Asal Usul Sate Buntel Dan Cara Membuatnya Di Rumah

Sate Buntel menghiasi kekayaan kuliner di Nusantara. Sate jenis ini banyak ditemukan di Solo. Hadirnya sate ini cukuplah unik, memiliki perbedaan sendiri ketimbang sate pada umumnya.

Klik Link Temukan Cara ▶ 🇬🇧 Belajar Bahasa Inggris Dasardan Fun Learning English Terbaik di Indonesia hanya di EF!

Yang namanya sate, sate normalnya dibuat dari bahan baku yang dicincang kecil-kecil. Kemudian bahan tersebut ditusuk dengan semacam lidi yang dibuat dari bambu. Bahan tersebut kemudian dibakar, ditaburi dengan saus kacang ataupun kecap. Sate menjadi panganan utama di banyak daerah yang disantap bersama nasi, cocok disantap sebelum Anda memulai hari atau jika hendak berangkat les bahasa Inggris.

Dalam perkembangannya, bahan-bahan ini tidak hanya meliputi daging hewan saja. Namun bisa memanfaatkan bahan lain. Contoh sate yang berbahan selain daging hewan adalah sate tempe ataupun sate jamur.

Di Solo sendiri, muncul satu jenis sate yang menggugah selera. Bahan dasarnya masih daging hewan. Entah itu daging kambing, sapi ataupun kerbau. Cuma kebanyakan, daging yang dimanfaatkan adalah daging kambing.

Lalu, apa bedanya dengan sate di kawasan lain? Bedanya adalah cara pembuatannya. Bagaimana cara membuatnya? Kami akan tunjukkan caranya setelah mengulas tentang asal usul Sate Buntel ini.

Sejarah Munculnya Sate Buntel Solo

sate buntel solo
http://www.tokomesin.com

Asal usul sate ini sebenarnya masih dalam perdebatan hebat. Beberapa Negara saling mengklaim jika sate merupakan kuliner khasnya. Diantaranya adalah Malaysia, Thailand dan Indonesia.

Diklaimnya sate ini lantaran ada fakta sejarah mengenai keberadaan sajian ini di Negara-negara tersebut. Sajian ini juga sama, dibuat dari bahan daging yang dibumbui. Kemudian, kuliner tersebut normalnya dijajakan di pinggir jalan.

Meskipun begitu, Indonesia nampak diunggulkan untuk memiliki kuliner yang satu ini. Hal ini dikarenakan oleh sate merupakan inovasi baru mengenai kuliner. Inovasi ini muncul dari Gujarat yang datang di Indonesia, tepatnya lebih sering membuat kebab.

Kebab dinikmati oleh Gujarat. Sementara warga sekitar lebih memanfaatkan cara lain, yakni memanfaatkan daging menjadi sate ini. Normalnya, sate ini sudah sangat bisa dikonsumsi ketika perayaan hari idul adha.

Tak hanya itu, sate ini juga telah tersebar di nusantara. Pedagang Madura cukup terkenal dengan sajian tersebut. Sementara di Solo juga ada, namanya adalah sate buntel.

Sate buntel ini cukup unik jika dilihat dari tampilannya. Tampilannya memang tidak biasa. daging hewan dihaluskan, baru kemudian ditusuk dan dibakar.

Mengenai sejarahnya, dulunya sate ini hadir dari keinginan kawula alit untuk menciptakan kuliner mewah dari bahan yang sederhana. Kesederhanaan ini hadir dari pemanfaatan daging hewan yang letaknya di bagian yang keras. Kemudian daging tersebut diambil, dihaluskan dan dibuat menjadi semacam sate tersebut.

Daging-daging yang dicincang halus ini kemudian dibungkus dengan lemak hewan tersebut. Muncullah satu jenis sate yang disebut dengan sate buntel ini. Dan cara pemanfaatannya juga mirip, diguyur dengan saus kecap atau saus kacang.

Cara Membuat Sate Buntel

sate buntel solo
blogspot.com

Kalau Anda jalan-jalan di Solo, Anda sebenarnya tidak perlu membuatnya sendiri. Anda cukup datang di warung, atau datang di penjual keliling. Harga perporsinya sekitar 30 ribuan.

Namun bagi yang tidak bisa berkunjung di tempat tersebut, Anda bisa membuatnya sendiri. Misalnya jika Anda memiliki stok daging melimpah. Biasanya stok daging banyak ini diperoleh ketika perayaan idul qurban.

Ok, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan. Bahan-bahan ini meliputi bahan baku, kemudian bumbu asli untuk membuat cita rasa sate lebih nikmat.

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan adalah daging kambing yang telah digiling. Kemudian tusuk sate, sebutir telur, kecap manis serta bagian lemak daging.

Sementara untuk bumbu penyedapnya cukup banyak. Bumbu yang dimaksud adalah gula jawa merah halus, bawang merah, bawang putih, jintan serbuk, air perasan asam, garam, penyedap rasa serta merica bubuk.

Bagaimana dengan cara membuatnya? Cara membuatnya sangat mudah. Ikutilah langkah-langkahnya di bawah ini!

Pertama, haluskan terlebih dahulu bumbu-bumbunya. Kemudian balurkan dengan daging kambing dan lemak daging yang telah digiling tersebut. Tambahkan pula kecap manis dan telur ayam tersebut.

Ketika mencampur, silahkan aduklah secara berulang-ulang. Tujuannya adalah tercipta kepadatan dan kekentalannya sehingga menjadi adonan yang pas untuk sate.

sate buntel solo
http://www.agrowindo.com

Kedua, ambillah adonan secukupnya. Pada tahap ini, adonan perlu direkatkan pada tusuk sate. Bentuknya agak lonjong. Buatlah seperti itu untuk adonan yang tersisa.

Tahap ketiga adalah pengukusan. Awalnya, Anda perlu menghabiskan adonan menjadi seperti sate tersebut. Simpan dalam panci, kemudian kukus. Baru setelah matang, angkat dan tiriskan terlebih dahulu.

Tahap akhirnya adalah pembakaran. Di sini, Anda bisa bakar sate sebanyak yang Anda suka. Bolak-balik sate, balurkan pula kecap untuk menambah cita rasa. Kalau Anda suka cita rasa pedas, maka Anda bisa menambahkan cabe di dalam kecap tersebut.

Angkat satu persatu, hidangkan di atas piring. Sajikan bersama dengan nasi. Pastinya, rasanya akan begitu istimewa.

Demikianlah ulasan mengenai asal usul sate unik dari Solo. Jika Anda tidak bisa datang langsung di Solo, Anda bisa membuat Sate Buntel ini sendiri. Tentunya dengan langkah-langkah yang telah ditunjukkan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *