Belajar Gangguan Psikologi dalam Drama Daily Dose Sunshine

gangguan psikologi

Daftar Isi Lebih Detail

Sebuah drama Korea dengan Park Bo Young sebagai bintang utama berkisah tentang Jung Da Eun, seorang perawat di poli kesehatan jiwa. Drama ini berfokus pada genre psikologis dan kesehatan, menggambarkan aktivitas sehari-hari Jung Da Eun yang merawat pasien-pasien dengan beragam masalah mental.

Selain menjadi hiburan yang menarik, drama ini secara tak langsung mengupas berbagai isu seputar kesehatan mental dan gangguan psikologis, sambil memberikan wawasan tentang bagaimana menjaga kesehatan mental sendiri. Yuk simak ada gangguan psikologi apa saja yang ada di sini!

Gangguan Bipolar

bipolar

Gangguan bipolar dicirikan oleh perubahan perilaku yang ekstrem pada penderitanya. Individu yang mengalami bipolar dapat bergantian antara sikap yang tenang dan kadang-kadang menjadi agresif, dengan ledakan emosi yang tidak terduga.

Dalam cerita drama ini, karakter yang mengalami gangguan bipolar adalah Oh Ri Na. Oh Ri Na adalah seorang anak konglomerat yang telah hidup dalam kemewahan sejak kecil.

Namun, kehidupan yang glamor tersebut tidak mampu membawanya ke kebahagiaan. Ia harus menghadapi berbagai tuntutan, mulai dari urusan makan, sekolah, pertemanan, hingga pernikahan, yang semuanya diatur oleh ibunya.

Merasa tidak bahagia, Oh Ri Na sangat merasa stres. Baginya, kebahagiaan seakan hanya bisa dirasakan dalam momen ketika ia mengekspresikan dirinya secara eksentrik, seperti bertelanjang bulat dan menari, diikuti dengan penghinaan dan dianggap gila oleh orang lain.

Gangguan Panik

panik

Gangguan panik, atau panic disorder, merupakan salah satu masalah kesehatan mental yang umum terjadi di kehidupan nyata. Gejalanya mencakup perasaan cemas yang muncul secara tiba-tiba, sensasi sesak dan mual, serta keinginan untuk mencari tempat terbuka agar bisa bernapas.

Dalam drama ini, karakter Song Yu Chan (diperankan oleh Jang Dong Yoon) dan Ji Seung Jae (diperankan oleh Yoo In Soo) mengalami gangguan panik. Saat mengalami serangan panik, mereka merasakan sensasi air datang dari berbagai arah dan menghantam mereka.

Untuk meredakan kecemasan, mereka mendekati jendela agar bisa mendapatkan udara segar, terutama ketika memikirkan hal-hal negatif atau saat bertemu dengan orang yang membuat mereka stres. Song Yu Chan khususnya sering mengalami gangguan panik di tempat kerjanya karena tekanan dari atasan.

Akibat gangguan ini, Song Yu Chan tidak mampu menonton film di bioskop sendirian dan merasa canggung ketika bertemu dengan teman-teman lamanya. Di sisi lain, Ji Seung Jae mengalami gangguan panik tanpa mengetahui penyebabnya, dan ia sering meminta izin untuk pergi ke toilet saat merasakan gejala panik.

Delusi

Delusi

Delusi merupakan kondisi di mana seseorang membayangkan kejadian yang sebenarnya tidak terjadi dan mengalami halusinasi yang parah. Karakter yang mengalami gangguan ini dalam drama adalah Jung Ha Ram, diperankan oleh Kwon Han Sol.

Dalam cerita, Jung Ha Ram merasa bahwa Jung Da Eun, perawat yang bertugas merawatnya, telah mencuri uangnya sebesar 30 juta won, meskipun kenyataannya tidaklah demikian. Jung Ha Ram menyalahkan orang lain secara berlebihan sebagai dampak dari stres yang dia alami setelah menjadi korban penipuan.

Ia dengan susah payah mencoba melamar pekerjaan, namun uang tabungannya justru hilang karena tindakan oknum yang tidak bertanggung jawab.

Pseudodementia (demensia palsu)

Pseudodementia adalah kondisi yang menyerupai demensia atau pikun, namun tidak disertai kerusakan pada otak. Kwon Ju Yeong  adalah karakter yang mengalami gangguan ini.

Kwon Ju Yeong sangat sibuk dengan pekerjaannya, terus-menerus mengangkat telepon dari rekan kerjanya. Ia merasa perlu bekerja keras agar dapat mendukung pendidikan anaknya. Akibatnya, ia jarang tidur, menyebabkan penurunan daya ingat, kesulitan berkonsentrasi, dan sering mengalami lupa terhadap pengalaman yang pernah dialaminya. Selain itu, ia juga merasa seperti berada di tempat kosong, seakan-akan semua aspek dalam dunia ini telah terhapus begitu saja.

Depresi

depresi

Depresi timbul ketika seseorang mengalami tekanan berkepanjangan. Salah satu pemeran utama dalam drama ini, Jung Da Eun, mengalami depresi setelah mengetahui bahwa salah satu pasiennya melakukan bunuh diri, selain itu dia juga mengalami amnesia disosiatif. Gejala depresi yang dialami oleh Jung Da Eun mencakup kehilangan selera makan, keinginan untuk terus tidur dan menyembunyikan diri di dalam kamar, berhalusinasi seolah-olah akan diusir dari dunia, dan memiliki keinginan untuk mengakhiri hidup.

Nah, itulah beberapa aspek psikologi yang bisa kita pelajari dari drama “Daily Dose Sunshine.” Kita bisa ambil hikmah dari setiap permasalahan yang ada di dalamnya. Ingat, drama boleh jadi hiburan, tapi bisa juga jadi pelajaran hidup!

Jangan lupa, setelah nonton drama, luangkan waktu untuk merenungkan dirimu sendiri. Apa yang bisa diambil sebagai pembelajaran dari cerita yang kita tonton? Semoga pembahasan ini bisa bermanfaat buat kamu. Keep shining like the sun!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *