Comic Book Collecting, Hobi Menarik Untuk Dilakukan Dewasa Ini!

Comic book collecting atau koleksi buku komik sudah tenar di masa lampau. Kepopulerannya terus berlanjut sampai saat ini. Tentunya, kolektor komik punya alasan khusus kenapa melakukannya sejauh ini. Apakah Anda juga salah seorang kolektor buku komik?

Namanya juga hobi. Apapun tantangannya, Anda pantas memenangkannya. Sama seperti hobi mengoleksi barang, apapun akan dilakukan untuk mendapatkan barang tersebut. Atau sama halnya dengan passion untuk menguasai sebuah bahasa, bahasa Inggris misalnya, sesulit apapun Anda akan tetap berusaha belajar bahasa Inggris hingga Anda bisa.

Hobi yang menarik sampai saat ini adalah mengoleksi buku komik. Komik menjadi salah satu buruan utama, mengalahkan hal-hal lain. Alasannya adalah keindahan seni yang ditawarkan dari komik, kemudian pesan cerita dari masa ke masa menghadirkan sebuah cerita yang lebih seru.

Anda yang suka dengan komik tentu punya pandangan yang sama. Kalaupun beda, tentu saja ini adalah pandangan pribadi. Tapi itu bukanlah soal. Toh, Anda menyukai sesuatu lantaran memang mengena di hati Anda.

Apa Itu Komik?

koleksi buku komik
i.pinimg.com

Hampir setiap orang tentu pernah melihat visualisasi dari komik. Visualisasi ini lahir lantaran kemajuan teknologi. Contoh paling terkenal adalah serial naruto, one piece dan lain sebagainya. Pertanyaannya sekarang adalah apa yang disebut dengan komik?

Komik sendiri merupakan sebuah karya seni. Karya seni ini berbentuk gambar yang tidak bergerak. Kemudian gambar tersebut disusun sedemikian rupa menjadi sebuah cerita yang memiliki alur yang pas.

Komik sendiri biasanya digambar, kemudian dicetak. Normalnya, komik akan dicetak dalam kertas, biasanya ditemani dengan teks pendukung. Hasil cetakannya bisa di media apapun. Contohnya adalah di majalah, Koran sampai berbentuk buku.

Di berbagai Negara, komik ini dikenal dengan berbagai sebutan. Di Amerika, komik dinamai dengan sequential arts. Kemudian di Jepang disebut Manga. Sementara di Indonesia, komik memiliki sebutan Cergam.

Penerbitan hasil cerita dalam komik ini tidak hanya melulu di atas kertas. Sejauh ini, komik telah menjadi tontonan menarik dalam bentuk video. Tentunya, hasil yang didapatkan ini telah memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Visualisasi gambar yang menjadi bergerak bebas. Ini membuat pecintanya bisa memahami secara pasti alur ceritanya. Dan inilah mengapa banyak orang yang gemar menonton alur cerita komik dari tokoh tertentu.

Asal Usul Mengumpulkan Buku Komik

koleksi buku komik
static1.squarespace.com

Komik sendiri menjadi identitas dari suatu Negara. Komik ini mencirikan mentalitas sebuah Negara dari masa ke masa. Bahkan komik sendiri dikaitkan dengan konteks politik, sosial, bahkan ekonomi dari sebuah Negara.

Banyak hal yang terkandung di dalam sebuah komik. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta komik. Tak heran jika banyak penggemarnya mengoleksi buku komik atau semacamnya dari awal perilisan sampai akhir perilisan.

Mengenai awal mula hobi mengoleksi komik ini, Anda sebenarnya bisa menengok ke belakang. Tepatnya di akhir tahun 1960an, keberadaan toko penjual buku komik tersedia di New York.

Buku-buku komik disediakan, dikumpulkan menurut versi aslinya. Buku ini disusun sedemikian rupa untuk membuat para pecintanya tahu alur cerita dalam komik sejak awal. Dan tahun 1960, DC Comics mulai mempublikasikan diri mengenai siapa yang menulis komik tersebut. Tujuannya adalah agar pecinta komik bisa menemukannya.

Selang beberapa tahun kemudian, muncullah hasil karya seni gambar ini dengan cerita fiksinya. Tentunya, tokoh-tokoh yang ada dalam ceritanya berbeda-beda. Dan sampai sekarang, Anda bisa menjumpainya dengan mudahnya.

Bagi pecinta komik yang mengikuti ceritanya, tentu mengoleksi buku dari terbitan awal sampai akhir adalah sebuah kebanggaan. Di dalamnya, pecinta komik bisa saling bercerita mengenai karakter dari tokoh yang ada dalam cerita.

Di dalamnya juga, pesan yang dibuat oleh pembuat komik juga bisa tersampaikan. Tentunya disesuaikan dengan alur cerita dalam sebuah komik.

Alasan Kenapa Orang Suka Mengoleksi Komik

koleksi buku komik
sciencefiction.com/

Sebenarnya mudah saja, alur cerita dalam komik cukup menarik. Alur ceritanya seakan merepresentasikan sesuatu. Ada makna yang dalam dari sebuah komik yang dibuat.

Memang benar, banyak kolektor komik yang suka dengan ceritanya. Bahkan kolektor tersebut akan mengumpulkan semuanya di satu periode. Kemudian komik yang dibuat oleh pembuatnya akan dikumpulkan, kemudian disusun dari awal sampai akhir.

Ini memang bukan sekedar hobi saja. Karena bagi kolektor komik sejati tidaklah mementingkan teks yang ada dalam sebuah komik. Namun para kolektor lebih mementingkan isu yang ada dalam cerita tersebut.

Isu-isu dalam sebuah cerita komik ini tentu menunjukkan ciri khas sebuah Negara. Tentunya dengan segala pemikirannya yang dituangkan dalam komik tersebut. Inilah yang menjadi alasan kenapa kolektor komik ada sampai saat ini.

Tak hanya itu saja, banyak kolektor komik yang hanya sekedar menginginkan kepuasan saja. Dengan mendapatkan semua seri cerita dalam komik, maka hal itu sudah memberikan kebahagiaan sendiri.

Apapun itu alasannya, yang pasti mengoleksi komik atau Comic book collecting merupakan hobi menarik yang bisa dilakukan. Tentunya, hobi ini bisa memberikan sebuah pengetahuan mengenai cara berfikir masyarakat yang membuatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *