Apa Itu Jelly dan Perbedaannya dengan Agar-Agar Temukan Video Cara Membuat Jelly Ice

es jelly

Apa itu Agar-agar atau saat ini banyak orang mengenalnya dengan jelly? Agar-agar dan atau Jelly merupakan makanan yang sehat dan cukup terjangkau. Agar-agar telah ditemukan sekitar 3 abad yang lalu, diawali dengan kunjungan utusan dari China pada masa Dinasti Tang membawa agar-agar ke Jepang. Saat itu agar-agar sangat populer dan disebut dengan Kanten dalam huruf kanji. Kanten bermakna musim dingin karena masa musim dingin yang panjang adalah saat terbaik pada masa itu untuk membuat kanten.

Klik Link Temukan ▶ 🇬🇧 Bahasa Inggrisdan Fun Learning English Terbaik di Indonesia hanya di EF!

Inken Kenji, merupakan pendeta yang memberikan nama kanten pada tahun 1654. Saat itu kanten sangat terkenal sebagai makanan para pendeta bingga akhirnya makanan ini menjadi sangat terkenal di dunia saat perang dunia ke-2 di mana saat itu serdadu Jepang menggunakan tepung agar-agar sebagai pengganti beras.

Sejarah Agar-Agar

Zaman dahulu agar-agar dibuat dengan peralatan tradisional di mana agar-agar yang sudah dicetak, dikeringkan dengan bantuan sinar matahari. Agar-agar dengan bentuk batangan dapat dimanfaatkan untuk waktu yang lebih lama sehingga dapat disimpan. Di jepang, kanten digunakan sebagai bahan utama berbagai kreasi kuliner seperti yokan dan anmitsu. Yokan merupakan hidangan pencuci mulut dengan pasta kacang merah, agar-agar dan gula. Sedangkan anmitsu adalah hidangan agar-agar dengan campuran potongan buah.

resep es jelly

Perbedaan Agar-Agar dan Jelly

Namun selain agar-agar kita juga mengenal makanan serupa yaitu jelly. Lantas, apa perbedaan antara agar-agar dan jelly? Agar-agar menurut Detik Food berasal dari tumbuhan alga merah yaitu Gelidium amansii. Agar-agar juga sering dijadikan alternatif alami gelatin yang berasal dari tumbuhan. Agar-agar terdapat dalam bentuk bubuk maupun batangan atau strip. Seusai dimasak dan mengeras, agar-agar memiliki tekstur yang lebih kering, berbeda dengan jelly yang apabila dimasak dan mengeras akan lebih kenyal dan berair. Jelly tidak jauh berbeda dengan agar-agar, sama-sama berasal dari umbi tumbuhan namun berbeda dengan agar-agar, jelly berasal dari Amorphophallus konjac. Jelly memiliki tekstur kenyal, berair dan biasanya tidak dikonsumsi layaknya agar-agar dengan cara dipotong dalam loyang besar melainkan dalam cetakan kecil. Saat ini jelly banyak dipasarkan dalam aneka rasa buah.

How To Make Jelly Ice

Agar-agar dan jelly memiliki manfaat yang sama, yaitu baik bagi kesehatan pencernaan karena berasal dari rumput laut yang kaya protein dan serat. Selain itu beberapa sumber menyatakan bahwa agar-agar dan jelly dapat menurunkan berat badan karena membuat efek kenyang bagi yang mengonsumsinya. Namun tetap perlu diperhatikan kandungan gula yang dimasukkan ke dalam agar-agar atau jelly selama proses pemasakan karena apabila berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan.

Setelah mengetahui perbedaan antara agar-agar dan jelly, lalu apa saja yang dapat dibuat dari kedua bahan tersebut? Umumnya kita sering mengonsumsi agar-agar maupun jelly dengan cara yang sederhana yaitu memasaknya dengan air dan gula lalu diaduk hingga mendidih dan dicetak. Namun terdapat pula cara lain dalam mengolah agar-agar maupun jelly. Agar-agar dapat dikreasikan menjadi pudding dengan menambahkan susu yang akan membuat teksturnya lebih lembut dan tentu saja menambahkan citarasa ‘milky’ disetiap gigitannya.

Pudding juga dapat disantap dengan fla atau susu tambahan yang dijadikan pelengkap pudding agar lebih ‘moist’. Pudding juga disajikan beragam di gerai makanan. Mulai dari pudding yang biasa dengan dicetak tanpa adanya variasi dari bentuk dan kombinasi warna, hingga saat ini pudding dapat dikombinasikan bentuk, warna hingga rasa. Kreasi pudding saat ini sangat beragam sehingga tak jarang pencuci mulut ini dikombinasikan dengan makanan lain baik buah segar, biskuit berjenis marie dan biskuit coklat seperti oreo. Bahkan beberapa tahun belakangan muncul tren silky pudding yang merupakan salah satu olahan jelly yang siap memanjakan lidah anda dengan sensasi jelly lembut dengan beragam rasa.

Selain dikonsumsi sebagai makanan, agar maupun jelly juga bisa dikonsumsi sebagai minuman. Salah satunya adalah diolah sebagai topping minuman yang menyegarkan, misalnya es jelly dan es sarang burung. Untuk es jelly, tentu saja bahan utama yang kita butuhkan adalah jelly yang dipotong dadu, buah kiwi, buah naga, air kelapa, sirup coco pandan dan es batu. Mudah sekali membuatnya, kalian hanya perlu memotong jelly dan buah-buahan sebesar dadu. Setelah dipotong, kalian bisa menyiapkan gelas sebagai wadah lalu menempatkan jelly dan buah yang sudah dipotong ke dalam gelas. Setelah diletakkan ke dalam gelas, tambahkan air kelapa lalu es batu dan sirup coco pandan sebagai sentuhan akhir.

Agar-agar dapat dimanfaatkan pula sebagai bahan minuman yang tidak kalah menyegarkannya yaitu es sarang burung. Agar-agar dan jelly sama-sama dapat digunakan. Sedikit tips, untuk membuat es sarang burung, bahan yang diperlukan adalah agar-agar karena teksturnya yang lebih keras dan kering. Namun apabila tidak ada, agar-agar dapat diganti dengan jelly, hanya saja kadar air yang digunakan dapat dikurangi sehingga saat mengeras tidak akan mudah berair.

Es sarang burung yang dibentuk dari agar-agar diparut dan bentuk yang panjang dan tipis. Tidak hanya agar, es ini juga sangat cocok dicampurkan dengan buah leci dan biji selasih. Cara membuatnya cukup mudah yaitu, setelah agar diparut menggunakan parutan keju, letakan dalam gelas lalu tambahkan buah leci dan biji selasih. Sebagai penambah warna, tambahkan sirup coco pandan dan es batu, aduk rata untuk meratakan rasa dari coco pandan dan es sarang burung dapat segera dinikmati. Agar-agar maupun jelly memiliki banyak kemiripan baik dari segi bahan pembuatan maupun manfaatnya yang baik bagi tubuh. Selain itu, dari segi rasa dan tekstur keduanya juga memiliki kemiripan dan sangat cocok divariasikan dengan berbagai cara. Keduanya juga sangat cocok untuk dijadikan bahan pelengkap berbagai jenis minuman yang menyegarkan. Jadi, mana yang lebih kamu sukai?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *