7 Prangko Yang Paling Diburu Oleh Para Philately Di Seluruh Dunia

Apa itu Belajar Online

Filateli atau philately (bahasa Inggris) atau philatélie (bahasa Prancis) adalah aktivitas atau hobi mengumpulkan prangko dan juga benda-benda pos lainnya, contohnya seperti Sampul Harian Pertama.

Gratis Free Placement Test di EF, lebih detail klik link ini PROMO GRATISBelajar Inggris di EF English First semakin menyenangkan!

Pengumpulan benda-benda pos seperti ini kebanyakan memprioritaskan edisi lama, meskipun edisi baru juga banyak yang dikumpulkan. Dan semakin tua usia benda pos tersebut, maka harganya juga akan semakin melonjak tinggi.

Bahkan ada beberapa perangko yang memiliki harga sangat mahal. Dan jika berhasil mendapatkannya, akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi para philately ini, Anda akan banyak mendapatkan referensi prangko langka jika menggunakan bahasa Inggris dalam kolom pencarian google, kursus bahasa Inggris akan sangat membantu dalam pengoleksian prangko ini, karena banyak prangko langka justru berasal dari luar negeri.

Koleksi Prangko Paling Mahal Di Dunia

filateli
www.mostluxuriouslist.com

Bagi yang tidak terlalu suka dengan prangko, dijamin akan berpikir dua kali untuk membeli perangko ini. Tetapi lain halnya bagi orang yang memiliki hobi philately, tentunya akan diusahakan dengan sekuat tenaga supaya bisa menebus harganya.

Namu apakah hal seperti ini juga berlaku untuk ketujuh perangko paling mahal yang ada di dinia ini? Apalagi ketujuh perangko ini paling banyak diburu oleh para philately meskipun dibandrol dengan harga yang sangat mahal.

1. The Three Skilling Yellow

Sebenarnya ini adalah prangko salah cetak terbitan dari pemerintah Swedia yaitu pada cetakan pertamanya di tahun 1855. Apalagi Three Skilling Yellow ini adalah salah satu perangko paling langka dan hanya satu-satunya yang tersisa.

Pada tahun 1984 saja perangko ini terjual dengan harga 977.500 Swiss Francs yang dibeli oleh David Feldman. Dan bahkan di tahun 1990, perangko ini sudah berharga satu juta dolar USD.

Di tahun 1996, perangko Three Skilling Yellow ini terjual dengan harga $ 2,3 juta atau sekitar Rp 21,85 milyar. Bisa dibilang perangko ini setiap kali terjual pasti selalu mencetak record angka tertinggi sebagai perangko paling mahal di dunia.

2. The First Two Mauritius

Prangko The First two Mauritius Stamps (1847) ini adalah dua seri perangko pertama yang diterbitkan oleh pemerintah kolonial Inggris. Bahkan saat ini hanya tersisa satu buah perangko pertama dengan kondisi unused dan ada tiga buah prangko kedua dengan kondisi unused juga.

Pada tahun 1993, David Feldman melelang perangko Mauritius yang dimiliki oleh Hiroyuki Kanai dan behasil mecetak record tertinggi. Bahkan untuk perangko yang pertama dengan warna orange berhasil terjual dengan harga $ 1,072,260 atau setara dengan Rp 10 Milyar dan yang kedua berhasil terjual dengan harga $ 1,148,850 atau setara lebih dari Rp 10 Milyar.

3. The Inverted Jenny

filateli
upload.wikimedia.org

Prangko ini merupakan perangko Amerika di tahun 1918 bergambar pesawat Curtiss JN-4 yang tidak sengaja tercetak terbalik. Kejadian ini bisa dikatakan sebagai salah cetak paling terkenal di duna filateli Amerika.

Dikarenakan hanya tersisa 100 perangko saja, membuatnya menjadi salah satu perangko paling diburu dan paling berharga di dunia saat ini. Hanya satu blok penuh perangko Inverted Jenny ini tejual US$ 2,7 juta pada lelang Robert A. Siegel pada bulan Oktober 2005.

4. Brititsh Guiana One Cent Black on Magenta

Sebenarnya prangko British Guiana One Cent Black on Magenta (1856) ini dicetak di atas kertas dengan kualitas rendah berwarna magenta dengan tinta hitam lantaran kondisi darurat.

Dikarenakan hanya ada satu buah yang tersisa di seluruh dinia, menjadikan prangko ini menjadi salah satu yang paling langka dan paling diburu oleh para philately. Pada tahun 1980 saja prangko ini berhasil dilelang kepada John Dupont dengan harga $ 935,000 atau setara dengan Rp 8,8 Milyar.

5. U.S. Feanklin Z-Grill

Bisa dibilang U.S. Franklin Z-Grill (1867) ini merupakan prangko telangka dari semua prangko Amerika Serikat. Tercatat hanya ditemukan 2 buah saja yang tersisa saat ini. Wajar saja jika harganya juga sangat mahal.

Bahkan pada tahun 1988 saja prangko Z-Grill 1 cent tahun 1868 berhasil terjual dengan harga $ 930,000 atau setara dengan Rp 8,8 Milyar.

6. Hawaiian Missionaries

Hawaiian Missionaries (1851) ini merupakan perangko pertama Hawai. Sampai saat ini tinggal beberapa perangko saja yang berhasil diselamatkan. Nominal terendah adalah 2 cent tahun 1851 dan terbilang yang paling langka dari semua seri dan bahkan hanya tersisa 16 buah saja.

Prangko Missionary 2 cent dengan kondisi mind (unused) dibandrol dengan harga $ 760,000 dan yang kondisi used dibandrol dengan hara $ 225,000.

7. The Penny Black

The Penny Black ini merupakan perangko berperekat resmi pertama di dunia. Prangko ini diterbitkan oleh pemerintah Inggris pada tanggal 1 Mei 1840 dan mulai dipergunakan pada tanggal 8 Mei.

Pada dasarnya The Penny Black ini bukanlah perangko yang langka, akan tetapi masuk dalam kategori prangko termahal. Sebuah prangko The Penny Black unnesed (belum dipakai) pada tahun 2001 seharga $ 3,000 atau setara dengan Rp. 28.500.000 dan yang used (sudah dipakai) seharga seharga $180 atau setara dengan Rp 1.700.000 selembarnya.

Memang jika dilihat sangat tidak masuk akal untuk harga sebuah prangko. Namun bagi yang mempunyai hobi philately, harga segitu bukanlah menjadi persoalan. Dan pastinya akan ditebus jika ada kesempatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *