Selain Gurih Dan Legit Ternyata Banyak Tersimpan Khasiat Amparan Tatak Pisang Khas Kalimantan Selatan

amparan tatak pisang khas kalimantan selatan

Selain kaya akan keragaman budayanya, Indonesia juga dikenal memiliki sejuta makanan khas yang unik dan bikin ketagihan. Salah satu diantaranya adalah Amparan Tatak Pisang. Mungkin banyak yang masih belum terlalu kenal dengan kuliner khas Kalimatan Selatan yang satu ini. Padahal selain memiliki citarasa nomor wahid, ternyata juga menyimpan beragam khasiat untuk kesehatan. Tidak jauh berbeda dengan belajar bahasa inggris yang memiliki nasib yang sama, banyak manfaat tapi tidak banyak yang menyadari.

Sebagai negara tropis, wajar saja jika Indonesia memiliki berbagai jenis panganan khas yang mengandung rempah-rempah seperti kunyit, jahe, serta berbagai tumbuhan alami penyedap rasa seperti halnya daun pandan yang dicampurkan ke kuliner Amparan Tatak Pisang.

Amparan Tatak Pisang merupakan kue dengan bahan dasar tepung beras dan juga ketan. Kue ini dikenal memiliki tekstur lembut serta memiliki rasa manis yang pas. Wajar saja jika menjadi salah satu kue favorit yang ada di Kalimantan Selatan.

Selain itu, cara pembuatannya juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Biasanya kue ini disajikan di atas daun pisang pada acara-acara penting di Banjarmasin serta bisa dengan mudah kamu jumpai ketika bulan puasa.

Sejarah Amparan Tatak Pisang Khas Kalimantan Selatan

amparan tatak pisang dari kalimantan
Image Source: detikfood[dot]com
Amparan Tatak Pisang ini berasal dari kata hamparan dan tatak yang memiliki arti potongan. Banyak versi yang mengatakan jika sebenarnya nama asli dari Amparan Tatak Pisang adalah Nangka Susun.

Sebab pada mulanya Amparan Tatak hanyalah bagian potongan dari kue Nangka Susun itu sendiri, yang merupakan lapisan kue yang berupa adonan tepung beras dan santan lembut.

Pada awal kemunculannya, Amparan Tatak Pisang ini merupakan panganan khusus para kaum ningrat kerajaan Banjar dan juga kerajaan Daha. Seiring berjalannya waktu, kue ini menjadi salah satu warisan budaya kuliner khas Kalimantan Selatan serta bisa dicicipi oleh masyarakat umum.

Menariknya lagi, ada kepercayaan dari masyarakat Banjar ketika sedang membuat kue-kue khas Banjar tidak boleh dalam keadaan haid. Termasuk diantaranya ketika membuat Amparan Tatak Pisang ini.

Menurut kepercayaan masyarakat Banjar, jika pantangan ini dilanggar, kue yang dibuat nantinya akan rusak, entah rasanya, warna kuenya, atau bahkan lapisan kue posisinya bisa berubah.

Terlepas dari itu semua, Amparan Tatak Pisang ini adalah salah satu kudapan yang cukup populer sebagai salah satu makanan khas selama bulan Ramadhan khusunya di Kota Banjarmasin.

Bahkan saat ini tidak hanya di daerah Banjarmasin saja, Amparan Tatak Pisang juga sudah menyebar hingga ke Kalimantan Tengah dan Timur dengan mendapatkan sedikit modifikasi.

Khasiat Amparan Tatak Pisang Bagi Kesehatan

amparan tatak pisang khas panjar
Image Source: vemale[dot]com
Selain dikenal sebagai kue basah dengan citarasa manis dan gurih, keistimewaan lain dari Amparan Tatak Pisang terdapat pada potongan pisangnya yang dikenal memiliki banyak khasiat terutama untuk kesehatan.

Selain itu, kuliner khas Kalimantan Selatan yang satu ini juga terbilang mudah dibuat serta tidak membutuhkan waktu lama saat membuatnya. Oleh sebab itu sangat pas jika dijadikan sebagai kue alternatif sebagai cemilan keluarga di rumah. Apalagi kue Amparan Tatak Pisang ini dikenal bebas dari bahan pewarna dan bahan pengawet.

Dan ternyata pisang yang terdapat di dalam kue basah khas Kota Banjar yang satu ini selain menambah keistimewaan rasanya, juga memiliki nilai plus tersendiri dari sudut pandang kesehatan.

Pisang sendiri dikenal sebagai buah yang kaya akan kandungan vitamin C, B Kompleks, kalium, kalsium, fosfor, magnesium, dan zat besi. Selain itu, kandungan kalori yang cukup kecil pada pisang ini membuatnya cocok untuk dijadikan sebagai makanan diet sehat.

Cara Membuat Kue Amparan Tatak Pisang

resep amparan tatak pisang khas kalsel
Image Source: masakandapurku[dot]com
Setelah tahu sejarah dan juga khasiatnya, sekarang waktunya untuk belajar bagaimana cara membuat kue Amparan Tatak Pisang:

Siapkan Bahan-Bahan

1. Siapkan 10 buah pisang raja kemudian potong melintang sekitar ½ cm.
2. Siapkan juga 250 gr tepung beras.
3. Lalu 1 sdt vanili.
4. Kemudian 200 gr gula.
5. Jangan lupa untuk menyiapkan juga 800 ml santan cair.
6. Dan yang terakhir siapkan juga ½ sdt garam.

Siapkan Bahan Tambahan

1. 250 ml santan kental
2. Lalu ½ sdt garam
3. Dan 75 gr tepung beras.

Barulah kemudian kue Amparan Tatak Pisang siap untuk dibuat. Untuk cara membuatnya adalah seperti ini:

Campurkan Bahan yang Telah Disediakan

Campurkan terlebih dahulu tepung beras, santan, gula, vanili, dan garam lalu aduk sampai rata serta semua bahan tercampur semua.

Masukkan Pisang ke Adonan Bahan

Lanjutkan dengan memasukkan potongan pisang tadi kemudian aduk rata kembali. Setelah itu, tuang adonan tadi ke dalam loyang persegi 20 cm yang sebelumnya sudah dioles dengan minyak serta sudah dialasi dengan menggunakan plastik tahan panas.

Kukus Adonan Makanan

Kukus adonan yang telah dimasukkan kedalam Loyang di dalam dandang panas kira-kira 30 menit sampai adonan matang.

Menambahkan Lapisan Adonan

Campur lapisan 2 kemudian tuangkan ke lapisan 1 lalu kukus kembali selama kira-kira 45 menit atau sampai kue Amparan Tatak Pisang matang.

Nah dengan resep ini, kamu tidak perlu jauh-jauh datang langsung ke Kalimantan hanya untuk mencoba kue ini. Karena kamu juga bisa membuat sendiri kue Amparan Tatak Pisang di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *