Cara Melakukan Coffee Roasting Dengan Benar

biji kopi pilihan

Coffee roasting adalah salah satu proses perjalanan kopi yang tidak bisa disepelekan. Supaya bisa mendapatkan karakter kopi terbaik, sudah menjadi keharusan untuk memahami proses ini secara benar. Nah, sebelum memahami prosesnya, apa sih arti coffee roasting dalam bahasa Indonesia? Kalau kamu belum tau, yuk belajar bahasa inggris sekaligus tambah kosakata keren kamu.

Gratis Free Placement Test di EF, lebih detail klik link ini PROMO GRATISBelajar Inggris di EF English First semakin menyenangkan!

Coffee roasting bisa dikatakan memegang peranan yang sangat penting pada seluruh rantai perjalanan dari kopi. Coffee roasting adalah proses penyangraian kopi yang bisa dibilang, proses inilah yang nantinya akan menentukan senikmat apa kopi yang akan kamu nikmati.

Meskipun kelihatannya sepele, tapi hanya untuk sekedar menyangrai kopi supaya nantinya bisa mengeluarkan karakter terbaik serta nikmat tidaklah semudah kelihatannya.

Bahkan banyak sekali specialty coffee roasters yang harus melakukan berkali-kali percobaan sampai bisa mendapatkan pola roasting terbaik dari masing-masing biji kopi yang disangrai.

Nah uraian kali ini akan membahas Apa Itu Coffee Roasting, dan bagaimana melakukannya dengan benar. Yuk simak!

Kesalahan Saat Membuat Kopi Yang Sering Diabaikan

Khusus untuk masyarakat Indonesia, membuat kopi seolah sudah menjadi hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Tapi jika dilihat dari kacamata para barista atau pengolah kopi, umumnya ada tiga kebiasaan salah yang sering dilakukan saat membuat kopi, kira-kira apa aja ya?

Saat Proses Roasting

menggiling kopi

Kebanyakan orang sering melakukan penggorengan hingga hitam pekat. Padahal ini adalah langkah yang sangat salah loh. Penggorengan yang sampai hitam pekat hanya akan memunculkan serpihan-serpihan hitam yang ada di sekitar pinggiran kopi. Dan serpihan-serpihan hitam seperti inilah yang justru akan menimbulkan zat karsinogen yang berbahaya.

Ada yang tahu bahaya zat ini? Ternyata, zat karsinogen ini bisa memicu penyakit kanker pada tubuh. Hiiii serem ya. Karena itu penting sekali proses-proses diatas agar tidak menyebabkan zat bahaya ini masuk ke tubuh kita.

Saat memasak air kopi

Banyak yang memasak air kopi sampai suhu mencapai 100 derajat celcius, padahal langkah semacam ini justru akan membuat aroma serta rasa pada biji kopi akan hilang. Sehingga kamu tidak bisa menikmati aroma serta rasa kopi yang sesungguhnya.

Saat menyimpan kopi

Supaya biji kopi awet dan tahan lama, banyak yang memilih menyimpannya di lemari es atau freezer. Padahal dengan melakukan hal semacam ini justru bisa membuat aroma yang seharusnya muncul di setiap biji kopi ketika diseduh akan hilang rasa khasnya.

Fase-fase Dalam Coffee Roasting

Sederhananya, ada beberapa tahapan atau fase yang harus dilewati pada saat proses roasting. Di bawah ini adalah tahapan yang umum dilakukan pada saat proses coffee roasting.

Drying (Pengeringan)

Secara umum, biji kopi yang masih mentah di dalamnya terkandung sekitar 7 sampai dengan 11% air. Dan perlu dipahami bahwa biji kopi ini tidak akan berubah warna menjadi kecoklatan selama masih ada kandungan air di dalamnya.

Oleh sebab itu, pada saat biji kopi yang masih mentah (raw) dimasukkan ke dalam mesin roasting, hal pertama yang akan terjadi adalah biji kopi yang masih raw tadi akan menyerap sejumlah panas. Kemudian barulah mulai menguapkan kandungan air tadi.

Nah, hal yang perlu kamu perhatikan lagi adalah proses pengeringan biji kopi seperti ini cenderung lebih membutuhkan panas serta energi yang besar. Kalau kamu tidak teliti, maka umumnya biji kopi belum kering secara maksimal. Dan hal semacam ini tidak boleh terjadi dalam proses coffee roasting.

Yellowing (Penguningan)

Ketika kamu melakukan proses pertama dengan baik, maka akan ditandai dengan berubahnya warna menjadi coklat pada biji kopi. Pada fase ini, umumnya biji kopi masih padat serta sedikit beraroma beras basmati.

Tetapi jika diperhatikan, biji kopi ternyata sudah mulai mengembang dan disertai dengan kulit biji kopi yang tipis sudah mulai mengelupas. Dan pada fase kedua inilah kulit biji kopi yang tipis akan mulai dipisahkan melalui sistem aliran udara dalam roaster.

First Crack (Pecahan Pertama)

Setelah biji kopi sudah mulai berubah kecoklatan, akan terjadi proses percampuran antara air dan gas karbon dioksida yang sama-sama menguap di dalam biji kopi tersebut.

Kemudian pada saat tekanan dari keduanya sudah mencapai puncaknya, barulah biji kopi akan perlahan mulai terbuka. Pada tahap inilah kemudian biji kopi akan memecah atau dalam dunia coffee roasting lebih dikenal dengan istilah cracking.

Roast Development

Jika diperhatikan, setelah proses cracking pertama selesai, tekstur dari biji kopi cenderung lebih lembut di permukaannya namun belum dirasa lembut secara keseluruhan. Jadi sebenarnya dalam fase roast development ini yang akan menentukan warna akhir dari biji kopi termasuk juga derajat roasting-nya.

Second Crack (Pecahan kedua)

Pada fase yang terakhir inilah kemudian biji kopi mulai memecah kembali untuk yang kedua kalinnya. Pada saat biji kopi sudah mencapai fase ini, biasanya minyak alami kopi akan muncul ke permukaan dari biji kopi. Selain itu, pada fase ini sudah banyak karakter dari acidity kopi yang sudah hilang. Selain itu, rasa dan karakter kopi juga akan berkembang pada tahap ini.

Wah, panjang dan cukup sulit ya tahapannya. Paling tidak kamu harus sangat teliti saat melakukannya. Langkah panjang proses coffee roasting tadi ternyata belum selesai pada tahap ini saja loh. Sebab ke-5 tahapan yang ada di atas tadi hanya sebagai permulaan jika kamu ingin melakukan coffee roasting. Jadi sebenarnya untuk mendapatkan secangkir kopi yang kamu nikmati saat ini sudah melalui proses yang begitu panjang. Wah hebat ya.

One Reply to “Cara Melakukan Coffee Roasting Dengan Benar”

  1. 1. Idealnya berapa lama waktu antara first crack sampai 2nd crack?
    2. Waktu ideal sejak kopi masuk ke mesin hingga berubah warna ke yellow-brown-1st crack?

    Tks..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *