5 Tempat Skydiving yang Dijamin Menguji Adrenalin

skydiving dari pesawat

Pasti sudah banyak yang tidak merasa asing dengan skydiving, sebuah kegiatan yang seru walaupun memang cukup menegangkan. Kamu masih merasa asing dengan istilah ini? Itu tandanya sudah waktunya kamu untuk belajar bahasa inggris nih.

Skydiving atau yang lebih familiar dengan sebutan terjun payung ini adalah kegiatan dimana yang dilakukan dengan keluar dari pesawat maupun melompat dari ketinggian dan kembali lagi ke bumi dengan menggunakan sebuah parasut.
Sejarah dari skydiving sendiri dimulai dari Andre Jacques Garnerin yang membuat sebuah parasut untuk digunakan melompat dari sebuah balon udara panas pada tahun 1797 hingga akhirnya skydiving menjadi olahraga Internasional pada tahun 1952.

Di dalam skydiving sendiri ada tiga jenis karakter yang perlu kamu ketahui, yaitu ketepatan mendarat, kerja sama di udara, dan juga kerja sama antar kanopi. Dari ketiga jenis ini tentunya memiliki tingkat kesulitan sendiri-sendiri serta kepuasan masing-masing.

Alam Dan Perkotaan Jadi Satu

Di Indonesia, bisa dikatakan skydiving merupakan perpaduan antara alam dan perkotaan. Mengapa demikian? Ketika kamu menjatuhkan diri dari dalam pesawat, seketika itu juga kamu bisa melihat keindahan alam yang hanya bisa kamu nikmati ketika sedang berada di atas.

Mulai dari gunung, laut, serta hamparan awan yang sangat luas menjadi beberapa poin keindahan yang bisa kamu nikmati saat sedang melakukan skydiving di Indonesia. Lalu bagaimana dengan menikmati suasana perkotaan atau urban tadi?

Nah, hal ini karena Indonesia sendiri memiliki beberapa dropzone skydiving seperti di Jakarta, Bandung, dan juga Yogyakarta yang dilakukan di bandar udara militer. Oleh sebab itu kamu juga akan disuguhkan dengan begitu masif dan padatnya pemukiman yang ada di Indonesia.

Ikuti Video Wisata Jakarta bersama Iona dan Ebba (Sweden) : EF.ID/wisatajakarta

Tentu saja hal semacam ini akan memberikan perspektif yang berbeda dibanding jenis olahraga ekstrem lainnya, misalnya saja seperti paragliding yang umumnya menjadikan alam sebagai zona mendarat.

Tapi kalau kamu menginginkan melakukan skydiving yang sekaligus juga menyuguhkan zona keindahan alam, satu-satunya zona mendarat hanya ada di Manado. Zona mendaratnya adalah di area Mega Mas, sebuah lokasi reklamasi di pinggir pantai Manado.

Ketika melakukan skydiving di sana, pemandangan yang disuguhkan mulai dari laut yang tenang, perbukitan yang menjulang, area perkotaan ramai, dan juga pusat perbelanjaan.

5 Tempat Skydiving Terbaik Di Dunia

Bagi para pecinta olahraga yang satu ini, rasanya kurang lengkap jika belum menjajal 5 trak skydiving terbaik di dunia ini. Nah dimana saja ya kira-kira?

Gurun Pasir Namib di Nambia

gurun namib spot skydiving
Image Source: blogspot[dot]com
Memiliki bukit pasir berwarna jingga dan selalu berubah serta gelombang yang berguling dari Samudra Atlantik menjadi pemandangan yang bisa kamu nikmati selama proses skydiving di Gurun Namib ini. Skydiving di Gurun Namib ini dilakukan dari ketinggian 13.000 kaki dari permukaan laut.

Gunung Everest di Nepal

skydiving di gunung everest
Image Source: goodnewsfromindonesia[dot]id
Bagi kamu yang ingin mencari lokasi skydive terekstrim serta tertinggi di dunia maka Nepal adalah tempatnya. Bahkan lokasi skydive di Nepal ini dikatakan sebagai yang tertinggi di dunia.

Menariknya, sampai sekarang tercatat hanya 152 orang yang pernah mencoba terjun secara individual di lokasi skydive yang satu ini. Sebab butuh nyali lebih serta banyak persiapan lain yang harus kamu lakukan.

Bagi kamu yang ingin mencoba terjun bebas sambil melihat pemandangan Gunung Everest dan puncak-puncak yang berada di sekitarnya maka di sinilah tempatnya. Tapi saat melakukan skydiving di Nepal, kamu diharuskan untuk menggunakan oksigen tambahan karena kamu harus mulai melompat dari ketinggian 29.500 kaki dari permukaan laut.

Interlaken di Swiss

spot skydiving interlaken
Image Source: holidaystoeurope[dot]com
Untuk para skydiver yang mencari tempat terjun diantara puncak pegunungan, tidak hanya Everest yang menawarkan pemandangan tersebut. Kamu juga bisa memilih Interlaken yang ada di Swiss.

Tempat ini juga menawarkan skydiving ke arah danau, glaster, serta hutan yang ada di pegunungan Alpen Swiss. Apalagi kota Interlaken ini juga dikenal sebagai tempat transit untuk para petualang alam bebas serta memiliki pemandangan yang sangat eksotis dilihat dari ketinggian 13.000 kaki dari permukaan laut.

Moab, Utah, di Amerika Serikat

spot skydiving moab utah
Image Source: moahadventurecenter[dot]com
Lokasi skydiving yang satu ini berada di tengah ngarai berbatu merah. Dengan melompat dari ketinggian sekitar 13.000 kaki dari permukaan laut, pada skydiver bisa melihat daerah Moab, Taman Negara Dead Horse, Sungai Colorado, dan juga Taman Nasional Canyonland.

Dubai

skydive di dubai
Image Source: travelandleisure[dot]com
Siapa yang masih meragukan indahnya Dubai sebagai kota metropolitan lengkap dengan berbagai keindahan kota serta gedung pencakar langitnya. Menariknya, semua itu bisa kamu nikmati dari atas dengan cara skydive.

Kamu nantinya akan skydive tepat di atas Palm Island, sebuah pulau buatan yang sangat terkenal di Dubai. Selain itu, kamu juga bisa melihat dua gedung pencakar langit paling terkenal di dunia, apalagi jika bukan Burj Khalifa dan Burj Al-Arab hanya dalam sekali lompatan.

Nah itu dia beberapa tempat di dunia yang dikenal sebagai tempat skydiving terbaik. Walaupun sebenarnya banyak sekali lokasi skydiving di Indonesia yang tak kalah eksotisnya dari tempat-tempat tadi yang wajib untuk kamu coba dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *