Aktivitas Outdoor Apa yang dapat Menstimulasi Kecerdasan Anak

Membiarkan anak untuk beraktivitas di dalam rumah memang merupakan hal yang menyenangkan dan pastinya lebih mudah bagi anda sebagai orang tua untuk mengawasi. Namun terkadang anak-anak juga perlu untuk diajak bermain di luar rumah agar anak semakin mengenal dunia luar dan sebagai sarana penyegaran bagi anak sehingga anak tidak bosan karena terus menerus melakukan kegiatan di dalam rumah. Melakukan kegiatan di luar rumah juga mendatangkan manfaat, dari segi kesehatan melakukan aktivitas di luar dan terpapar sinar matahari membuat anak dapat merasakan manfaat dari vitamin D dan aliran oksigen yang berasal dari luar rumah akan membuat fungsi kerja otak menjadi maksimal.

Apabila kebutuhan oksigen terpenuhi dengan baik, maka kemampuan otak anak dapat meningkat. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk mengajak anak anda bermain di luar rumah.

Beraktivitas di luar rumah dapat membantu mengembangkan daya imajinasi anak. Kemudahan akses pada teknologi dan gadget pada keseharian anak dapat membuat anak menjadi malas untuk berpikir dan kurang dapat memaksimalkan kreativitas. Oleh karena itu perlu bagi anda untuk mengajak anak melakukan aktivitas di luar rumah agar anak dapat melihat lingkungan sekitar atau bahkan pemandangan yang sulit ia temui di kehidupan sehari-hari sehingga ia akan lebih mudah berimajinasi. Berada di dalam rumah dengan keluarga merupakan hal yang baik, namun bersosialisasi di luar rumah dengan teman sebaya misalnya, juga lebih baik. Anak akan terbiasa dengan situasi yang lebih nyata dan belajar mengatasi masalah dengan melibatkan orang lain apabila dibiarkan bergaul dan bersosialisasi dengan teman.

Klik Link Temukan ▶ 🇬🇧 Bahasa Inggrisdan Fun Learning English Terbaik di Indonesia hanya di EF!

Ajak anak untuk bergaul dengan demikian ia akan lebih mahir dalam menghadapi lingkungan sekitarnya. Anak juga perlu untuk diajak melakukan aktivitas luar rumah agar anak dapat lebih mengeksplor diri dan lingkungannya. Ajak anak bertamasya menemukan hal yang ia belum pernah temukan sebelumnya seperti pemandangan yang indah dah deburan ombak yang menenangkan.

Mengajak anak melakukan aktivitas outdoor juga bermanfaat dalam menambah pengetahuannya. Apabila anak telah mendapatkan ilmu di dalam rumah dengan teori, ajak anak keluar rumah dan menemukan apa yang tidak dapat ia temukan dalam buku. Seperti apa wujud burung dara di taman kota, kelinci anggora dengan berbagai keistimewaannya dan lain-lain. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat bagi proses belajar anak. Ajak anak anda merasakan pengalaman belajar di luar rumah karena hal ersebut juga dapat meningkatkan motivasi anak dalam belajar. Apabila di dalam ruangan anak terlalu sering membaca dan mendengarkan materi, ajak anak keluar dan merasakan senangnya melakukan hal hal yang ia senangi seperti berlari, berkejaran tentunya sebagai salah satu metode belajar, agar ia tetap senang dan dapat mengekspresikan dirinya.

Jenis Kegiatan Outdoor yang Dapat Dilakukan oleh Anda dan Anak

Setelah mengetahui manfaat dari kegiatan anak di luar rumah, lalu kira-kira apa saja yang dapat dilakukan oleh orang tua dan anak dalam mengisi kegiatan di luar rumah, ya? Tidak perlu kegiatan yang rumit, cukup dengan hal yang sederhana namun anak tetap dapat menikmati setiap prosesnya, seperti mengajak anak bermain di taman bermain di sekitar rumah untuk mengajak anak merasakan bermain permainan yang dapat melatih fisiknya,, seperti papan luncur, ayunan, jungkat jungkit dan permainan yang mengharuskan anak memanjat lalu turun kembali. Selain itu anda juga dapat mengajak anak untuk melakukan permainan tradisional seperti engklak, gobak sodor maupun permainan tradisional lainnya. Selain melatih fisik anak, anda juga dapat memperkenalkan permainan tradisonal kepada anak sebelum adanya gadget.

Berbicara tentang hal yang tradisional, anda juga dapat mengaajak anak untuk melakukan aktivitas yang belum ia ketahui sebelumnya seperti bercocok tanam. Selain menambah pengetahuan anak tentang teori yang ia ketahui sebelumnya seperti proses tumbuhnya tanaman, anda juga dapat memberi anak pengetahuan tentang teknik bercocok tanam atau proses bagaimana sayuran yang ia konsumsi sehari-hari dihasilkan. Pasti sangat menyenangkan!

Kegiatan lain yang membutuhkan fisik yang kuat anak adalah mendaki. Terdengar ekstrim namun anda dapat memulai dari hal yang sederhana dan pastinya anda perlu melatih kesiapan fisik anak.
Gunung Bromo atau Gunung Tangkuban Perahu

Mendaki tidak perlu di gunung tinggi, anda dapat mencoba mengajak anak untuk mendaki bukit dengan ketinggian yang mudah dijangkau dan medan yang mudah. Atau anda dapat mengajak anak berwisata ke gunung yang memang biasa dijadikan objek wisata seperti yang tidak memerlukan tenaga ekstra dalam mendaki. Selain melatih fisik, anda juga dapat mengajak anak menikmati indahnya ciptaan Tuhan. Masih banyak kegiatan luar ruangan yang dapat anda lakukan bersama buah hati. Jadi, apakah anda tertarik untuk mengajak anak melakukan aktivitas outdoor?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *