Asal Usul Kue Lapan Jam Palembang Yang Manis dan Lembut

kue dari palembang

Kue lapan jam menambah kekayaan kuliner di Nusantara. Kue ini memiliki cita rasa manis, dan tekstur yang lembut. Makanya, sekali coba, kamu pasti ketagihan dengan rasanya. Kue ini bisa kamu jadikan bekal kalau kamu mau kursus bahasa inggris ataupun pelajaran lainnya.

Kue ini adalah kuliner khas di Palembang. Kue ini tidak banyak ditemukan di hari biasa, karena biasanya paling banyak muncul di perayaan istimewa. Contohnya adalah perayaan imlek ataupun perayaan idul fitri.

Bagaimana bisa mencicipi kelezatannya? Caranya adalah datang di bulan-bulan tersebut ke Palembang atau, kamu bisa membuatnya sendiri juga loh. Nah, sebelum membahas bagaimana cara membuat kue ini, ada baiknya kamu tahu Apa Itu Kue Lapan Jam.

Asal Usul Kue Lapan Jam

Kue ini banyak ditemukan di kawasan Sumatera Selatan. Selain itu, kue ini juga tersebar di kawasan Sumatera pada umumnya. Tapi di Palembang lah kamu akan menemukan banyak kue ini.

Kue ini dulunya hanya dinikmati oleh orang-orang khusus, yaitu kelompok bangsawan. Sebaliknya, masyarakat pada umumnya tidak mengkonsumsinya. Kini, masyarakat umum juga bisa menikmatinya. Hanya saja, kuliner ini tidak sembarang waktu ada. Karena kue khas ini hanya muncul di acara peringatan hari besar saja.

Mengapa dinamakan sebagai Kue lapan jam? Penyebutan ini tak lain disebabkan oleh proses pengukusan kue yang memakan waktu sekitar 8 jam. Pengolahan yang cukup lama ini membuat kue semakin lembut dan enak.

Biasanya, kue ini masih perlu dioven kembali setelah dikukus. Jadi, hasil akhirnya akan memakan lebih banyak waktu lagi. Normalnya, pemanggangan di dalam oven sekitar 15 menitan. Tujuannya agar kue memiliki tekstur lembut dan tahan lama.

Cara Membuat Kue Lapan Jam

kue lapan jam dari palembang
Image Source: detikFood

Kue khas Palembang ini disebut juga dengan kue delapan jam. Karena pembuatannya sekitar 8 jam. Jadi, kamu perlu bersabar ketika membuatnya ya.

Bagi yang ingin membuat kue dengan cita rasa manis ini, kamu perlu mempersiapkan beberapa bahan utamanya.

Bahan utama untuk membuat kue lapan jam

Membuat kue 8 jam tidaklah sulit. Hanya butuh kesabaran ekstra sebelum menikmati hasilnya.

Mengenai bahan utamanya juga tidak terlalu banyak. Kamu perlu menyediakan beberapa butir telur (25 butir), 250gram margarin, 50gram tepung terigu yang sudah diayak, vanili, susu kental manis dan 100gram gula pasir.

Proses Pembuatan Kue Lapan Jam

Setelah bahan-bahan tersedia, siapkan dulu perlengkapan memasaknya. Perlengkapannya adalah mixer, Loyang, oven sampai pengukus. Baru setelah itu, terapkan tahapan pembuatannya berikut.

Buat Adonan Kue

Kocok margarin dan gula pasir dengan mixer. Baru kemudian, masukkan telur dan kocok kembali sampai merata. Kemudian, masukkan tepung terigu, susu kental manis dan vanili. Aduklah menggunakan mixer agar bisa tercampur merata. Jadilah adonan kue.

Kukus Adonan Kue

Ketiga, olesi Loyang dengan margarin. Hal ini dilakukan agar Loyang tidak lengket. Kemudian tuangkan adonan kedalam Loyang. Masukkan dalam panci dan kukus selama kurang lebih 8 jam.

Panggang Kue Kukus dengan Oven

Masukkan kue yang telah dikukus tadi ke dalam oven. Perkiraan waktunya hanya sekitar 15 menitan. Suhunya sekitar 120 derajat. Baru kemudian angkat dan sajikan.

Khusus untuk penyajiannya, kadang kue ini dihidangkan secara utuh di depan tamu. Ketika akan dinikmati, kue baru dipotong tipis-tipis. Cita rasanya yang nikmat, dan teksturnya lembut dijamin membuat rasanya lumer di mulutmu.

Ciri Khas Kue Lapan Jam Yang Nikmat

kue lapan khas palembang
Image Source: cantik[dot]tempo[dot]co
Sejauh ini, banyak orang yang mulai tertarik untuk membuat kue ini. Tentunya dengan harapan bisa menikmati kekhasan rasa dari kue lapan jam ini. Hanya saja, belum tentu kue yang dibuatnya senikmat dari yang pernah dibuat oleh masyarakat setempat di Palembang.

Ada ciri khusus yang menandai jika kue ini “setara” dengan kue yang dibuat oleh masyarakat aslinya. Cirinya adalah warnanya lebih coklat dan terlihat sangat padat. Warna coklat dan padat ini berasal dari pengolahan kue yang memakan waktu lebih dari 8 jam. Dengan pengolahan yang lama ini, kue akan benar-benar termasak sempurna.

Warnanya yang coklat ini bukan berarti gosong ya. Tetapi, justru merupakan warna yang pas untuk kue tersebut. Mencirikan kekhasan rasa kue yang legit. Jadi jika kamu ingin membuat atau membelinya, pastikan untuk melihat warnanya ya. Selain itu, pertimbangkan kepadatannya juga.

Apabila kue ini tidak berwarna terang dan teksturnya kurang padat, bisa jadi proses pembuatannya tidak sempurna. Biasanya ciri-ciri tersebut menunjukkan kalau kue dibuat selama kurang dari 8 jam. Dan hal ini biasanya berdampak pada cita rasanya yang kurang legit, dan tidak tahan untuk disimpan.

Kesimpulannya, kue ini tak ubahnya seperti bolu yang punya tekstur lembut dan bercita rasa manis. Proses pembuatannya yang memakan waktu kurang lebih 8 jam menjadi keunikan dari kue ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.