Apa Itu Pempek? Ternyata Pempek Dulunya Bukan Nama Makanan!

pempek palembang

Apa itu pempek? Hampir semua orang tahu jika Pempek memiliki cita rasa yang enak, bahkan masakan khas nusantara ini telah tersebar di hampir seluruh pelosok negeri. Namun tahukah Anda jika pempek ini bukanlah sebuah nama makanan?

Klik Link Temukan Solusi Terbaik untuk Anak ▶ 🇬🇧 🇮🇩 TKdan Remaja Menggapai Cita-Cita Mereka!

Anda bisa menyebut makanan tersebut dengan sebutan empek-empek. Jenis makanan ini memang diwariskan turun temurun, terutama berasal dari Palembang Sumatera Selatan. (temukan tempat belajar bahasa inggris di palembang)

Makanan ini menggugah selera. Dibuat dari bahan tepung sagu dan ikan, kemudian diolah dan ditaburi dengan kuah cuka.

Rasanya begitu menggoda, membuat hampir sebagian orang suka. Malahan makanan ini telah diperkenalkan di hampir kota-kota besar sehingga Anda sangat mudah untuk memanjakan lidah dengan santapan khas nusantara ini.

Lebih detail tentang Pempek Palembang Sumatera Selatan

Sejarah Pempek Sebagai Makanan Khas Palembang

Empek-empek ini dulunya bernama Kelesan. Maksud dari kelesan adalah makanan yang bisa disimpan, atau tahan lama.

Makanan ini merupakan panganan adat di rumah limas. Tentunya memiliki kegunaan tertentu bagi masyarakatnya.
Makanan yang menggugah selera ini kemudian dijajakan pada masa kolonial Belanda. Diperkenalkan langsung pada pedagang-pedangan china.

Sajian khas nusantara ini memang asli buatan masyarakat Palembang. Setelah makanan ini diolah, makanan ini ditukar dalam metode perdagangan di masa penjajahan belanda.
Pedagang chinalah yang kemudian menjajakan sajian khas Palembang ini. Biasanya dijajakan di kawasan keraton pada tahun 1916 sebagaimana tercatat dalam sejarah.

Metode penjualannya tentu saja masih sangat tradisional. Para penjual akan menjajakan masakan ini dengan berjalan kaki dari kampung ke kampung.
Kalau sekarang, sajian ini biasa dijajakan dengan memanfaatkan gerobak sebagaimana yang terlihat pada metode penjualan pedangang kaki lima.

Tentu saja, ada juga yang membuat warung makan yang sifatnya menetap untuk menjual masakan khas penduduk Palembang tersebut.
Kembali pada sejarah kemunculan nama Pempek. Nama makanannya adalah kelesan, namun beberapa lama kemudian berubah menjadi pempek.
Awal mula penamaannya tak lain dikarenakan oleh sebutan yang diucapkan oleh pembeli yang menjual makanan tersebut.

Empek sendiri adalah sebutan bagi penjual makanan kelesan yang berasal dari china. Ketika dijajakan, para pemuda masa lalu memanggil penjualnya dengan sebutan tersebut.
Dikarenakan sebutan ini lebih mudah, maka sebutan empek-empek kini menjadi lebih populer ketimbang nama asli makanan tersebut.

Jenis-Jenis Pempek Palembang

Setelah melihat sejarah pempek di atas, kemunculannya memang melengkapi kayanya kuliner khas Indonesia.
Sejauh ini, makanan khas sumatera selatan ini memiliki banyak variannya. Jenis pempek begitu banyak, tentunya dengan ciri khas tersendiri. Diantara jenis empek-empek adalah sebagai berikut ini.

  • Pempek lenjer
    Sebenarnya pembuatannya sama saja, hanya saja bentuknya yang berbeda. Membuat jenis masakan khas ini dinamakan sebagai lenjer.
    Untuk bentuknya adalah panjang, sesuai dengan arti lenjer yaitu pempek yang dibuat agak memanjang.
    Jenis pempek lenjer ini juga dibagi menjadi beberapa. Diantaranya adalah pempek lenjer mini, serta jumbo.
    Meskipun jenisnya berbeda, namun rasanya tetap sama saja. Anda bisa memilih salah satunya sesuai selera.
  • Pempek kapal selam
    Pempek yang satu ini lebih familiar di telinga. Bahkan hampir seluruh pecinta kuliner pernah merasakan nikmatnya makanan khas ini.
    Bentuk pempek ini berbeda sekali dengan jenis yang pertama. Yaitu memiliki bentuk tambun, bagian belakang agak menonjol, mirip seperti kapal selam.
    Pempek yang satu ini juga cukup enak. Lantaran makanan ini memiliki isian yang menarik, yaitu telur yang terlihat kuning ketika dibelah.
  • Pempek adaan
    Pempek ini memiliki ciri khas bentuknya yang bulat. Banyak orang meyakini kalau jenis ini sebagai bakso ikan.
    Kalau bakso memiliki tekstur yang lembut. Sementara pempek sendiri memiliki tekstur yang kenyal dan kasar.
    Apapun itu, pempek adaan ini melengkapi banyaknya jenis pempek yang ada di nusantara.

Cara Membuat Pempek

Tentunya, jenis pempek ini memang mencirikan kekhasan masakan nusantara. Kini makanan ini dijajakan di hampir pelosok negeri lantaran banyaknya pelancong asal Palembang yang menetap di kawasan tertentu.
Buat Anda yang suka dengan masakan ini tapi tidak ingin membeli, cara paling pas adalah membuatnya. Toh caranya cukup mudah untuk dipraktekkan.

Cara membuatnya ada dua bagian, yakni membuat empek-empek dan membuat cukonya. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Cara membuat empek-empek
    Bahan yang harus dipersiapkan adalah daging ikan tengiri, air es, tepung terigu, tepung kanji serta garam.
    Langkah pembuatannya adalah dengan menghaluskan ikan dan menekannya dengan saringan. Masukkan air es dengan garam, dan aduk sampai lengket.
    Kemudian tambah tepung kanji dan terigu sambil diuleni. Terakhir adalah membentuk adonan sesuai bentuknya.
  • Cara membuat cuko
    Bahan yang dibutuhkan adalah gula merah, asam jawa, cuka, ebi dihaluskan, bawang putih cincang halus, air, tongcai, garam dan cabe rawit.
    Cara pembuatannya adalah dengan mendidihkan gula merah, air, asam jawa, cuka dan saring.
    Kemudian masukkan bawang putih, garam, tongcai, cabe rawit dan ebi. Didihkan kembali semuanya, angkat dan siramkan ke atas pempek.

Akhirnya, jika Anda suka dengan kuliner khas Indonesia, sayang bila Anda melewatkan nikmatnya Pempek khas Palembang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *