Apakah Yoga dan Meditasi Berbeda? 4 Hal Ini Perlu Kamu Tahu

perbedaan yoga dan meditasi

Sering kali kita memaknai bahwa yoga dan meditasi memiliki kesamaan dalam membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks. Ketenangan yang didapatkan dari yoga dan meditasi ini bermanfaat dalam meredakan stres. Namun apakah kamu tahu bahwa keduanya berbeda?

Meskipun gerakannya serupa, yoga dan meditasi berbeda jika dilihat dari pengertian maupun aktivitas dan tujuannya. Lalu, apa yang dimaksud dengan yoga dan meditasi?

BELI KURSUS, GRATIS KURSUS! Dan dapatkan hadiah merchandise menarik*. Buruan dapetin ▶ 💰 DISKONBelajar Inggris di EF English First. Belajar semakin menyenangkan! 🇬🇧 🇮🇩 🇸🇪

Artikel ini akan membantumu memahami perbedaan yoga dan meditasi. Untuk itu, simak sampai tuntas ya!

Pengertian yoga

yoga adalah

Yoga adalah aktivitas olahraga untuk tubuh dan pikiran yang berfokus pada pernapasan, kekuatan, dan kelenturan. Tujuan utama yoga adalah untuk kesehatan diri kita, baik secara mental maupun fisik.

Manfaat yoga bagi kesehatan fisik di antaranya mampu menurunkan berat badan, mengurangi risiko penyakit kronis, memperbaiki postur tubuh, meningkatkan massa otot, meningkatkan keseimbangan, dan membangun fleksibilitas serta kekuatan tubuh.

Sementara itu, manfaat yoga bagi kesehatan mental kita yaitu dapat meningkatkan suasana hati, membantu mengelola rasa cemas, stres, dan depresi. Oleh karena itu, yoga sering dikaitkan dengan meditasi karena sama-sama berfokus pada sisi ketenangannya. Jadi, apa yang dimaksud dengan meditasi?

Pengertian meditasi

meditasi

Meditasi adalah aktivitas yang dilakukan untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Biasanya, tujuan dilakukannya meditasi yaitu untuk mengatasi trauma, meredakan stres dan rasa sakit, membantu untuk mengolah emosi dan perasaan, hingga tujuan agama atau spiritual.

Di lihat berdasarkan tujuannya, dengan melakukan meditasi maka dapat mencegah risiko kesehatan mental pada diri seseorang. Bagaimana cara melakukan meditasi?

Cara melakukan meditasi sangat lah mudah. Langkah yang perlu kita lakukan yaitu dengan fokus pada apa yang menjadi konsentrasi kita. Oleh karena itu suasana dan tempat yang kondusif diperlukan agar meditasi dapat dilakukan dengan tenang.

Meditasi yang benar ialah dengan memastikan bahwa posisi kamu saat ini sudah nyaman dan tenangkan pernapasan serta pikiran-pikiran yang mengganggu.

Manfaat yoga dan meditasi

yoga dan meditasi

Kian kemari, yoga dan meditasi menjadi tren gaya hidup masyarakat di dunia. Banyak orang yang melakukan keduanya untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik. Selain itu, terdapat penelitian yang menyatakan bahwa yoga dan meditasi bisa mengubah gen.

Maksud dari penelitian tersebut yaitu dengan berlatih yoga dan meditasi secara rutin dapat memadamkan gen yang bereaksi negatif dan membangkitkan gen yang positif, seperti gen bahagia, sehat, dan panjang umur.

Perbedaan yoga dan meditasi

olahraga yoga

Meski sama-sama membantu meningkatkan pikiran yang positif, yoga dan meditasi memiliki perbedaan sebagai berikut:

1. Berdasarkan pengertiannya di KBBI, yoga adalah senam yang menggunakan latihan pernapasan, sedangkan meditasi
merupakan kegiatan yang dilakukan dengan memusatkan pikiran dan perasaan.
2. Tujuan dari yoga di samping untuk kesehatan fisik dan mental ialah untuk menjaga tubuh agar tetap ideal.
Sementara tujuan meditasi yaitu untuk kepuasan batin maupun rohani.
3. Berdasarkan praktiknya, yoga membutuhkan matras, sedangkan meditasi tidak perlu karena bisa dilakukan di mana
saja.
4. Gerakan yoga dan meditasi pun jelas berbeda. Yoga memiliki banyak jenis dan gerakan yang berbeda. Setiap gerakan
yoga memiliki fungsinya masing-masing. Sedangkan meditasi tidak perlu banyak gerak, melainkan kita harus fokus
memusatkan pikiran di tempat yang nyaman.

Meskipun berbeda, keduanya bisa kita lakukan untuk mengatasi stres dikala suntuk. Oleh karena itu, yuk biasakan hidup sehat dengan sering berolahraga seperti melakukan yoga dan meditasi! 😉

Referensi:
Https://www(dot)alodokter(dot)com
https://hot(dot)liputan6(dot)com
https://olahragapedia(dot)com

Leave a Reply

Your email address will not be published.