7 Khasiat Peuyeum Bandung Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Peuyeum Bandung yang di dalam bahasa Indonesianya disebut dengan tape adalah salah satu jenis makanan khas tanah Pasundan. Berdasarkan dari bahan dasarnya, peuyeum ini dibedakan menjadi dua jenis.

Apa itu Peuyeum? Pertama adalah peuyeum yang terbuat dari singkong yang biasanya bisa dengan mudah Anda jumpai di pusat oleh-oleh khas Bandung dan yang kedua adalah peuyeum yang dibuat dari beras ketan yang sudah difermentasikan.

Image Source: priangantimur.com

Peuyeum ini umumnya dijual dengan cara digantungkan dilangit-langit depan warung di pinggiran jalan. Selain itu Anda juga bisa menemukan penjual peuyeum keliling. Namun untuk saat ini sudah jarang ditemukan.

Sejarah Dari Peuyeum Khas Sunda

Berdasarkan sejarahnya, daerah Bandung ini memang memiliki cuaca yang dingin disebabkan dikelilingi oleh pegunungan. Orang-orang Bandung zaman dahulu memanfaatkan singkong yang banyak tumbuh di daerah Bandung untuk dibuat peuyeum.

Sebab orang-orang Bandung zaman dahulu percaya jika peuyeum ini memiliki khasiat sebagai penghangat tubuh. Khasiat tersebut didapatkan dari hasil dari fermentasi. Peuyeum ini berasal dari bahasa Sunda. Masyarakat Sunda juga mengenal peuyeum dengan sebutan peuyeum sampeu.

Manfaat peuyeum Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Image Source: blogspot.com

Selain memiliki rasa yang legit, peuyeum Bandung dikenal juga memiliki banyak sekali khasiat. Untuk beberapa khasiat dari peuyeum Bandung adalah sebagai berikut ini:

1. Mencegah Anemia

Peuyeum atau yang dikenal juga dengan tape singkong ini dikenal bisa membantu untuk mencegah anemia. Anemia ini disebabkan lantaran turunnya produksi sel darah merah sehingga mengakibatkan tubuh lemah dan tidak bertenaga.
Dikarenakan adanya proses fermentasi pada saat membuat peuyeum ini, menjadikan di dalam peuyeum mengandung berbagai jenis mikroorganisme yang bisa membantu meningkatkan produksi dari vitamin B12.
Dan vitamin B12 ini memiliki peran bisa membantu mengoptimalkan produksi sel darah merah sehingga pada akhirnya tubuh tidak kekurangan sel darah merah lagi.

2. Bisa Mengatasi Darah Tinggi

Selain bisa mengatai anemia, peuyeum juga memiliki kemampuan untuk mengatasi darah tinggi. Darah tinggi ini jika tidak segera diobati akan sangat berbahaya, sebab darah tinggi bisa menjadi penyebab timbulnya berbagai jenis penyakit lain yang lebih berbahaya lagi.
Alasan kenapa peuyeum ini bisa mengatasi darah tinggi lantaran makanan yang satu ini merupakan salah satu sumber kalsium dan bisa berfungsi mengatur tekanan darah serta dapat menjaga detak jantung serta memelihara kesehatan pembuluh darah Anda.

Cara belajar bahasa Inggris yang efektif ada di sini.

3. Sebagai Sumber Probiotik

Peuyeum ini dalam proses pembuatannya diproses secara fermentasi yang didalamnya melibatkan berbagai jenis mikroorganisme yang ternyata sangat bagus untuk menghasilkan cairan probiotik.
Selaitan itu, kandungan air yang umumnya terdapat pada peuyeum ini ternyata bisa menjadi zat yang sangat ampuh untuk melawan bakteri jahat yang ada di dalam saluran pencernaan.

Dan tidak hanya itu saja, peuyeum ini juga dikenal memiliki khasiat bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan bisa berfungsi sebagai anti racun.

4. Penghangat Tubuh

Kandungan yang ada di dalam peuyeum ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesehatan tubuh lantaran adanya senyawa alkohol dalam kadar yang ringan. Maka dari itu sangat wajar jika peuyeum ini memiliki kemampuan sebagai penghangat tubuh.

5. Membuat Tubuh Lebih Berenergi

Peuyeum ini dikenal juga sebagai sumber karbohidrat yang tinggi. Maka dari itu, dengan mengkonsumsi peuyeum ini bisa memberikan efek yang sama seperti pada saat Anda makan nasi atau jenis makanan sumber karbohidrat lainnya.
Dan karbohidrat ini akan menjadi sumber energi yang sangat baik bagi tubuh serta membantu pencernaan protein yang selanjutnya akan membuat tubuh menjadi lebih segar lagi.

6. Obat Jerawat

Selain memiliki manfaat bagi kesehatan, peuyeum juga memiliki manfaat dalam hal kecantikan. Peuyeum ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat. Kandungan zat yang ada di dalam peuyeum ini bisa berfungsi sebagai anti racun yang akan membantu tubuh menetralisir racun menumpuk pada permukaan pori-pori kulit.
Dan umumnya pori-pori kulit yang banyak mengandung kotoran inilah yang akan ditumbuhi oleh jerawat. Maka dari itu dengan bersihnya pori-pori kulit dari kotoran ini secara otomatis jerawat enggan untuk datang.

7. Makanan untuk Diet

Peuyeum dikenal sebagai makanan yang rendah kandungan lemaknya. Namun peuyeum mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Maka dari itu sangat cocok jika dijadikan sebagai makanan untuk diet.

Apalagi peuyeum ini juga dikenal cukup kaya akan kandungan serat larut dalam air, sehingga bisa membuat organ pencernaan Anda menjadi semakin sehat. Hal inilah yang menjadikan peuyeum ini sebagai makanan penurun berat badan secara alami.

Makanan yang pada awalnya hanya untuk penghangat badan, ternyata didalamnya juga tersembunyi berbagai khasiat lainnya. Maka dari itu wajar saja jika peuyeum ini disebut sebagai salah satu makanan sehat khas Sunda.

One Reply to “7 Khasiat Peuyeum Bandung Bagi Kesehatan dan Kecantikan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *