Badminton, Olahraga Populer yang Digemari Berbagai Kalangan

Tidak diragukan, Badminton merupakan olahraga paling populer di nusantara, sama seperti les bahasa Inggris yang sekarang sedang populer. Banyak pebulu tangkis Indonesia yang meraih kesuksesan dalam permainan ini. Bahkan tidak sedikit yang telah mengharumkan nama bangsa dengan olahraga jenis ini.

Salah satu pebulu tangkis yang paling dikenal adalah Susi Susanti. Pebulu tangkis wanita ini menjadi yang paling dikenal. Tidak hanya dikenal di nusantara saja, namun sudah dikenal oleh masyarakat dunia.

Merupakan sebuah kebanggaan tersendiri memainkan olahraga ini. Banyak bibit-bibit baru dengan talenta luar biasa untuk jenis olahraga ini. Namun tahukah Anda dari mana asal usul permainan bulu tangkis ini?

Sejarah Badminton

badminton
pgnewsbreaker.com

Ratusan tahun silam, badminton atau yang dikenal di Indonesia sebagai bulu tangkis telah dikenal di Mesir kuno. Permainan ini menggunakan sejenis alat bantu, dibuat dari bulu hewan seperti angsa dan sejenisnya. Permainan ini tentu belum sama seperti yang dimainkan seperti saat ini.

Permainan ini sebenarnya terlebih dahulu dikenal di Tionghoa. Permainan ini disebut dengan Jianzi. Cara memainkannya menggunakan kaki, mirip seperti sepak bola. Cuma, pemain perlu menahan agar bola yang dibuat mirip dengan shuttlecock tadi harus tetap berada di atas tanah.

Lalu, bagaimana permainan ini bertransformasi menjadi permainan yang Anda kenal selama ini? Sebenarnya tidak ada yang berubah. Di tempat asal, tetap ada permainan yang bernama Jianzi ini. Namun bagi beberapa Negara, permainan ini diadopsi menjadi lebih menarik.

Di abad pertengahan, adopsi permainan ini memang terlihat. Tepantnya di Inggris, permainan dengan sebutan battledores atau shuttlecocks dimainkan. Orang yang memainkan permainan ini adalah anak-anak.

Permainan ini telah menggunakan semacam raket. Hanya saja, raket ini masih dibuat dari bahan dasar kayu. Yakni mirip seperti dayung atau tongkat.

Di tahun 1854, olahraga ini semakin mengemuka. Olahraga ini semakin populer dimainkan. Dan olahraga ini telah dikenal di jalan-jalan London. Tepatnya ketika salah satu majalah bernama Punch mempublikasikan kartun untuk olahraga tersebut.

Selang beberapa waktu, warga inggris kemudian membawa permainan ini keluar negaranya. Diantaranya membawa permainan ini ke Jepang, siam sampai Tiongkok.

Mengenai penemu dari permainan bulu tangkis ini, banyak sumber mengatakan kalau permainan ini ditemukan oleh petugas tentara Britain. Petugas ini mulai menambahkan peralatan seperti jaring sampai net untuk memainkan permainan ini.

Penambahan alat ini berada di Pune India. Permainan ini kemudian dimainkan secara berlawanan. Kemudian di tahun 1850, tentara membawa kembali permainan ini ke Inggris.

Permainan ini kemudian dibuatlah sebuah aturan khusus. Rancangan aturan tertulis ini dibuat oleh klub badminton bath di tahun 1877. Kemudian di tahun 1893, dibentuklah asosisasi bulu tangkis di inggris. Dan untuk pertama kali, muncullah kejuaraan all England yang menjadi kejuaraan international yang diadakan pada tahun 1899.

Sejarah Masuknya Bulu Tangkis Di Indonesia

badminton
von.gov.ng

Bulu tangkis memang bukan berasal dari Indonesia. Namun banyak sekali bakat-bakat yang bermunculan di tanah air. Sampai saat ini, Indonesia memiliki bakat-bakat luar biasa yang diperhitungkan dunia bila bicara tentang badminton.

Awal masuknya Badminton ini di Indonesia sebenarnya ada di tahun 1940. Permainan ini dibawa oleh Belanda, kemudian dibawa oleh pelajar-pelajar yang pernah mencicipi pendidikan di luar negeri.

Permainan ini digemari oleh seluruh lapisan masyarakat. Baik masyarakat kelas menengah keatas, atau mengengah kebawah. Semuanya menyukai permainan ini. Lantas, permainan ini kemudian dibuatkan sebuah organisasi yang akhirnya memunculkan permainan di dalam PON yang diadakan pertama kali di Indonesia.

Kepopuleran permainan ini memang dikenal sampai pelosok negeri. Talenta hebat bermunculan. Puncaknya di tahun 1992, pebulu tangkis Indonesia menyabet medali emas pada kejuaraan yang diadakan di Barcelona. Indonesia menyabet emas dua buah bersamaan dengan korea selatan.

Beberapa Nomor Pertandingan Dalam Bulu Tangkis

badminton
rec.mcmaster.ca

Di dalam setiap kejuaraan bulu tangkis, selalu ada nomer yang dipertandingkan. Tentunya, ini membuat kejuaraan semakin seru. Bahkan mengukuhkan salah satu Negara sebagai yang terbaik untuk permainan tersebut.

Nomer yang dipertandingkan lebih paten dibagi menjadi 5 cabang. Pertama adalah nomer tunggal putra yang mana dimainkan oleh dua orang saling berlawanan.

Kedua adalah tunggal putri yang dimainkan dua orang saling berlawanan. Ketiga adalah ganda putri yang dimainkan oleh 4 pebulu tangkis, dan saling berlawanan. Dan keempat adalah ganda putra yang dimainkan pebulu tangkis pria sekitar 4 orang saling berlawanan.

Kelima adalah ganda campuran. Ganda campuran ini dimainkan oleh 4 orang. Pemain berpasangan putra putri menghadapi pasangan lainnya. Tentunya untuk memperebutkan kemenangan prestige di permainan tersebut.

Sejauh ini, Negara-negara memiliki pebulu tangkis handal. Dan Negara-negara yang memproduksi pebulu tangkis handal lebih banyak berada di kawasan asia tenggara dan asia timur.

Demikianlah ulasan mengenai sejarah tentang Badminton. Jika Anda memang hobi bulu tangkis, tentunya Anda perlu tahu sejarahnya terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *