5 Gerakan Yoga untuk Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami

Secara etimologi, yoga ini bersal dari bahasa Sansekerta yang memiliki arti penyatuan. Penyatuan di sini memiliki makna penyatuan dengan alam atau penyatuan dengan Sang Pencipta.

Klik Link Temukan Cara ▶ 🇬🇧 Belajar Bahasa Inggris Dasardan Fun Learning English Terbaik di Indonesia hanya di EF!

Sebenarnya yoga ini merupakan salah salu dari enam ajaran yang ada di dalam filsafat agama Hindu. Ajaran ini menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau yang dikenal juga dengan istilah tapa.

Meditasi atau tapa ini adalah dengan cara memusatkan seluruh pikiran supaya bisa mengontrol panca inderanya dan juga tubuhnya secara keseluruhan. Dan orang yang melakukan tapa yoga ini disebut dengan yogais, di Jakarta tempat yoga sudah menjamur seperti tempat les bahasa Inggris.

Sejarah dari Yoga

Ajaran yoga ini dipopulerkan oleh Maharesi Patanjali dan bisa dikatakan sebagai salah satu ajaran yang paling populer di kalangan umat Hindu. Yoga ini merupakan ilmu yang bersifat praktis dari ajaran Veda.

Akar kata dari Yoga adalah Yuj yang memiliki arti hubungan, yakni bertemunya roh individu dengan roh universal. Maharesi Patanjali sendiri mengartikan yoga ini sebagai Cittavrttinirodha, yakni penghentian pikiran sejenak.

Ikuti Video Wisata Jakarta bersama Iona dan Ebba (Sweden) : EF.ID/wisatajakarta


Di dalam sastra Yogasutra yang ditulis oleh Maharesi Patanjali yang merupakan sumber dari ajaran yoga ini terbagi atas empat bagian dan secara keseluruhan kitab tersebut mengandung 194 sutra.

Untuk bagian yang pertama dari Yogasutra ini disebut dengan Samadhipada, kemudian bagian kedua disebut dengan Sadhanapad, lalu bagian ketiga disebut dengan Vibhutipada, dan bagian yang keempat disebut dengan Kailvalyapada.
Gerakan Yoga untuk Mengecilkan Perut Buncit

Siapa yang tidak menginginkan perut yang langsing. Perut yang rata dan juga ramping ini tidak lagi hanya sebuah impian jika Anda berusaha mewujudkannya. Sebab dengan melakukan senam yoga ternyata bisa mengecilkan perut buncit Anda.

Sedangkan untuk beberapa gerakan senam yoga yang berfungsi bisa mengecilkan perut yang buncit adalah sebagai berikut ini:

1. Tadasana

Tadasana
http://stylesatlife.com

Tadasana ini merupakan gerakan yoga yang paling dasar serta paling mudah untuk dipraktikkan. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang baru sekali ini ingin melakukan senam yoga.

Fungsi dari gerakan tadasana ini adalah supaya bisa menguatkan otot bagian perut serta untuk memperlancar peredaran darah dan juga untuk menyeimbangkan kinerja dari otot tubuh secara alami.

2. Pavanamuktasana

Pavanamuktasana juga termasuk gerakan yoga yang santai dan mudah sekali untuk dipraktikkan namun sangat efektif untuk mengecilkan perut yang buncit. Bahkan gerakan Pavanamuktasana ini bisa Anda lakukan di tempat tidur pada saat bagun atau sebelum tidur.

3. Bhujangasana

Gerakan yoga Bhujangasana ini selain dapat melenyapkan lemak membandel di perut, juga sangat cocok untuk kelenturan bagian pinggung serta tulang belakang. Bahkan jika gerakan ini rutin Anda lakukan, bisa mencegah dan juga mengobati berbagai macam penyakit punggung.

4. Dhanurasana

Dhanurasana
www.artofliving.org

Untuk gerakan Dhanurasana ini memang terbilang sulit untuk dipraktikkan, namun gerakan yoga ini juga sangat efektif untuk mengecilkan perut yang buncit. Bahkan tidak hanya ampuh untuk membakar lemak yang menumpuk di perut saja, namun gerakan yoga Dhanurasana ini juga bisa bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh dan juga memperkuat otot punggung juga.

5. Padahastasana

Gerakan yoga Padahastasana ini wajib untuk Anda coba, selain bisa memperkecil perut buncit, gerakan yoga yang satu ini juga bisa membuat Anda pintar, Sebab gerakan Padahastasan ini dapat memperlancar pasokan oksigen ke otak. Dengan demikian, sel-sel yang ada di otak bisa bekerja lebih optimal.

6. Naukasana

Bermimpi memiliki bentuk pertu wanita paling ideal di dunia, maka wujudkan semua itu dengan rutin melakukan gerakan yoga Naukasana ini.

7. Uttanpadasana

Gerakan yoga Uttanpadasana ini selain bisa memperkecil perut buncit, juga dapat mengencangkan otot kaki sekaligus juga akan membuat kaki Anda menjadi lebih cantik dan jenjang.

8. Vrksasana

Vrksasana
i.ytimg.com

Gerakan yoga Vrksasana ini adalah salah satu gerakan yoga yang baru tren saat ini. Pose yang dikenal juga dengan gerakan Willow ini memiliki manfaat memperkuat serta membentuk kedua sisi perut Anda.

9. Chaturaga Dandasana

Gerakan yoga yang satu ini selain memiliki manfaat untuk mengecilkan perut buncit, juga memiliki manfaat untuk memperkuat lengan, bahu, dan juga punggung Anda.

10. Marjarasana

Gerakan yoga untuk mengecilkan perut buncit yang terakhir adalah Marjarasana. Bahkan tidak hanya untuk mengecilkan perut buncit Anda saja, gerakan yoga Marjarasana ini bisa membantu untuk mengontrol emosi.

Marjarasana ini sering disebut dengan yoga untuk semua kalangan, sebab gerakannya sangat cocok untuk siapa saja. Mulai dari pemula dan bahkan juga aman untuk wanita yang sedang hamil sekalipun.

Yoga yang pada awalnya adalah sebuah ajaran filsafat dari agama Hindu, ternyata menyimpan sejuta manfaat untuk manusia. Terutama dalam hal kesehatan. Bahkan gerkaan yoga juga sangat efektif untuk diet. Contohnya saja gerakan yoga di atas yang ternyata bisa efektif untuk mengecilkan perut buncit yang membandel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *