Asal Usul Es Laksamana Mengamuk dari Riau

es laksmana mengamuk mangga kweni

Es Laksamana mengamuk merupakan minuman segar dan menyehatkan. Karena es ini dibuat dari bahan buah-buahan segar. Membuat minuman dingin ini lebih sehat dan nikmat untuk diminum di siang hari. Apalagi jika diminum saat kamu sedang kursus bahasa inggris, pasti bakal nambah tenaga kamu untuk belajar lebih konsen.

Klik Link Temukan Cara Belajar Bahasa ▶ 🇬🇧 Inggris ◀ dan Fun Learning English Terbaik di Indonesia hanya di EF!

Minuman dingin ini banyak diperjualbelikan di kawasan Riau. Baik di hari biasa maupun di hari spesial. Tapi memang, minuman ini paling banyak muncul di bulan puasa. Saat bulan puasa tiba, banyak pedagang yang menjajakan es ini. Gak heran sih, kebayang kan segernya es ini setelah seharian menahan dahaga?

Mengenai penamaan minuman ini tentu menyita banyak perhatian. Apa Itu Es Laksamana Mengamuk? Kira-kira kenapa ya diberi nama kaya gitu? Itulah pertanyaan yang sering muncul. Benar kan? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak asal usul minuman tersebut dan bagaimana cara membuatnya.

Sejarah Es Laksamana Mengamuk

minuman khas riau
Image Source: resepdanmakanan[dot]com
Minuman dingin ini memiliki nama yang tak biasa. Kesannya garang dan serem banget ya? Apakah minuman ini bakal buat kamu mengamuk saat kamu meminumnya? Mungkin mengamuk karena ketagihan kali ya…
Sebenarnya, minuman ini sama saja dengan minuman dingin lainnya. Bahan dasarnya juga buah, yaitu buah kuini yang telah masak.

Nah tapi kalau bicara tentang asal-usulnya, nama minuman ini ternyata bermula dari sebuah cerita rakyat. Cerita rakyat inilah yang diabadikan namanya dalam sajian berbentuk minuman ini. Nah kira-kira cerita rakyatnya seperti apa ya?

Diceritakan bahwa lahirnya minuman khas ini berasal dari sebuah peristiwa keluarga. Dahulu, ada seorang laksamana sedang mengamuk di lahan perkebunan kuini. Perkebunan ini adalah milik seorang tuan tanah.

Laksamana mengamuk sejadi-jadinya. Membuat para warga tidak berani untuk mendatanginya, apalagi sampai menghentikannya. Ternyata mengamuknya laksamana ini disebabkan istrinya yang dibawa lari oleh tuan tanah tersebut. Akibatnya, laksamana geram dan mengamuk di perkebunan kuini milik tuan tanah tersebut.

Laksamana tersebut menebaskan pedangnya di perkebunan kueni, yang menyebabkan kueni berjatuhan dan berserakan di tanah. Setelah puas melampiaskan kemarahannya, laksmana tersebut kembali pulang. Buah kueni yang berjatuhan dibiarkan begitu saja.

Para warga kemudian memunguti buah-buah tersebut. Saking banyaknya, para warga bingung mau diapakan buah tersebut.

Nah, di situlah datang seorang ibu yang juga memunguti buah kueni yang terkoyak. Buah kuini diolah dengan santan kelapa, serta dicampur dengan gula merah. Tentu masih belum menggunakan es seperti saat ini.

Hasil olahannya ini kemudian dibagikan pada warga. Dan ternyata sajian ini disukai oleh warga. Akhirnya, minuman khas ini kemudian banyak dibuat oleh masayarakat lainnya, dan kemudian populer dengan nama minuman laksamana mengamuk.

Normalnya, minuman dingin ini banyak ditemukan menjelang berbuka puasa. Cita rasanya yang enak membuat minuman ini cocok untuk melepaskan dahaga. Selain di bulan ramadhan, minuman dingin ini juga telah disediakan di hari-hari biasa. Kamu bisa mencicipinya di rumah makan di Riau. Atau malah, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Cara Membuat Es Laksamana Mengamuk

es khas riau laksamana mengamuk
Image Source: reportasenews[dot]com
Selain populer di kawasan Riau, minuman ini juga banyak dinikmati oleh masyarakat rumpun melayu. Nah, kalau kamu penasaran, kita lihat yuk bagaimana cara membuat Es ini agar kamu bisa mencobanya sendiri dirumah.

Untuk membuatnya gampang banget kok. Bahan-bahannya juga sangat mudah dicari. Tentunya dengan harga yang terjangkau.

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan

Bahan Utama

Buah kuini. Ini adalah sejenis buah mangga yang punya aroma menyengat. Rasanya manis, tekstur dagingnya juga lembut. Sediakan daging buah tersebut, kemudian potong dadu.

Bahan Tambahan

Selain kuini, kamu juga perlu menyiapkan biji selasih yang telah direndam air panas. Kemudian santan kelapa, gula pasir/gula merah, daun pandan dan es batu.

Bahan-bahan pelengkap ini akan membuat minuman menjadi lebih ramai dan dengan penampilan minuman yang menarik. Dan pastinya menambah kesegaran minuman ini.

Cara membuat minuman laksamana mengamuk

Merebus Santan

Gunakan santan yang bagus kualitasnya. Kualitas santan yang bagus bisa didapatkan dari proses tradisional. Yakni dengan memarut kelapa, dan mengambil sari-sari atau santannya. Tapi tenang, kamu sekarang bisa menggunakan santai kental yang sudah siap digunakan.

Masukkan Daun Pandan dan Gula

Masak sampai mendidih, tapi pastikan santan tidak pecah saat sedang dididihkan ya. Jika sudah, angkat dan dinginkan terlebih dahulu.

Menata Es Batu dan Buah Kuini

Langkah selanjutnya adalah menata es batu dan buah kuini yang telah dipotong dadu dalam gelas. Baru setelah itu sirami dengan kuah santan dingin.

Tambahkan Biji Selasih

Langkah ini adalah langkah terakhir dalam membuat Es Laksamana Mengamuk, akhirnya minuman khas Riau ini siap deh untuk kamu nikmati.

Nah itu dia ulasan tentang Es Laksamana Mengamuk ini. Kalau kamu tinggal jauh dari Riau, sekarang kamu bisa membuatnya sendiri dirumah. Nah, sudah siap untuk membuat Es Laksamana mengamuk ini?

One Reply to “Asal Usul Es Laksamana Mengamuk dari Riau”

  1. Wah, pas pertama baca judul saya kira tentang sejarah…ehhh, tau-taunya kuliner…jadi penasaran sama rasanya, apakan rasanya sama dengan rasa di amuk oleh laksamana..hehehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *