Bukan Hanya Sekedar Aksi, Ternyata Kayak Memiliki Sejuta Manfaat

alat kayaking

Apa itu Belajar Online

Bagi kamu yang ingin mencoba olahraga air yang tidak biasa maka kayaking bisa menjadi alternatifnya. Selain mendayung, keseimbangan kamu juga akan dilatih dengan bermain kayaking. Sama seperti saat kamu belajar bahasa inggris dimana kamu bisa melatih kemampuan menulis, bicara dan mendengar sekaligus.

Gratis Free Placement Test di EF, lebih detail klik link ini PROMO GRATISBelajar Inggris di EF English First semakin menyenangkan!

Apalagi ternyata olahraga air yang satu ini juga menawarkan banyak keuntungan dalam hal kesehatan untuk diri loh. Yuk kita lihat Apa Itu Manfaat Kayaking.

Manfaat Kayaking

kayaking di danau

Membantu pembakaran kalori

Ingin cepat membakar kalori yang sudah menumpuk di dalam tubuh kamu? Maka rutinlah untuk melakukan olahraga kayaking ini. Dengan kayaking, rupanya kamu bisa membakar kalori sampai 400 kalori dalam kecepatan 3 sampai dengan 5 mil per jam.

Bahkan berbagai penelitian menyatakan jika ternyata mendayung kayak seperti ini secara rutin bisa membantu membakar kalori dalam tubuh lebih cepat jika dibandingkan dengan saat kamu bersepeda.

Meningkatkan kekuatan tubuh

Olahraga kayaking ini mengandalkan kedua tangan untuk mendayung kayak. Ternyata gerakan mendayung seperti ini jika dilakukan dengan cara yang benar bisa meciptakan kekuatan besar dalam tubuh kamu loh.

Melenturkan persendian tulang

Minimnya latihan fisik bisa menjadi penyebab tulang aus serta membuat tubuh menjadi cepat ngilu. Sebelum kondisi tersebut terjadi maka sebaiknya rajin-rajinlah berolahraga.
Salah satu jenis olahraga secara efektif bisa membuat sendi-sendi tulang kalian tetap lentur adalah dengan melakukan kayaking secara rutin. Bahkan jika dilakukan secara rutin, olahraga ini bisa membantu produksi cairan dalam sendi meningkat.

Mencegah stress

Bagi kamu yang mudah tertekan atau stress, tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu bermain kayaking. Dikarenakan olahraga ini dilakukan di alam bebas, maka secara otomatis pikiran serta tubuh akan lebih rilaks.

Apalagi sepanjang kamu mendayung nanti, sudah pasti akan disuguhkan dengan berbagai macam pemandangan indah yang secara tidak langsung bisa menenangkan pikiran kamu.

Sejarah Dan Perkembangan Kayak Di Dunia

lomba kayak di laut

Kayak ini pertama kali dibuat oleh Inuit yang merupakan seorang seniman yang berasal dari Alaska. Pada waktu itu kayak dibuat dari rangka kayu yang dilapisi dengan kulit anjing laut dan terdapat sebuah lubang untuk tempat duduk. Pada waktu itu, kayak dimanfaatkan untuk berburu.

Semakin berkembangnya teknologi, bahan yang digunakan untuk membuat kayak juga berubah secara drastis. Awalnya bahannya menggunakan bingkai kayu yang dilapisi dengan kulit lalu setelah itu ditutupi dengan kain.

Metode membuat kayak semacam ini berlanjut hingga tahun 1950-an ketika diperkenalkannya fiberglass. Lalu tepatnya pada tahun 1984, kayak berbahan dasar plastik pertama kali diperkenalkan ke publik.

Kemudian di tangan John MacGregor, kayak dialihfungsikan untuk rekreasi dan juga olahraga. Kayak model ini pertama kali dirancang oleh Rob Roy di tahun 1845, berbentuk sebuah sampan yang dibuat dari sketsa kano dan kayak Inuit.

Setelah itu, tepatnya pada tahun 1866, MacGregor membentuk Caneo Club bersama para penggemar kano serta kayak. Setelah itu, barulah kayak dijadikan sebagai perlombaan tepatnya pada tahun 1873 dan menjadi bagian dari olahraga di ajang Olimpiade pada tahun 1936.

Tips Sebelum Melakukan Aksi Kayaking

kayaking di sungai

Bagi kamu yang sudah sering mendayung mungkin tidak akan kesulitan saat bermain kayaking. Tapi meskipun demikian, tidak ada salahnya untuk memperhatikan rambu-rambu atau teknik yang perlu dipahami sebelum mulai petualangan dengan kayaking ini.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah cek dulu kondisi kayak yang ingin dipakai. Misalnya saja cek lumbung kayaknya. Pastikan jika kayak tidak ada yang bocor. Dan memastikan bahwa tambalan yang ada kuat.

Jika bentuknya lebar dan datar, itu menandakan jika kayak tidak bisa kamu gunakan untuk jarak jauh. Dan sebaliknya jika kayaknya pendek, ternyata juga tidak bisa digunakan untuk jarak jauh.

Idealnya supaya island-hopping semakin seru, kamu butuh kayak dengan panjang minimal 4 meter jika digunakan sendiri dan jika kamu gunakan dengan teman maka pilihlah kayak dengan panjang 6 meter.

Selain itu, jangan lupa juga untuk cek bahannya. Apakah kayak terbuat dari bahan fiber glass atau carbon fiber. Dan ada juga kayak yang terbuat dari bahan plastik yang katanya bisa lebih tangguh namun dengan kelemahan daya lajunya yang rendah jika dibandingkan dengan kayak yang terbuat dari fiber glass.

Jangan sampai lupa juga untuk mengecek persiapan dayungnya. Sebaiknya sediakan dayung cadangan untuk antisipasi jika dayung patah atau hanyut, selain dayung cadangan, jangan lupa juga untuk menyiapkan drybag ya. Fungsi dari draybag ini adalah untuk melindungi bekal makanan dari air laut.

Dan peralatan terkahir yang harus ada dan jangan sampai ketinggalan adalah alat komunikasi dan juga tali untuk bersandar setiap kali kamu mendaratkan kayak untuk sekedar istirahat atau kegiatan lainnya.

Walaupun masih belum terlalu populer, sangat sayang sekali jika kamu harus melewatkan kesempatan untuk mencoba olahraga ini. Siapa tau kan kamu bisa jadi yang pertama mengviralkan olahraga ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *