Cara Membuat Selai Nanas Buatan Asli Jambi

Daftar Isi Lebih Detail

Selai Nanas sudah sangat biasa dinikmati hari ini. Selai ini biasanya dinikmati sebagai olesan dalam roti tawar. Lalu, bagaimana cara membuatnya?

Sebenarnya, membuat selai ini tidaklah begitu sulit. Sama halnya seperti belajar bahasa Inggris, setiap orang bisa melakukannya asalkan punya ketekunan, sekaligus punya kesabaran dalam prosesnya. Bahan-bahannya yang dibutuhkan untuk membuat sele sangat mudah dijumpai. Terutama untuk selain nanas ini.

Tentu, buah nanas menjadi bahan utamanya. Kemudian bahan lain yang melengkapi buah nanas ini juga harus disediakan. Pasalnya, bahan-bahan tersebutlah yang nantinya akan membuat olahan nanas menjadi lebih kental.

Sebelum mengulas tentang bagaimana cara membuat selai nanas khas jambi, ada baiknya jika Anda mengetahui apa yang dinamakan dengan selai. Tentunya supaya Anda tidak salah paham mengartikan selai ini.

Apa Itu Selai?

selai nanas
vemale.com

Anda tentu sangat familiar dengan selai ini. Selai sudah sangat biasa dimanfaatkan sebagai bahan tambahan untuk olesan pada roti tawar. Olesan yang dinamai dengan selai ini membuat rasa roti lebih enak.

Selai ini juga beragam variasinya. Ada yang dibuat dari bahan anggur, nanas dan lain sebagainya. Bahan-bahan itulah yang kemudian menciptakan rasa yang enak sesuai dengan cita rasa buah tadi. Ketika dipadukan dengan roti tawar, tentu rasa roti akan semakin enak.

Tidak hanya sebagai bahan olesan roti tawar, selai ini juga bisa dijumpai dalam isian sebuah roti. Normalnya, roti isi akan memiliki variasi isi. Isian dalam roti tersebut ada yang menggunakan selai dan biasanya ditandai dengan rasa yang manis.

Pertanyaannya sekarang adalah apa yang dinamakan dengan selai? Selai sebenarnya adalah bahan makanan yang diawetkan. Bahan yang diawetkan ini bisa berupa buah-buahan, kemudian bisa berupa sayur mayur.

Bahan yang diawetkan ini berupa sari buah yang dihancurkan sebagai bagian dari proses. Setelah dihancurkan, proses selanjutnya adalah menambahkan gula serta dimasak dalam waktu yang lama. Proses memasaknya ini ditujukan agar tercipta kekentalan yang mana seperti yang didapatkan dari selai.

Buah-buahan yang paling banyak digunakan untuk membuat selai adalah nanas ini. Nanas ini banyak ditemukan di kawasan jambi. Buah ini menjadi komoditi yang tentunya sangat bagus bila diolah untuk membuat harga jualnya menjadi lebih tinggi.

Nanas sendiri dipilih karena proses pembuatan selai dari bahan tersebut sangatlah mudah. Hal ini dikarenakan adanya rasa masam yang ada di dalam buah. Tingkat keasaman ini nantinya akan memudahkan dalam membuat bentukan hasil lebih kental setelah dipadukan dengan gula.

Berbeda jika buah yang digunakan hanya memiliki tingkat keasaman yang rendah. Maka solusinya adalah dengan menambahkan zat pektin yang sejatinya ada dalam buah. Tujuannya adalah untuk menghasilkan selai yang bagus kekentalannya.

Kelebihan Selai Nanas Khas Jambi

selai nanas
sahabatnestle.co.id

Selai memang dibuat dari bahan baku buah yang diawetkan, kemudian diproses menjadi selai yang enak. Proses ini tentu memakan waktu agak lama, tapi tetap saja bagus untuk dilakukan.

Ada sejumlah kelebihan yang didapatkan ketika membuat selai nanas. Pertama adalah selai ini bisa lebih tahan lama untuk disimpan. Jika Anda membiarkan saja dalam bentuk buah seperti nanas, maka nanas tersebut akan busuk sendirinya.

Berbeda jika nanas diolah menjadi selai, maka keawetannya tetap terjaga. Yang pasti, rasanya tetap enak dan masih aman jika dikonsumsi oleh seseorang. Misalnya dijadikan sebagai olesan di atas roti tawar.

Kelebihan lainnya adalah cita rasa yang manis. Rasa manis ini didapatkan dari gula serta dari buah asal. Rasa manis ini cukup menggugah selera. Namun tetap saja, selai ini akan sangat tepat jika dikonsumsi dengan makanan lainnya.

Cara Membuat Sele Nenas Khas Jambi

selai nanas
agrowindo.com

Faktanya, cara membuat selai sama saja dari daerah ke daerah lainnya. Cuma bahan yang digunakan saja yang berbeda. Ini bergantung pada mudah tidaknya dalam menemukan bahan tersebut.

Buat Anda yang ingin membuat selai nanas khas jambi, Anda tetap bisa melakukannya. Caranya adalah dengan menyediakan bahan bakunya yaitu nanas yang sudah agak masak. Kemudian, jangan lupa menyediakan gula, kayu manis dan cengkeh.

Langsung saja pada tahap pembuatannya. Langkah pertama adalah mengupas nanas tadi. Kemudian bersihkan terlebih dahulu, baru potong menjadi empat bagian.

Tahap selanjutnya adalah memarut nanas tersebut. Nanas yang telah dipotong perlu diparut agar lebih mudah untuk dibaluri gula dan mudah untuk dimasak. Baru kemudian masak parutan nanas tadi dengan apai yang sedang.

Di saat yang sama, masukkan kayu manis serta cengkeh. Oh ya, cara memasak ini menggunakan air, bukan dengan minyak. Biarkan air menyusut setelah proses memasak.

Langkah selanjutnya adalah memasukkan gula pasir ke dalamnya. Aduk-aduk sambil masak dengan api sedang. Anda akan melihat perubahan warna menjadi lebih kuning, kemudian penampilannya menjadi lengket. Ini tandannya selai telah jadi.

Demikianlah caranya Anda untuk membuat Sele Nenas khas jambi. Kalau Anda punya buah nanas banyak dan bingung mau diapakan, pertimbangkanlah untuk menjadikan nanas ini sebagai selai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *