Apa Itu Breaststoke? Yuk Intip Gaya Renang Mudah Untuk Pemula!

teknik-renang-pemula

Apakah kamu hobi olahraga renang? Gaya renang apa yang kerap kamu gunakan saat berenang? Mungkin salah satunya adalah breaststroke. Sudah tahu apa itu breaststroke? Yuk simak jawabannya dalam ulasan berikut ini. 😉

Teknik renang Untuk Pemula

Berenang adalah salah satu olahraga yang banyak diminati karena memiliki segudang manfaat, seperti menambah tinggi badan, meningkatkan ketahanan tubuh, hingga melatih nafas lebih panjang.

Nah bagi kamu yang baru belajar menjadi seorang perenang yang handal, Teknik renang di bawah ini mungkin bisa menjadi andalanmu.

1. Front Crawl Swimming

gaya-renang-bebas

Front crawl juga sering disebut sebagai teknik renang gaya bebas atau freestyle. Aya renang ini merupakan teknik renang paling mudah karena dilakukan sebebas mungkin sesuai dengan apa yang diinginkan.

Namun agar dapat meluncur lebih cepat di dalam air, mungkin kamu bisa mengikuti langkah berikut:

  • Mengapung dengan bagian perut dan wajah yang menghadap ke air. Usahakan pandangan mata 90 derajat menghadap ke dasar agar postur tubuh tetap lurus.
  • Tendang kaki ke atas dan ke bawah secara bergantian.
  • Salah satu lengan arahkan keluar dari air, sementara lengan yang lain mendayung di bawah air. Lakukan hingga tubuh terdorong ke depan.
  • Putar kepala ke samping untuk menarik napas dan Kembali ke dalam air untuk buang nafas.

2. Breaststroke

gaya-renang-katak

Breaststroke atau gaya dada adalah teknik yang direkomendasikan untuk seorang pemula. Gerakan renang ini mirip dengan gaya katak yang cenderung santai dan tidak menghabiskan banyak energi. Hanya saja jika menggunakan gaya dada dalam olahraga renang, gaya ini termasuk gaya yang lebih lambat dibandingkan dengan front crawl, backstroke, dan butterfly stroke.

Untuk melakukan gaya dada yang baik dan benar maka kamu perlu melakukan langkah berikut:

  • Pastikan gerakan kedua tangan lurus ke depan dan jari-jari rapat.
  • Tarik kedua belah tangan ke arah samping seperti membelah air menuju bagian bawah dan dorong lagi kearah depan.
  • Untuk gerakan kaki, posisikan kedua kaki lurus ke belakang.
  • Tekuk kaki dan tarik kearah samping, kemudian bentuk putaran. Pastikan lutut tidak terdorong terlalu ke depan.
  • Usahakan badan dalam kondisi rileks.
  • Ambil napas dengan mengangkat kepala ke atas.

3. Backstroke

gaya-renang-mengapung

Sesuai dengan namanya, backstroke menggunakan punggung sebagai tumpuan. Pada dasarnya teknik gaya berenang ini mirip seperti gaya bebas. Hanya saja saat melakukan teknik backstroke posisi tubuh mengapung dengan posisi telentang.

Berikut tips gaya renang backstroke:

  • Mengapung dengan telinga tepat di air dan mata lihat ke arah atas.
  • Posisikan kaki yang lurus dan bua Gerakan tendangan ke atas dan ke bawah secara bergantian.
  • Rentangkan lengan ke sisi tubuh, Tarik ke arah luar air, dan luruskan hingga ke atas bahu.
  • Masukkan tangan ke dalam air dan dorong sampai ke paha. Lakukan terus menerus secara bergantian.

4. Butterfly stroke

renang gaya kupu-kupu

Teknik gaya berenang ini terbilang cukup sulit. Meskipun begitu, berenang dengan gaya kupu-kupu adalah teknik yang paling ampuh untuk menurunkan berat badan karena menguras banyak kalori.

Berikut langkah untuk melakukan gaya renang kupu-kupu:

  • Mengapung dengan menghadap ke air.
  • Gerakkan tubuh dari kepala hingga ke ujung kaki dengan Gerakan menekuk dan meluruskan lutut seperti gaya lumba-lumba.
  • Pastikan jarak kedua kaki berdekatan.
  • Masukkan kedua tangan dalam air secara bersamaan dengan posisi lengan sejajar dengan bahu.
  • Dayung lengan hingga ke pinggul untuk ciptakan dorongan.
  • Tarik lengan ke atas permukaan air dan ulangi kembali langkah sebelumnya.

Nah itulah 4 jenis gaya renang yang bisa kamu pelajari. Selamat mencoba! 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published.