Coin Collecting, Permainan Tertua Yang Dimainkan Oleh Penguasa Masa Lampau!

Coin collecting biasa dikenal dengan mengumpulkan koin telah lama dilakukan. Pengumpulan koin ini memiliki tujuan pasti. Sejauh ini, permainan ini masih populer, dan siapapun bisa melakukannya, sama seperti les bahasa Inggris, sekarang semua orang bisa melakukannya karena akses yang begitu luas.

Tentunya, setiap Negara pernah merilis koin tertentu. Kualitas bahan, desain yang artistik seakan memberikan daya tarik tersendiri. Apalagi jika dibandingkan dengan koin-koin yang dirilis baru-baru ini.

Hobi mengumpulkan koin ini memang cukup menarik. Dulunya, hobi ini hanya dimiliki oleh para penguasa. Tak mengherankan jika hobi ini lebih dikenal dengan sebutan King of Hobbies.

Seperti apa asal usul permainan ini? Kemudian apa alasan orang memainkannya? Temukan jawabannya bersamaan dengan jenis-jenis koin yang dikumpulkan oleh para penggila koin rilisan Negara.

Asal Usul Coin Collecting

coin collecting
fthmb.tqn.com

Mengumpulkan koin sebenarnya bukanlah sejenis permainan. Kejadian ini merupakan sebuah hobi yang terus berkembang sampai saat ini. Orang yang mengumpulkannya disebut sebagai kolektor koin.

Sejarah mencatat jika proses pengumpulan koin ini terjadi abad pertengahan. Setidaknya, di abad pertengahan ini, catatan arkeologi dan sejarah Romawi serta Mesopotamia menunjukkan itu. Koin yang telah dicetak dikatalogkan oleh para ilmuwan.

Bukan hanya ilmuwan saja. Pengumpulan koin ini juga disinyalir telah dilakukan oleh masyarakat kala itu. Koin yang dikumpulkan mengandung keindahan artistik, kemudian mengandung nilai sejarah dari sebuah Negara.

Tentunya, koin yang dimaksud adalah koin yang dirilis di Negara setempat. Dan sejauh ini, koin ini kemudian dikumpulkan tidak hanya koin yang dirilis Negara setempat. Tapi koin asing dari berbagai Negara juga ikut dikumpulkan.

Sejarah mencatat yang ditulis Suetonius dalam bukunya “The Lives of the twelve Caesars”, Kaisar Augustus selalu memamerkan koin lama yang eksotis. Kaisar ini memamerkannya pada sebuah perayaan spesial, atau festival yang diadakan. Tentunya dipamerkan pada teman-temannya.

Setelah pengenalan ini, abad ke 14 dimulailah sebuah metode pengumpulan koin. Metode pengumpulan ini menunjukkan kelas dari strata sosial di masa lampau. Orang yang biasa mengoleksinya hanya kalangan bangsawan, raja maupun ratu.

Karena hanya orang-orang khusus yang melakukannya, maka hobi mengoleksi koin lama nan unik ini dikenal sebagai permainan dan hobi para raja.

Alasan Orang Mengumpulkan Koin

coin collecting
http://mediad.publicbroadcasting.net

Perkembangan jaman memang membuat orang semakin inten dalam mengikuti tren. Tren lama yang hanya dilakukan oleh orang tertentu kini bisa dilakukan oleh orang pada umumnya. Cuma, trend ini hanya diikuti oleh orang-orang yang punya ketertarikan dalam hal tersebut.

Termasuk koin. Koin ini bisa dikumpulkan oleh siapa saja. Mengenai alasannya, setiap orang punya alasan sendiri-sendiri sehingga mereka melakukannya.

Salah satunya adalah hanya untuk kesenangan semata. Memang tidak diragukan jika hobi tidak bisa diukur dari jumlah keuntungan. Semahal apapun barang, tetap saja bukanlah masalah. Yang terpenting, kepuasan didapatkan oleh orang tersebut.

Selain itu, ada juga yang melakukannya dengan alasan investasi. Seperti logam mulia lainnya, koin juga merupakan investasi yang bisa diharapkan akan member keuntungan di masa mendatang. Alasan ini menguatkan banyak orang.

Anda tentu tahu kalau koin lama memiliki kualitas yang bagus. Kemudian desainnya yang artistik tentunya menambah harga jualnya. Semakin digemarinya koin lama dengan kekhasan desain membuat koin ini laku terjual.

Ini berhubungan dengan sejumlah penawaran dan permintaan. Semakin banyak penawaran yang dibarengi dengan kelangkaan koin, maka harga jualnya juga akan semakin tinggi. Tentu inilah yang akan membawa profit sendiri bagi kolektor koin lama.

Mengenai orang yang mengkomersilkan koin ini dibagi menjadi dua. Pertama adalah orang yang mengharapkan peningkatan harga jangka pendek. Kedua adalah orang yang mencari keuntungan jangka panjang.

Apapun itu, para kolektor koin lama semakin banyak. Tentunya alasannya beragam. Ada yang hanya sekedar mendapatkan kepuasan, ada juga yang menginginkan tambahan keuntungan dari aktifitas mengoleksi uang koin tersebut.

Model Koin Yang Dikumpulkan

coin collecting
http://crazyforcoins.com

Menarik untuk dicermati. Pengumpulan koin ini telah ada wadahnya. Koin-koin disertifikasi oleh badan hukum yang mana nantinya menentukan nilai dari koin tersebut.

Koin-koin ini tidak hanya melulu koin yang ada di satu Negara saja. Tapi koin-koin dari Negara lain juga mendapatkan perhatian. Tentunya, nilainya juga akan berbeda antara koin Negara satu dengan Negara lainnya.

Mengenai model pengumpulan koin ini berbeda-beda. Salah satunya adalah mengumpulkan koin dari satu Negara saja. Tentunya, pengumpulan koin ini akan semakin lengkap dengan tahun perilisan sampai tahun dihentikan produksi koin tertentu.

Kemudian model koin yang dikumpulkan kolektor lainnya adalah pengumpulan koin menurut urutan tahun. Semakin lengkap koin yang dikumpulkan, tentu kolektor akan semakin suka. Biasanya, koin ini akan dibedakan menurut siapa yang memproduksi, kemudian diurutkan berdasarkan tahun pembuatannya.

Tentu masih ada banyak lagi jenis pengumpulan koin ini. Anda yang tidak memiliki hobi ini, pastinya tidak akan pernah melakukannya. Tapi bagi Anda yang suka kemewahan, nilai artisitik tinggi, maka Coin collecting ini adalah hal yang bisa dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *