5 Rock Climber Terbaik Dunia Yang Perlu Kamu Tahu

Posted on
teknik memanjat tebing

Ada yang sudah tahu apa itu rock climbing atau panjat tebing? Jika dilihat dari Wikipedia, rock climbing is an activity in which participants climb up, down or across natural rock formations or artificial rock walls. Hayo ada yang belum mengerti arti pengertian diatas? Berarti sudah saatnya kamu harus mendaftar belajar bahasa Inggris nih.

Pada intinya, rock climbing atau panjat tebing adalah sebuah kegiatan yang termasuk memanjat, turun, atau melewati formasi batuan alam atau dinding batu buatan. Walau terlihat ekstrim, ternyata banyak juga loh manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu melakukan olahraga ini. Bahkan, untuk cabang olahraga ini, Indonesia berhasil merebut medali emas di Asian Games kemarin loh. Yuk simak paparannya Apa Itu Rock Climbing!

Sejarah Rock Climbing

Ternyata olahraga Panjat Tebing disinyalir telah dimulai sejak kuartal terakhir abad ke 19, yang berawal dari 3 area di Eropa, yakni Gunung Elbe Sandstone di Saxony, Jerman; Daerah utara Inggris; dan Dolomites di Italia. Kegiatan ini dianggap menjadi sebuah bentuk olahraga di tahun 1880. Pioneer dari Panjat Tebing atau di Inggris dikenal dengan Father of Rock Climbing adalah Walter Parry Haskett Smith.

Di Indonesia sendiri, olah raga ini mulai muncul saat tebing 48 di Citatah Bandung dipakai sebagai tempat latihan TNI AD di tahun 1960. Namun, pemanjatan modern sendiri dimulai di tahun 1977 saat Harry Suliztiarto membentuk Skygers sebagai kelompok pemanjat tebing pertama di Indonesia. Skygers juga menjadi kelompok panjat tebing pertama yang mengambil panjat tebing sebagai sebuah spesialisasi. Skygers bahkan menjadi kelompok panjat tebing yang memiliki peralatan terlengkap di Indonesia.

Perbedaan Rock Climbing dan Wall Climbing

Banyak yang sering menganggap bahwa kedua olah raga ini merupakan jenis olahraga yang sama. Walaupun sebenarnya anggapan tersebut tidaklah salah, tapi kamu juga harus tahu bahwa kedua olahraga ini sebetulnya memiliki perbedaan loh.

Sesuai namanya, Rock Climbing merupakan kegiatan dimana kamu memanjat sebuah batu, sedangkan Wall Climbing, kegiatan yang dimana kamu menggunakan dinding sebagai media memanjat. Umumnya, Rock Climbing dilakukan di batu alam yang terjal dan cukup berbahaya. Kebalikan dari itu, Wall Climbing umumnya merupakan sebuah kegiatan indoor. Disini, peserta akan memanjat sebuah dinding buatan yang dibuat menyerupai tebing berbatu. Batu-batu buatan ini digunakan sebagai tempat kamu berpijak saat melakukan pemanjatan.

Jika kamu ingin menjadi atlit panjat tebing ini, kamu bisa mulai mencoba dengan melakukan Wall Climbing terlebih dahulu. Walaupun terlihat lebih mudah, tapi kamu bisa melatih konsentrasi dan keahlian kamu untuk memanjat disini.

5 Climber Terbaik di Dunia

Adam Ondra

Image Source: youtube[dot]com
Di dunia Climbing, nama Adam Ondra sudah tidak asing lagi. Climber yang berasa dari Ceko ini, terkenal sebagai climber pertama yang menaklukkan rute 9b+ dan 9c (tingkat kesulitan tertinggi) dan berhasil menjadi satu-satunya yang pernah menjuarai Lead dan Bouldering World Cups and Championship.

Ondra mulai menjadi seorang pemanjat di usia 6 tahun, dan terus memiliki prestasi yang meningkat tiap tahunnya. Usia Ondra juga terhitung muda loh, kini ia berusia 25 tahun dan di usia 13 tahun dulu dia sudah bisa menaklukkan rute 9a. Keren ya!

Chris Sharma

pemanjat tebing terbaik
Image Source: chrissharma[dot]com
Selain Adam Ondra, Chris Sharma juga dikenal sebagai salah satu pemanjat terbaik di dunia. Jika penakluk pertama rute 9b+ dan 9c dipegang oleh Ondra, Sharma dikenal sebagai pemanjat pertama rute 9a, 9a+, 9b, dan deep-water solo. Dan menjadi pemanjat kedua yang menaklukkan 9b+ setelah Ondra.

Lena Herrmann

pemanjat tebing dari jerman
Image Source: rockandice[dot]com
Perempuan asal Jerman ini menjadi kebanggaan negaranya dalam bidang panjat tebing. Climber ini juga telat memenangkan beberapa kompetisi seperti German Youth Championship di tahun 2012, dan Junior European Cup di tahun 2013. Herrmann juga berhasil menjadi climber perempuan pertama yang menaklukkan rute yang memiliki tingkat kesulitan 8c+, Battle Cat.

David Lama

pemanjat tebing david lama
Image Source: bergzeit[dot]de
David Lama merupakan climber yang berasal dari Austria. Di tahun 2006, ia memenangkan World Cup dan tercatat sebagai pemenang World Cup termuda. Dia menjadi climber pertama yang mampu menaklukkan Cerro Torre dengan rute dan tingkat kesulitan 8a.

Alex Honnold

free solo climber
Image Source: kvpr[dot]org
Alex Honnold merupakan free solo climber dan pendaki gunung ekstrem dari Amerika. Salah satu prestasi terbesarnya adalah dengan menaklukkan El Capitan di Lembah Yosemite pada rute Freerider dengan teknik free solo climbing.

Untuk kamu ketahui, teknik free solo climbing berarti Honnold memanjat tebing tersebut tanpa menggunakan pengaman apapun seperti tali. Di tahun 2014, Honnold kembali memanjat rute El Sendero Luminoso dengan tingkat kesulitan 7c+ di Meksiko, lagi-lagi dengan teknik free solo. Hebat ya!

Itu dia hal-hal yang harus kamu ketahui mengenai Rock Climbing dan 5 climber terbaik di dunia. Semoga bisa menginspirasi kamu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *