Apa Itu Magang dan Internship di Luar Negeri 8 Jenis Magang yang Cocok untuk Kamu. Tentukan!

program magang

Apa itu Magang? Banyak dari sebagian anak-anak mahasiswa yang sudah kuliah di semester akhir atau yang sudah lulus mencari berbagai pengalaman bekerja di beberapa perusahaan bonafit dengan menjadi tenaga kerja magang. Hal itu mereka lakukan baik mahasiswa yang berada dan kuliah di Indonesia atau bahkan tak jarang mahasiswa Indonesia yang magang di luar negeri.

Melakukan program magang di luar negeri tentunya banyak manfaat dan menjadi impian banyak orang. Selain mendapat pengalaman kerja yang baik untuk karir di masa mendatang, mendapatkan suasana kerja di lingkungan internasional akan menjadi pengalaman yang berharga untuk kamu, karena tidak semua orang memiliki pengalaman bekerja di luar negeri. Namun, sebelum mendaftarkan diri kamu untuk mengikuti magang di luar negeri, apakah kamu tahu jenis-jenis program magang yang ada di luar sana? Jika belum, artikel ini dapat membantu kamu untuk menentukan jenis magang apa yang cocok untuk kamu.

Klik Link Temukan ▶ 🇬🇧 Bahasa Inggrisdan Fun Learning English Terbaik di Indonesia hanya di EF!

Jenis Program Magang

Magang yang Dibayar

internship program

Jenis magang yang satu ini memiliki peminatnya yang cukup banyak. Selain belajar bagaimana sistem kerja di suatu perusahaan, kamu juga diberikan gaji selama program magang yang dijalani. Biasanya, perusahaan yang memberikan gaji terhadap karyawan magangnya adalah perusahaan-perusahaan swasta yang dimana mereka memiliki dana untuk membayar karyawan magang. Kini, banyak instansi dan perusahaan yang melihat pentingnya tenaga kerja magang. Sehingga, tidak sedikit program magang yang sifatnya dibayar.

Magang Non-Profit

Jika kamu berfokus pada mencari pengalaman kerja disuatu organisasi dan institusi, misalnya saja organisasi non-profit seperti organisasi amal atau instansi pemerintahan, biasanya mereka tidak memberikan kamu gaji. Hal ini dikarenakan, organisasi atau institusi tersebut bekerja tidak berorientasi kepada keuntungan, sehingga biasanya karyawan magang tidak diberikan gaji selama programnya. Namun, dalam magang di dalam organisasi atau instansi tersebut, kamu akan menemukan pengalaman yang tidak tergantikan. kamu dapat mempelajari kemampuan dan cara kerja instansi tersebut yang tentunya akan berguna di karier nanti.

Magang Musim Panas

lingkungan kerja magang

Biasanya, ketika liburan musim panas, jika kamu masih berkuliah, kamu memiliki waktu libur yang panjang. Hal ini dapat kamu manfaatkan untuk mengikuti program magang. Jika di tempat kamu belajar memiliki mata kuliah magang, kamu dapat memenuhi credits / sks kamu dengan mengikuti program magang saat libur musim panas. Jika tidak ada kewajiban untuk melakukan program magang dari tempat kamu belajar pun, dengan mengikuti program magang pada liburan musim panas tentunya akan berguna untuk masa depan kamu nanti. Selain itu, kamu jadi memiliki kegiatan yang positif selama liburan musim panas.

Service Learning

Service Learning bentuknya berbeda dengan program magang yang biasa kamu lakukan disebuah perusahaan. Service Learning mengacu pada pengalaman untuk melayani masyarakat. kamu akan harus memenuhi beberapa kriteria untuk mendapatkan pengalaman dalam menjalani service learning. Nantinya, kamu akan memahami lebih dalam mengenai pelayanan masyarakat, dan akan lebih mengapresiasi hal tersebut.

Co-operative Education

magang di luar negeri

Co-operative Education merupakan suatu metode terstruktur yang menggabungkan antara edukasi di dalam sekolah dan praktik kerja secara nyata. Pada program ini, siswa akan dibantuk melalui persiapan transisi dari dunia pendidikan ke dunia pekerjaan. Biasanya, suatu institusi universitas akan bekerjasama dengan perusahaan untuk melakukan program ini. Jangka waktu dari program ini biasanya sekitar setahun atau lebih, dan bisa pula ketika liburan antar semester. Tentunya dalam program ini, sebagai siswa, kamu mendapatkan pengetahuan lebih dalam terhadap bidang pekerjaan yang kamu minati, dan kamu berkesempatan untuk melakukan networking dengan para professional pada bidangnya.

Apprenticeship

Apprenticeship adalah program dimana orang-orang yang mengikuti program ini akan dilatih untuk mempelajari lebih dalam suatu bidang pekerjaan tertentu, misalnya dalam bidang seni, kelistrikan, dan lainnya. Apprenticeship secara khusus akan melatih kamu untuk menjadi praktisi dalam bidang pilihan kamu. Dan dengan mengikuti program ini, kamu juga dapat memperoleh sertifikasi dalam bidang yang kamu tekuni. Hal ini tentunya akan berguna sebagai penunjang kamu dalam mencari pekerjaan nantinya. Biasanya, apprencticeship berdurasi sekitar tiga hingga tujuh tahun.

Externship

Mirip dengan program magang pada umumnya, akan tetapi yang membedakan externship dengan magang adalah durasi waktunya yang lebih sebentar, biasanya hanya beberapa hari. Umumnya, externship dapat juga dikatakan sebagai observasi profesi. Ketika menjalani program ini, kamu akan diberikan kesempatan untuk melihat lebih dekat bagaimana sistem kerja dalam suatu pekerjaan dan kamu juga berkesempatan untuk melakukan networking pada professional di tempat kamu melakukan externship.

Freelance

Jika kamu ingin merasakan bekerja dengan orang dari berbagai negara tapi tidak ingin tinggal dalam waktu lama di luar negeri, kamu mungkin dapat mempertimbangkan untuk menjadi freelancer. Banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga freelance, misalnya dalam bidang desain, jurnalis, fotografer, atau hal-hal yang bersifat digital. kamu tinggal menerima tugas kamu melalui internet dari perusahaan tempat kamu bekerja, dan kamu dapat bekerja dari rumah kamu . Walaupun tidak secara langsung bekerja di perusahaan di luar negeri, akan tetapi kamu tetap mendapatkan pengalaman bekerja bersama orang dari luar negeri.

Dapatkan Diskon Kursus Terbatas 2,3 Juta di EF hanya 6 Hari klik link biru ini Payday Kursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

Itu tadi beberapa tipe magang yang dapat kamu jalani di luar negeri. Dengan memahami lebih dalam mengenai berbagai macam tipe magang di luar negeri yang tersedia, kamu dapat memilih tipe magang yang ingin kamu jalani. Tentunya, pengalaman magang di luar negeri merupakan pengalaman yang luar biasa yang pastinya akan dapat meningkatkan kualifikasi kerja kamu . Jadi, sudah siapkah kamu untuk magang di luar negeri?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *