4 Jenis Olahraga Seru Bersama Keluarga

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. berolahraga lebih baik juga tidak percaya? Saat kita bergerak dengan olahraga, sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lebih lancar dan tentunya bermanfaat bagi tubuh kita. Karena manfaat olahraga sangat baik bagi tubuh, tidak salah apabila Anda turut mengajak buah hati untuk berolahraga bersama. Bagi anak, olahraga juga dapat memperbaiki postur tubuh. Tubuh anak akan menjadi lebih tegap, selain itu olahraga dapat merangsang pertumbuhan ideal dan sempurna karena salah satu faktor yang membuat otak dapat bekerja maksimal adalah dengan berolahraga. Berikut adalah contoh olahraga yang dapat dilakukan bersama keluarga.

1. Jogging
Olahraga jogging atau berlari adalah jenis olahraga yang cukup sederhana karena tidak memerlukan peralatan khusus, Anda hanya akan menggunakan sepasang sepatu dan anda siap untuk berlari. Melakukan jogging tidak perlu dipaksakan terlebih bagi para pemula. Anda dapat memulainya dengan sedikit-demi sedikit namun konstan. Apabila anda ingin mengajak anak Anda dalam membiasakan jogging, Anda dapat memulainya dengan berjalan-jalan kecil di taman dekat rumah atau apabila anak Anda sedang tidak ingin diajak berlari, Anda dapat membiarkan anak Anda bermain di sekitaran taman dan melihat Anda berlari sebagai contoh kepada anak. Jogging bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung karena olahraga ini dapat mengencangkan otot jantung, mengendalikan tekanan darah

Klik Link Temukan ▶ 🇬🇧 Bahasa Inggrisdan Fun Learning English Terbaik di Indonesia hanya di EF!

2. Bersepeda
Bersepeda merupakan olahraga yang sederhana namun tetap berkesan. Bersepeda bermanfaat untuk mengendalikan berat badan, bersepeda juga dapat mengurangi risiko penyakit berbahaya seperti kanker dan diabetes. Selain itu bersepeda juga dapat menurunkan berat badan karena dengan bersepeda Anda dapat memastikan bahwa pengeluaran energi lebih besar daripada asupan energi. Namun apabila Anda benar-benar ingin menekuni olahraga sepeda sebagai olahraga yang dapat menurunkan berat badan, Anda perlu untuk mengatur pola makan dan intensitas bersepeda. Perlu diperhatikan untuk orang tua untuk tidak memulai olahraga bersepeda dengan kecepatan yang tinggi dan jarak yang jauh. Anda dapat memulai dengan trek yang pendek karena anak akan mudah kelelahan dan jangan lupa membawa botol minum dari rumah sebagai persediaan bagi Anda dan si kecil.

3. Berenang
Mungkin kebanyakan anak-anak tidak berenang, namun main air. Tapi dengan membiasakan anak untuk merasakan sensasi dalam air kolam dapat membuka keinginan anak untuk dapat berenang dengan berbagai gaya di waktu mendatang. Anda dapat mencontohkan beberapa gerakan dasar dalam berenang seperti menggerakan kedua kaki lalu menirukan gerakan kaki seperti pada gaya katak sebagai modal awal kemampuan anak dalam berenang. Mengajari anak berenang dapat dijadikan modal utama anak dalam keselamatan sebagai bentuk perlindungan dari tenggelam. Berenang dikenal sebagai olahraga yang membutuhkan gerakan dari seluruh otot tubuh. Oleh karena itu olahraga ini dapat membakar kalori lebih cepat dibandingkan berjalan kaki. Berenang bermanfaat bagi kesehatan misalnya dapat menjaga kesehatan jantung, paru-paru dan dapat meningkatkan stamina serta mencegah obesitas pada anak. Olahraga ini juga dapat mengurangi stress pada anak karena daya mengapung di air membuat tubuh menjadi lebih rileks. Setelah mengetahui manfaat olahraga berenang pada anak, jangan lupa untuk mullai mengajak anak berenang dan terus mengawasi anak.

4. Sepak bola
Sepak bola dapat menjadi pilihan yang tepat untuk berolahraga dengan anak. Olahraga ini sebenarnya sering kali dijadikan permainan dasar bagi anak karena menggunakan bola yang atraktif sehingga anak dengan mudah dapat mengenali dan menendang bola, tentunya olahraga ini sangat menarik bagi anak. Sepak bola memiliki berbagai manfaat yaitu mengenalkan anak dengan olahraga yang cukup populer ini dan memperkuat otot fleksibilitas, kordinasi mata kaki dan keseimbangan serta kontrol berat badan.

Itulah beberapa contoh dari olahraga yang dapat dilakukan bersama keluarga. Selamat mencoba dan tetap berhati-hati serta jagan lupa untuk memastikan kondisi anak dalam keadaan prima untuk melakukan olahraga tersebut. Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *