Combro, Camilan Ringan yang Baik Untuk Kesehatan

combro

Tidak ada habisnya jika membahas makanan khas dari Jawa Barat. Namun yang menjadi menarik untuk diulas adalah nama dari makanan khas tersebut. Jika diperhatikan umumnya memiliki nama yang unik. Apalagi bagi Anda yang baru pertama kali mendengarnya. Contohnya saja combro.

Klik Link Temukan Solusi Terbaik untuk Anak ▶ 🇬🇧 🇮🇩 TKdan Remaja Menggapai Cita-Cita Mereka!

Apa itu combro? Combro adalah salah satu makanan khas dari Jawa Barat yang selain memiliki rasa yang lezat juga menyimpan banyak manfaat terutama dalam hal kesehatan. Memangnya apa saja khasiat combro untuk kesehatan?

Banyak yang menganggap remeh makanan tradisional seperti combro ini. Bahkan tidak jarang ada yang beranggapa bahawa makanan tradisional hanya untuk kalangan menengah ke bawah saja.

Padahal umumnya makanan tradisional seperti ini menyimpan khasiat yang luar biasa bagi tubuh. Contohnya saja seperti combro ini. Ternyata dibalik rasanya yang legit, tersimpan begitu besar khasiat untuk kesehatan.

Combro ini bisa dibilang sebagai makanan dengan penuh citarasa, sehat, bergizi tinggi dan sudah pasti sangat lezat. Combro ini terbuat dari parutan singkong yang didalamnya berisi sambal oncom.

Bentuk dari combro umumnya adalah lonjong, memiliki rasa yang gurih dan campur pedas asin dari sambal oncom tadi. Dan yang paling penting lainnya adalah combro ini selain menyehatkan juga mudah sekali untuk dibuat.

Asal Mula dari Combro

Image Source: resepnasional.com

Nama dari combro ini diambil dari singkatan “oncom di jero” atau dalam bahasa Indonesinya berarti oncom di dalam. Hal ini dikarenakan dalam penyajiannya, combro ini di dalamnya berisi oncom yang dimasak dengan bumbu khas tanah Sunda.

Akan tetapi ternyata tidak semua orang menyebutnya dengan combro. Di Jawa Barat sendiri combro juga dikenal dengan comro atau gemet. Sama halnya dengan combro ini, gemet merupakan singatakan dari “dage saemet” yang secara arti kurang lebih sama dengan combro.

Dan sebenarnya terlepas dari semua itu, ada yang lebih penting lainnya terkait dengan combro ini. Memangnya apa itu? Yakni terkait dengan khasiat yang terkandung di dalam combro itu sendiri.

Temukan : Cara Belajar Bahasa Inggris

Sangat wajar jika combro ini menyimpan banyak khasiat di dalamnya. Hal ini disebabkan oleh bahan utama yang ada pada combro ini, yaitu singkong. Bahkan singkong ini bisa dibilang salah satu makanan yang direkomendasikan untuk Anda yang sedang melakukan diet sehat.

Manfaat Combro Bagi Kesehatan

Image Source: blogspot.com

Di atas sudah sedikit disinggung bahwa combro ini adalah salah satu makanan tradisional yang memiliki khasiat terutama untuk kesehatan. Hal ini berasal dari bahan utama combro yaitu singkong.

Dan ternyata kandungan gizi dan nutrisi yang ada pada singkong ini menyimpan khasiat yang besar sekali terutama bagi kesehatan. Sedangkan untuk 6 manfaat combro untuk kesehatan adalah sebagai berikut ini:

1. Sumber Karbohidrat dan Kalori

Singkong ini mengandung dua kali lipat kalori jika dinandingkan dengan kentang. Bisa dikatakan salah satu yang tertinggi dari setiap umbi yang kaya pati. Untuk 100 gram singkong terkandung 160 kalori di dalamnya.
Selain itu, singkong ini juga dikenal sebagai sumber dari karbohidrat. Karbohidrat yang terkandung pada singkong kurang lebihnya adalah 16-17%.

2. Makanan Rendah Lemak

Combro juga dikenal sebagai salah satu makanan yang rendah lemak. Jadi sangat cocok ketika dijadikan sebagai makanan untuk diet. Bahkan lemak yang terkandung pada singkong yang merupakan bahan utama dari combro ini lebih rendah jika dibandingkan dengan sereal dan kacang-kacangan.
Meskipun seperti itu, combro ini bisa dikatakan sebagai salah satu makanan sumber protein jika dibandingkan dengan sumber makanan tropis lainnya seperti halnya ubi, pisang, dan kentang.

3. Bebas dari Glutein

Seperti halnya di dalam akar dan juga umbi-umbian lainnya, singkong ini juga bebas dari glutein. Makanan yang bebas pati seperti ini umumnya digunakan sebagai bahan utama makanan untuk para pasien penyakit celiac.

4. Sumber Vitamin B Kompleks

Singkong juga dikenal kaya akan kelompok vitamin B kompleks, seperti thianim, folat, riboflavin, piridoksin (vitamin B-6), dan asam pantotenat.

5. Sumber Mineral

Dan yang terakhir adalah dikenal sebagai salah satu sumber utama dari beberapa mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, seperti seng, tembaga, magnesium, mangan, dan besi.

Bahkan tidak hanya itu saja, singkong yang merupakan bahan utama dari combro ini juga dikenal memiliki jumlah kalium yang tinggi, yakni 271 mg per 100 g atau 6% dari RDA. Kalium sendiri adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang dapat membantu mengatur denyut jantung dan juga tekanan darah.

Jadi dibalik rasanya yang lezat, combro juga menyimpan banyak khasiat di dalamnya, terutama bagi kesehatan, sangat tidak disangka-sangka kan? Hal ini lantaran pada bahan utama dari combro ini mengandung berbagai jenis gizi dan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *