Ingin Coba Tantangan Berbeda, Taklukkan Dulu 5 Tempat Rock/Wall Climbing Paling Gila Di Dunia

panjat dinding

Rock climbing atau yang lebih dikenal dengan sebutan panjat tebing ini merupakan salah satu kegiatan olahraga alam bebas yang wajib dicoba oleh kamu yang suka dengan tantangan. Kalau kamu suka tantangan, tidak ada salahnya juga menantang diri kamu untuk belajar bahasa inggris untuk memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik.

Klik Link Temukan ▶ 🇬🇧 Belajar Bahasa Inggrisdan Fun Learning English Terbaik di Indonesia hanya di EF!

Umumnya daerah dengan karakteristik kontur bebatuan tebing dengan sudut kemiringan mencapai 450 yang memiliki tingkat kesulitan tertentu yang sering dijadikan untuk lokasi kegiatan rock climbing.

Jadi panjat tebing ini merupakan salah satu olahraga yang lebih mengutamakan kelenturan, kekuatan, daya tahan tubuh, keterampilan, kecerdikan, pengalaman, serta pengalaman.

Taktik Rock Climbing Yang Penting Dipelajari Terutama Untuk Pemula

memanjat dinding batu

Bagi masyarakat awam, kegiatan rock climbing atau memanjat tebing terkadang masih menjadi sebuah hal yang menakutkan. Alih-alih akan menambah rasa antusias dan juga penasaran, banyak yang justru nyalinya menjadi ciut saat harus mencoba kegiatan yang satu ini.

Oleh sebab itu, terutama untuk para pemula diharuskan selalu mengasah pengetahuan mengenai rock climbing ini demi meminimalisir berbagai resiko yang ada. Untuk itulah sebaiknya pelajari dulu taktik dasar sebelum kamu melakukan pemanjatan pertama.

Memangnya seperti apa taktik dasar tersebut? Untuk lebih jelasnya, seperti inilah taktik dasar yang harus kamu pahami sebelum memutuskan untuk melakukan pemanjatan pertama:

Konsentrasilah pada pergerakan kaki

Mungkin kedengarannya cukup klise, tapi kenyataannya banyak para pemanjat yang justru lebih memfokuskan gerakannya pada kekuatan tangan dan juga lengan. Padahal sebenarnya justru pergerakan kaki memiliki peran yang cukup fundamental dalam kegiatan rock climbing seperti ini.

Pertahankan keseimbangan tubuh

Ternyata mempertahankan keseimbangan ketika sedang melakukan rock climbing bisa jadi sebuah hal yang mudah atau justru sulit untuk dilakukan. Tapi terlepas dari itu semua, sebaiknya selalu bersandarlah sepenuhnya pada dinding panjatan dan jangan lupa untuk selalu menggunakan berat tubuh kamu sebagai penyeimbangnya.

Memanjatlah secara efisien

Perlu untuk dipahami jika efisiensi inilah yang menjadi salah satu faktor yang cukup krusial yang bisa menentukan kenyamanan serta keamanan selama melakukan rock climbing.

5 Lokasi Rock Climbing Paling Gila Di Dunia

Dikatakan paling gila karana memiliki lokasi yang tidak semua orang berani memanjat tebingnya. Khusus bagi kamu yang bernyali besar, tidak ada salahnya untuk mencoba menaklukkan 5 lokasi panjat tebing paling gila yang ada di dunia ini:

Excalibur di Belanda

spot rockclimbing ekstrim di Belanda
Image Source: pinterest[dot]com
Banyak para pamanjat tebing rata-rata sudah minder ketika mendengar namanya. Inilah arena rock climbing tertinggi serta disebut-sebut sebagai yang paling gila di negeri Kincir Angin.

Memiliki tinggi sekitar 121 kaki atau 36.8 meter, Excalibur juga menawarkan sensasi rock climbing yang sangat menegangkan. Memiliki arena panjat yang bergelombang menjadi tantangan tersendiri saat melakukan kegiatan panjat tebing di tempat ini.

Belum lagi Anda juga harus menyeimbangkan tubuh untuk melawan gravitasi sehingga akan membuat tubuh kamu menjadi semakin berat. Dan nantinya setiap pemanjat akan ditantang oleh 24 rute sampai bisa mencapai puncak tebingnya.

Campgneplein Dormitory di Belanda

manjat dinding campgneplein
Image Source: upstation[dot]id
Sebelum Anda mencoba menaklukkan Excalibur, sebaiknya taklukkan terlebih dahulu Campgneplein. Awalnya Campgneplein ini bukanlah dinding yang sengaja dibuat untuk arena panjat tebing, namun oleh arsitek bernama Gelauff dan Arons, salah satu asrama dari Universitas Twente di Enschede disulap menjadi arena untuk rock climbing.

Arena panjat tebing dari Campgneplein Dormitory ini diisi dengan 2.500 grip atau batu pijakan. Bagi kamu yang bernyali besar, cobalah untuk menaklukkan dinding setinggi 30 meter ini.

Base Camp, Comm Row Hotel di Amerika Serikat

dinding batu basecamp comrow hotel
Image Source: wordpress[dot]com
Base Camp ini adalah arena rock climbing yang berada di dinding luar dari Comm Row Hotel. Selain memiliki medan yang tidak merata, kamu juga akan ditantang melalui medan permukaan yang dibuat mirip bebatuan dengan ketinggian sampai dengan 60 meter. Wah, tinggi juga ya.

Historic Banning Mills di Amerika Serikat

tebing batu historic banning mills
Image Source: pinterest[dot]ca
Historic Banning Mills ini bukanlah arena panjat tebing yang biasa. Jika biasanya arena panjat tebing full dinding, tidak demikian dengan dinding ini, disini kamu akan diuji ketangkasan serta keberanian saat memanjat tebing.

Selain arena panjat yang memiliki bentuk tidak menentu, setiap penanjak akan disuguhkan dengan medan yang bergelombang. Dalam hal ini, kekuatan kaki dan juga cengkraman benar-benar diuji sepenuhnya.

Diga di Luzzone Swiss

memanjat tebing diga luzzone
Image Source: verticalgear[dot]co[dot]uk
Yang membuat arena rock climbing ini disebut paling gila adalah lantaran memiliki ketinggian mencapai 164 meter. Uniknya lagi, arena panjat tebing yang satu ini dibuat di sebuah bendungan bernama Luzzone yang ada di Swiss.

Yang membuat arena panjat tebing ini semakin gila, meskipun memiliki ketinggian mencapai ratusan meter, tapi jangan harap ada tempat istirahatnya. Jadi dibutuhkan kekuatan fisik yang sangat prima saat ingin menaklukkan Diga di Luzzone Swiss ini.

Yang perlu diingat dalam olahraga rock climbing adalah tidak hanya kekuatan fisik saja yang diperlukan, tapi banyak faktor lain yang menjadi pendukung jika ingin selamat saat melakukan rock climbing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *