10 Kebaikan Cokelat Putih Yang Wajib Kamu Tahu

cokelat putih batangan

Cokelat putih terkadang membuat kita bingung dengan namanya. Dikatakan cokelat tapi berwarna putih. Sebenarnya apakah cokelat putih termasuk jenis cokelat?

Banyak yang mengatakan bahwa cokelat putih bukan termasuk jenis cokelat karena kandungan yang dominan di dalam cokelat putih adalah susu dan gula. Pernyataan itu tidak semuanya salah sih, guys. Memang benar cokelat putih banyak mengandung susu dan gula tambahan tapi bukan berarti cokelat putih dikatakan bukan cokelat, lho.

dalam bahasa Inggris pun cokelat(makanan) dikatakan sebagai chocolate, sedangkan coklat(warna) disebut dengan brown Untuk mengetahui kosa kata penggunaan kata chocolate atau brown dalam bahasa Inggris, kamu harus belajar grammar agar tidak keliru ya.

Mau Jago Bahasa Inggris? Klik dan dapatkan Promo Diskon Hemat 2,3 Juta di EF Go Global 2019 untuk Kursus/Les Bahasa Inggris di EF English First. Belajar Bahasa Inggris makin seru, hanya di EF!

Cokelat putih terbuat dari mentega cokelat atau bahasa kerennya sih cocoa butter, gula, susu. Jadi cokelat putih tetap berbahan baku cokelat. Yang membedakan cokelat putih dengan dark cokelat adalah penggunaan kandungan padat pada biji kakao yang tidak ditambahkan lagi dalam proses pembuatan cokelat putih. Ini yang menyebabkan cokelat putih tidak beraroma atau berasa khas cokelat pada umumnya. Karena tidak ditambahkan kandungan padat biji kokoa, cokelat putih tidak mudah lumer seperti cokelat biasanya. Cokelat putih mampu bertahan dalam suhu ruangan. Karena keawetannya, biasanya cokelat putih digunakan sebagai bahan dekorasi patiseri atau kue-kuean. Untuk membuat cokelat putih lumer dan digunakan untuk makanan lain memang cukup usaha ni, guys. Kamu perlu melelehkannya dengan menggunakan metode tim yaitu dengan memotong tipis batangan cokelat putih ke dalam mangkuk atau wadah yang terbuat dari alumunium, kemudian masukan wadah tersebut ke dalam air yang sedang dipanaskan. Nah, nantinya cokelat putihmu akan meleleh dan siap untuk ditambahkan ke dalam berbagai resep kue-kuemu.

Sekarang ini banyak orang yang memilih untuk mengkonsumsi dark cokelat karena dianggap lebih banyak memiliki khasiat yang baik untuk diri kita. For your information, dark cokelat memang sudah dikenal memiliki kandungan yang baik untuk diri kita. Banyak para orang tua yang sudah lanjut usia justru rutin untuk mengkonsumsi dark cokelat karena dinilai sehat. Sayangnya karena dark cokelat dianggap lebih baik banyak juga orang yang melewatkan bahkan menghindari konsumsi cokelat putih. Anggapan yang menyebutkan bahwa cokelat putih lebih banyak mengandung gula, membuat orang-orang berpikir untuk mengkonsumsi jenis cokelat yang satu ini. Padahal sudah dikatakan di awal bahwa cokelat putih merupakan termasuk ke dalam jenis cokelat karena sama-sama berbahan baku biji cokelat. Dengan begitu, pastinya cokelat putih juga memiliki manfaat untuk diri kita lho. Kira-kira apa saja kebaikan yang terkandung di dalam cokelat putih? Yuk kita simak bersama!

source: pixabay[dot]com

Kebaikan Cokelat Putih Untuk Tubuh

1. Mengandung kalsium

Kalsium yang terkandung dalam cokelat putih berasal dari susu yang ditambahkan saat proses pembuatan. Kandungan kalsiumnya mencapai 169g yang akan membantu untuk menguatkan tulang dan otot nih.

2. Mengatur kadar kolestrol

Siapa bilang cokelat putih membuat kamu dekat penyakit? Justru dengan mengkonsumsi cokelat putih ini bisa menaikan kadar lemak baik yang akan melawan lemak jahat dalam tubuh kamu. Lemaik baik ini disebut dengan hiperdensity liporotein. Hiperdensity lipoprotein akan membantu penyerapan vitaman dari asupan makanan dan akhirnya mampu mencegah penyakit jantung.

3. Mengurangi risiko kanker payudara

Kandungan polifenol yang terdapat dalam cokelat putih berfungsi sebagai antioksidan dan berguna untuk melawan sel-sel kanker dalam tubuhmu. Waw!

4. Cegah hipertensi

Cokelat putih mengandung asam linolear yang akan bekerja di dalam pembuluh darah. Asam linolear ini membantu kinerja jantung saat bekerja memompa darah sehingga detak jantung lebih stabil.

5. Mencegah gout

Mungkin kalian baru mendengar istilah gout. Gout ini merupakan penyakit sendi yang ditandai dengan adanya pembekakan pada sendi akibat asam urat. Nah, cokelat putih mengandung senyawa organik sebagai antioksidan untuk mencegah molekul asam urat yang akan mempengaruhi sendi.

6. Tinggi antioksidan

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa cokelat putih banyak mengandung senyawa organik yang berfungsi sebagai antioksidan seperti polifenol. Selain itu, terdapat juga kandungan flavonoid dan senyawa organik lainnya yang akan meningkatkan daya tahan tubuh. Cokelat putih juga dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan menurunkan tekanan darah.

7. Meningkatkan napsu makan

Jika napsu makan sedang rendah itu akan membahayakan bagi tubuh dan bisa menganggu fungsi perncernaan bahkan hingga fungsi jantung. Bahkan tulang, gigi, bahkan nyawa bisa terancam karena kekurangan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Untuk meningkatkan napsu makan, makan sepotong cokelat putih sebagai makanan penutup. Cokelat putih akan meninggalkan rasa manis di mulut. Menurut survey, banyak pasien yang mengalami gangguan pola makan bisa menyembuhkan diri mereka dengan mengkonsumsi cokelat putih. Bisa dicoba nih.

8. Meningkatkan daya ingat

Cokelat putih kaya akan kandungan flavonoid yang berfungsi untuk memaksimalkan kinerja otak khususnya terkait daya ingat. Flavonoid akan menata kembali susunan-susunan ingatan terutama ingatan jangka panjang. Dikatakan bahwa orang mengkonsumsi cokelat putih dapat mencegah penyakit dimensia. Dimensia ini penyakit yang mengakibatkan hilangnya ingatan jangka panjang maupun jangka pendek si penderitanya.

9. Membuat tidur lebih berkualitas

Kalian pasti sudah sadar akan pentingnya tidur. Tidur merupakan kegiatan istirahat yang memberikan tubuh untuk memperbaiki sel-sel yang rusak serta berbagai relaksasi. Cokelat putih yang tinggi akan kandungan dopamin bisa berfungsi sebagai anestesi pada otak sehingga tidur kamu bisa lebih tenang dan nyenak.

10. Menciptakan perasaan bahagia

Nah untuk yang satu ini, kamu pasti sudah sering mendengar ya guys. Yang katanya cokelat bisa membuat bahagia ternyata bukan mitos. Ini juga berlaku untuk jenis cokelat putih. Banyak orang yang menyarankan untuk mengkonsumsi cokelar di saat mood menurun. Cokelat putih juga mampu membuat ahri burukmu menjadi lebih ceria lho. Hal ini dikarenakan cokelat membantu tubuh untuk memproduksi hormon yang menciptakan perasaan bahagia dan tenang.

Setelah mengetahui ternyata banyak kebaikan yang dapat kita rasakan hanya dengan mengkonsumsi cokelat putih akan membuat kamu tidak menganggap bahwa cokelat putih hanya akan mendatangkan penyakit. Asal dikonsumsi secara secukupnya dan tidak berlebihan, kamu pasti akan merasakan sendiri efek baik untuk dirimu. Namun perlu diingat bahwa cokelat putih juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi jadi tetap hati-hati ya.

One Reply to “10 Kebaikan Cokelat Putih Yang Wajib Kamu Tahu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *