akan membuat dietmu sukses.

Ternyata banyak yang baru kita ketahui tentang gelato ini ya, guys. Di Indonesia sudah banyak kedai-kedai yang menyediakan gelato sebagai menu utamanya. Kamu bisa searching di google.

Intinya, dessert enak belum tentu tidak sehat. Seperti gelato, dessert ini justru mengandung gizi yang baik untuk tubuh kita. Tapi tetap jangan mengkonsumsinya secara berlebihan ya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *