5 Idiom Ini Berasal Dari Istilah Olahraga Lho

Posted on
tempat bermain sepak bola

Well berbicara tentang sepak bola, siapa sih yang gatau sepak bola? Sekalipun kamu gak ngikutin tren nya, kamu pasti tahu sedikit tentang cabang olahraga satu ini. Nah kali ini, artikel ini akan membahas mengenai beberapa kalimat yang sering diucapkan di sebuah pertandingan sepak bola yang ternyata juga merupakan idiom! Masih bingung Apa Itu Idiom? Mungkin itu tandanya kamu harus ikut les bahasa Inggris nih.

Definisi Idiom

Idiom merupakan sebuah kata atau kalimat yang memiliki kiasan. Nah mengetahui dan mengerti banyak Idiom dapat menunjukkan luasnya pengetahuan kamu dalam bahasa Inggris. Karenanya, idiom ini sering muncul di berbagai tes bahasa Inggris loh.

Kamu tahu gak sih kalau ternyata satu kalimat idiom bisa memiliki arti yang berbeda sesuai dengan di Negara mana kamu mengucapkannya. Misalnya idiom “kick the bucket.” Di dalam bahasa Inggris, idiom ini digunakan jika seseorang meninggal dunia. Lain lagi jika kamu mencoba mengartikannya di Ukraina, disini kalimat ini berarti “untuk memotong pohon ek” (yang digunakan untuk membuat peti mati); di Jerman, berarti “untuk melihat lobak dari bawah;” atau di Swedia, berarti “mencabut/mencopot tanda.”

Menarik bukan? Walaupun masing-masing bahasa memiliki idiom yang berbeda-beda, tapi banyak juga bahasa yang memiliki idiom yang setara dengan bahasa lainnya.

Dan munculnya Idiom ini pun bisa dari mana saja, salah satunya sepak bola. Seiring dengan berubahnya jaman, banyak kalimat atau istilah-istilah didalam sepak bola yang akhirnya memiliki arti lain atau menjadi idiom. Penasaran? Yuk lihat paparannya.

5 Idiom dari Sepak Bola

pertandingan sepak bola

Game Changer

Idiom ini bisa digunakan untuk sesuatu hal yang dapat menyebabkan perubahan yang signifikan terhadap suatu tindakan atau cara berpikir. Idiom ini umumnya digunakan di dalam komunitas bisnis. Misalnya, sebuah perusahaan berhasil membuat inovasi produk yang belum pernah diproduksi sebelumnya, di situasi seperti ini lah idiom ini bisa digunakan, “this new product could be a game changer for our sales! No same products have been produced.

Blow the Whistle

Nah, jika di pertandingan sepak bola kalimat ini berarti meniup peluit, di dalam idiom kalimat ini memili arti yang berbeda lagi. Kalimat ini digunakan untuk menyebut tindakan yang dilakukan oleh seseorang, dimana seseorang tersebut membocorkan atau mengungkapkan sebuah kegiatan illegal atau yang melanggar peraturan. Orang yang membocorkan sering disebut sebagai whistle-blower. Contoh kalimat yang bisa kamu lihat adalah, “Look! After she’s fired, she blow the whistle on her late company illegal activities.

League

Untuk kamu penyuka sepakbola, pasti tidak asing dengan istilah league atau liga. Liga disini biasanya menyebutkan kelompok sepak bola tertentu, liga Inggris misalnya, dimana liga ini berisi tim-tim sepak bola yang ada di Inggris.

Di dalam idiom, sebetulnya tidak jauh berbeda. League biasanya digunakan untuk menyatakan kelas atau kategori dari sebuah kualitas. Misalnya nih, kamu sedang naksir seseorang, tapi kamu merasa bahwa orang ini sulit untuk kamu dekati karena dia lebih pintar dari kamu. Untuk mengungkapkan perasaanmu, kamu bisa mengatakan “She’s so smart and beautiful, and look at her friend? Uh she’s completely out of my league.Out of my league disini berarti perempuan tersebut jauh dari jangkauan kamu. Seperti itu.

To kick something off

idiom dalam bahasa inggris

Kalimat ini tentu udah akrab banget dong jika kamu berbicara mengenai sepak bola. Nah, ternyata di dalam idiom, to kick something off bukan berarti menendang sesuatu loh. Lalu apa ya artinya? Di dalam idiom, to kick something off berarti untuk menyelesaikan sesuatu. Misalnya, kamu akan melaksanakan sebuah acara, saat tengah rapat panitia, kamu bisa mengatakan ini pada teman kamu, “Come one guys, let’s kick this event off!

To keep one’s eye on the game

Singkatnya, idiom ini memiliki arti ‘fokus dong!” begitu. Mudah diingat bukan? Misalnya kamu sedang mengajari teman kamu mata pelajaran tertentu, tapi teman kamu ini tidak bisa fokus, kamu bisa memberi tahu dia menggunakan idiom ini. “Hey come one, if you want to get a good grades for this subject, keep your eyes on the game”, mudah bukan?
Nah itu dia idiom-idiom yang berasal dari istilah permainan sepak bola. Kamu bisa mempelajarinya dirumah dan menambah kosakata kamu. Selamat belajar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *